Lensa Fogging ?

Oleh: Henry Santoso (583)    18 tahun yang lalu

  0 

Mohon maaf kalau posting saya salah kategori, karena gak ketemu kategori untuk bahas lensa secara general. Kepingin tau, lensa fogging itu penyebabnya apa ya ? Setahu saya fogging itu terjadi pada plastik yang kena abrasi atau kena chemical (uap dan liquid). Lalu kalau bahan lensanya kaca mineral (non plastik) apa bisa timbul fogging juga?
Untuk lensa bahan plastik, apa berarti lensanya bocor sehingga uap chemical bisa masuk atau debu sehingga lensanya abrasi dan fogging?

Gimana cara menghindari fogging ya ? Mohon pencerahan para suhu dan teman-teman.

Re: Lensa Fogging ?

Oleh: Labdo Pranowo (303)    18 tahun yang lalu

 0 

saya punya masalah yang sama untuk sigma 75-300 for nikon.
kalau sudah fogging gitu, bisa dibenerin nggak ya?

mohon pencerahan juga dari para suhu.
terima kasih

Re: Lensa Fogging ?

Oleh: Robinson Subrata (2789)    18 tahun yang lalu

 0 

Menurut info yang pernah saya dapet sebagai murid, fogging terjadi pada beberapa elemen lens yang disatukan (dua atau lebih lensa) menjadi satu group dengan menggunakan sejenis "lem" atau perekat. Nah bahan ini memiliki umur, dan kena pengaruh lingkungan (suhu/ perubahan suhu yang drastis/ terlalu panas atau terlalu dingin, kadar air dalam udara atau perubahan secara chemical/ korosif), sehingga bahan perekat ini dapat berubah menjadi keruh atau buram.
Kalau sudah fogging begini, tidak dapat diperbaiki atau dibersihkan, kecuali element lensa dalam satu grup tesebut diganti.
Begitulah....(katanya)
Salam
Mohon dikoreksi kalau tidak tepat...

Re: Lensa Fogging ?

Oleh:  Arie Lendra Putra, ST (20556)    18 tahun yang lalu

 0 

ada tiga macam fogging..
yg pertama.. yang disebutkan diatas..

yg kedua.. adalah karena fogging karena jamur...umumnya bisa dibersihkan..di professional.. (kalau canon di interdelta)..

yg ketiga.. karena embun air.. itu bisa dihilangkan sendiri dengan mengendapkan lensa di dalem kantong kedap/kontainer kedap.. bersama dengan bagus serap air... selama 2-3 hari / untuk amannya... seminggu aja..

..

untuk kasus pertama, nggak bisa dibetulkan.. bisa hanya dengan ganti elemen tersebut....(gabungan dari beberapa lensa yg di tempel bareng)

Re: Lensa Fogging ?

Oleh: Bayu Arya (665)    18 tahun yang lalu

 0 

Tambahan:
Klo lensa sudah fogging dan berkerak (timbul seperti pulau atau dengan bahasa gampangnya 'