Kelas lensa di nikon

Oleh: Wisnu Utomo (2077)    18 tahun yang lalu

  0 

Rekan FN'ers,
Saya mau tanya nih, udah hampir 2 tahun saya memakai nikon D70 berikut lensa nya, tapi masih rada bingung dengan kelas lensa dari nikon. Maksudnya untuk yang sekelas L seri nya merk sebelah (canon) kira kira apa ya ? Apa beda antara AF-D dan AF-S. Mohon maaf kalau pertanyaanya terlalu mendasar

regards

wisnu

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh:  Igo Nugroho (10863)    18 tahun yang lalu

 0 

pokoknya yg AF-S trus ED mas.. udah deeeeeh.. jamin mantebs...:D

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh:  Dharma Saputra (3255)    18 tahun yang lalu

 0 

Setahu saya di Lensa Nikon ngak dibagi menjadi kelas kelas tertentu, perbedaannya lebih ke arah fitur lensa tersebut, contoh lensa AF-S bukan berarti lebih unggul dari lensa AF-D. lensa Nikkor AF-S merupakan lensa Nikkor yang dilengkapi dengan Silent Wave Motor, Sedangkan AF-D tidak, tapi secara kualitas tidak bisa di generalisasi bahwa AF-S lebih unggul dari AF-D, namun jika ditilik dari segi kenyamanan, ya mungkin anda akan merasa lebih nyaman menggunakan lensa AF-S yang tidak berisik, dan fokus yang relatif lebih cepat

Yang pasti jika ada kode ED berarti lensa tersebut sudah semestinya lebih bagus dibanding lensa dengan range yang sama tapi tanpa ED.

untuk lebih detil mengenai arti dari kode kode lensa Nikkor, bisa dibaca di http://www.bythom.com/lensacronyms.htm disana Thom Hogan (pemilik situs) juga melakukan review dan penilaian terhadap lensa nikkor, review dan penilaiannya cukup baik dan objektif, jadi paling tidak bisa membantu untuk memilih lensa yang tepat bagi kita.

Bagi saya dengan tidak adanya pembagian kelas pada lensa sebenarnya lebih menguntungkan konsumen, karena dengan begitu harga lensa akan lebih netral dan penilaian anda sebagai konsumen juga menjadi lebih netral (tidak bias), dengan menilai Lensa berdasarkan kualitas/hasil, bukan berdasarkan embel embel kelas ( contoh lensa 'L' ) karena dengan pembagian kelas tersebut, produsen lensa jadi lebih di untungkan karena bisa "mematok" harga lensa "berkelas" dengan harga yang lebih tinggi, padahal mungkin kualitasnya bisa jadi dapat di saingi atau anda bisa mendapatkan hasil yang sama bahkan lebih dari lensa yang "tidak berkelas" ( contoh lensa 'non L' )

Just my 2 Cent
Cheers !

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh: Sugeng Sugiharto (1108)    18 tahun yang lalu

 0 

Btw, tentang ED lens

Semua lensa Nikkor yang baru khan sudah ada element ED-nya. Lensa kitnya D50 aja ED, AFs 18-55 ED DX.

Paling yang top class dibedain ada cincinnya itu. Cuma ngga apal lensa mana aja yang pake cincin.

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh:  Mula W. Wangsaputra (17049)    18 tahun yang lalu

 0 

Pak Dharma: Ooh gitu yah, jadi tau nih kalau Nikon ngga pake kelas2an lensa, jadi amatir yang duitnya pas2an kayak saya juga bisa dapet kualitas lensa bagus dong, bener ngga sih kesimpulannya :-)

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh:  Aditya Budi Pratomo (7325)    18 tahun yang lalu

 0 

Gak donk, tetep aja harga gak bisa boong, tul gak? You get what you pay.

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh:  Briano Kawenang (7277)    18 tahun yang lalu

 0 

Boleh saja lensa kit D50 dapet lensa ED,tapi kan tingkat presisi lensanya tidak sebagus 17-55...
jadi kayaknya kalo mau ED tapi harganya tidak terlalu mahal,saya rasa tidak beda jauh dengan lensa yang tidak ED...
kalau mau the real ED,ya harganya 8 jutaan ke atas,itu pasti dah bagus semua hasilnya...

