[Tanya] Pertolongan pertama untuk Nikon Coolpix 3700 yang mati total

Oleh:  Adenantera Dwicaksono (5085)    18 tahun yang lalu

  0 

Mohon bantuannya teman-teman. Saya memiliki Nikon Coolpix 3700 hampir setahun, dibeli di harco glodok setahun lalu sebelum saya berangkat ke Australia.

Selama kurang lebih 6 bulan pertama saya cukup puas (saat itu saya belum punya kamera DSLR). Ketika summer kemarin saya pulang ke Indo, saya sempat gunakan untuk memotret di beberapa objek wisata, waktu itu sampai batery benar-benar habis (ada tulisan battery exhausted) dan mati. Kemudian, beberapa hari saya tidak segera mencharge battery dan menggunakan kamera. Seminggu kemudian, ketika saya mau menggunakan kamera itu, malamnya battery saya charge penuh tetapi tidak langsung di check. Besoknya ketika saya akan menggunakan, ternyata camera mati total, beberap saat ketika ditekan power-on tidak muncul gambar apapun di LCD. Saya mengira bahwa saya lupa mengisi ulang batery. Sorenya saya charge lagi, tapi dicoba tetap mati total. Saya mengira itu masalah baetry.

Sekembalinya di Australia, saya meminjam camera serupa dari teman untuk mencoba baterynya di camera saya. Ketika saya coba, tetap tidak ada reaksi, hanya kali ini berbunyi lembut tek-tek-tek, setiap di tekan tombol power-on nya. Ketika batery dikembalikan ke camera teman, ternyata juga tidak mau nyala alias batery langsung terkuras. Batery saya juga dicoba di camera teman juga tidak mau menyala. Setelah battery di charge camera teman saya bisa menyala lagi.
Saya ingin bertanya:

  • Apa kira-kira permasalah kamera Nikon Coolpix 3700 saya, adakah teman-teman yang pernah memakai kamera ini pernah mengalami hal serupa? Apakah kamera ini masih bisa diselamatkan?
  • Apabila masih bisa diselamatkan, apakah di Indo ada yang bisa melakukan reparasi? Dan apakah tipe ini bisa dimodifikasi untuk camera IR? KArena semenjak kerusakan kamera itu, saya akhirnya membeli camera DSLR.
Terima kasih atas advise dan bantuannya.
Re: [Tanya] Pertolongan pertama untuk Nikon Coolpix 3700 yang mati total

Oleh:  Heru Tjandranata (11140)    18 tahun yang lalu

 0 

Kalok mau servis resmi sih pasti bisa boz.
Boleh dicoba2 nyalain pake adaptor. Siapa tau cuman battery contact nya aja yg ngawur.

Dari gejala2 yang anda tulis, sepertinya ada arus pendek pada rangkaian awal2 dari batre. No big deal, kalau pun harus servis kayaknya yg rusak enteng2 aja.

Re: [Tanya] Pertolongan pertama untuk Nikon Coolpix 3700 yang mati total

Oleh: Abdul Manaf (768)    18 tahun yang lalu

 0 

Keliatannya memang ada yang shortcircuit. Coba anda bersih2kan battery contactnya. Kalau yg short di wilayah ini mungkin tdk repot tapi kalau di rangkaian dalamnya bisa jadi tidak tergolong rusak enteng2 aja.