WTA : Cara menggunakan SB 26 sebagai slave

Oleh:  Iwan Samuel (91200)    18 tahun yang lalu

  0 

Nikonian,
Saya baru beli SB 26 second (tanpa manual book), sebelum beli saya sudah baca referensi mengenai kelebihan/kekurangan SB26 ini. Karena berbagai pertimbangan (Harga relatif murah tapi feature cukup banyak untuk dipakai di F80d saya) akhirnya saya putuskan beli.
Wah senengnya ada mainan baru, maka begitu sampai rumah langsung isi batere dan coba pasang di F80d .... wow mantap .... tapi ketika mau coba fungsi slave/wireless flashnya saya kebingungan .... karena tombolnya dan switchnya yg cukup banyak. Akhirnya saya coba googling untuk cari cara hidupkan/aktifkan fungsi wirelessnya. Akhirnya disalah satu website (lupa namanya) disebutkan bahwa fungsi wireless dapat diaktifkan dgn switch yg dibagian depan flash (antara 2 slave sensor). ketika saya coba baik pada posisi S maupun D ataupun OFF .... flash tidak bereaksi ketika dicoba di trigger dgn built in flash .... googling lagi dan dapat info lagi bahwa kalau diaktifkan sbg slave ada tanda wireless di LCD panelnya ... ketika saya periksa tidak muncul tanda tsb di LCD. Nah pertanyaannya :
1. Bagaimanakah cara mengaktifkan fungsi slave di SB-26 tsb, apakah cara saya diatas sudah benar ?
2. Apabila cara saya sudah benar, apakah flash second ini bermasalah ?
3. Apakah diantara Nikonian FN ada yg memiliki manual book SB26 ini, dan saya boleh meng-copy (saya akan ganti ongkos yg ditimbulkan) ?

Sekian dulu pertanyaan dari saya, atas perhatian dan masukkannya saya ucapkan terima kasih..... (koq jadi formal gini ya :-?)

Re: WTA : Cara menggunakan SB 26 sebagai slave

Oleh:  Herlambang, BN (8204)    18 tahun yang lalu

 0 

1. Benar koq. Asal yang di depan di pindah ke S jalan dia. Coba anda set ke M juga yang switch dibelakang kanan diatas LCD.
2. Mungkin :D
3. Saya ada ^^.
Kayaknya di internet ada deh PDF manualnya , soale saya pernah d.l.

Re: WTA : Cara menggunakan SB 26 sebagai slave

Oleh:  Akhmad Faqih (7194)    18 tahun yang lalu

 0 

coba download disini. 4MB

Re: WTA : Cara menggunakan SB 26 sebagai slave

Oleh:  D. Setiadi (81319)    18 tahun yang lalu

 0 

Di internet banyak kak manualnya....print aja.

Sorry lagi males nyariin....

Re: WTA : Cara menggunakan SB 26 sebagai slave

Oleh:  Iwan Samuel (91200)    18 tahun yang lalu

 0 

Mas Herlambang : thanks konfirmasinya.... saya coba PM penjualnya ... sayang anda di OZ, kalau nggak saya numpang copy :( ... Anyway thanks.

Mas Faqih : Kebetulan saya juga sudah ketemu (googling) semalam, tapi coba download gagal terus (beberapa kali coba gagal terus, nggak kumplit-kumplit)

Mas D. Setiadi : Nggak banyak koq yg free, cuma ketemu di link yg disebutin Mas Faqih doang.... kalo yg bayar sih banyak :( (Sebenarnya sih mau bayar, tapi takut kasih data CC di internet).

Re: WTA : Cara menggunakan SB 26 sebagai slave

Oleh:  Iwan Samuel (91200)    18 tahun yang lalu

 0 

Update : Ternyata switch slave-nya karena lama tidak dipakai jadi agak 'ngadat' .... setelah dicoba beberapa kali sudah berfungsi normal... asik nih wirelessnya (ga rugi deh beli flash ini :D ) .... dan buku manual juga sudah sukses di download (meskipun agak kerja keras ... gagal beberapa kali :(( ) ..... Thanks semuanya. === Case Closed ===

Re: WTA : Cara menggunakan SB 26 sebagai slave

Oleh: Dina Safitri (481)    18 tahun yang lalu

 0 

numpang nimbrung dulu beli sb 26nya second harga berapa.( buat patokan harga nih... tq )