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh:  Dharma Saputra (3255)    18 tahun yang lalu

 0 

Benar kata Pak Aditya,
lensa yang baik lebih ditentukan oleh konstruksi elemen lensa, semakin baik kualitas lensa yang digunakan dan konstruksinya, lensa tersebut semakin mahal.

Yang saya maksud di poting saya sebelumnya, Nikon memberikan kebebasan bagi fotografer untuk memilih lensa yang seuai dengan kondisi dan kepeluan mereka, tanpa menbedakannya menjadi kelas, seperti saya bilang di posting sebelumnya, kelas hanya membuat penilaian kita menjadi bias, Nikon membebaskan kita untuk menilai produk mereka berdasarkan kualitas, bukan berdasarkan kelas :)

mungkin kalimat saya yang "Yang pasti jika ada kode ED berarti lensa tersebut sudah semestinya lebih bagus dibanding lensa dengan range yang sama tapi tanpa ED" agak rancu ya, yang saya maskud itu sepeti ini:

Nikkor mengeluarkan lensa AF-D 70-300mm yang tanpa ED dan lensa AF-D 70-300mm dengan ED, yang membedakan adalah elemen lensa (Glass) ED yang dipasang di dalam lensa, tentunya jika kedua lensa tersebut dibandingkan, lensa yang menggunakan ED akan menghasilkan reproduksi gambar yang lebih baik, seperti saturasi warnanya, minimalisasi ghosting, dan faktor lainnya. Namun dari segi harga AF-D 70-300mm ED lebih mahal dibanding AF-D 70-300mm yang tanpa ED

Nikkor juga punya lensa Murah Meriah dengan performa yang sangat baik, yaitu Nikkor AF-D 50mm f/1.8 (fixed lens), boleh dicoba Mas Wisnu, recommended deh, boleh tanya temen temen yang lain :D

cheers!

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh:  Herlambang, BN (8204)    18 tahun yang lalu

 0 

Jaman dulu sih saya ngeces2 liat di etalase lensa2 Nikon ber ring dan emblem emas ... sekarang ... hmm lagi ngeces liat si tompel merah hehe.

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh: Wisnu Utomo (2077)    18 tahun yang lalu

 0 

Oke deh rekans, terima kasih atas informasinya. Ternyata Nikkor emang oyeee :p

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh: Bayu Arya (665)    18 tahun yang lalu

 0 

saya ada katalog eyes of nikkor 2005, silakan japri klo mau di foto copy.....

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh: Aris Setiawan (2080)    18 tahun yang lalu

 0 

Jadi kalo di lensa, nikon ngga make kelas-kelasan...

Tapi kalo kamera koq masih make kelas-kelasan?
D2x, D2h = Pro
D70, D50 = Amateur
D200 = Semi Pro

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh:  Aditya Budi Pratomo (7325)    18 tahun yang lalu

 0 

Aris : Itu bukan kelas, tapi segmentasi.

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh:  Herlambang, BN (8204)    18 tahun yang lalu

 0 

@ Aris : Seperti Aditya ketik, kalo ndak di segment/kelas/grading whatever you want to name it. ... anda apa mau bayar premium untuk sebuah camera ? kalo iya .. coba lirik Fuji deh. S3 Pro nya itu hanya 1 kelas. Mau begineer, pro, consumer dipersilahkan pakai 1 camera :)
Apakah buruk ? buat economic of scale mereka .. so pasti. Karena vendor lain keluarin 2-4 level untuk cameranya.

Dari yang murah 5jt an ampe termahal 70jt.
Beda fitur ? so pasti.
Beda qualitas ... no comment. Namanya digital .. ni hari 70jt ... bsok .. 5jt juga :D

Re: Kelas lensa di nikon

Oleh:  Ari Suryanta (12024)    18 tahun yang lalu

 0 

Mas Wisnu, kalo mau lebih detail mengenai Lensa Nikon silahkan kunjungi http://nikonimaging.com/global/products/brochure.htm. Brosurnya bisa di download dan di print...jadi bisa dihapalin dirumah deh...(kalo mau....)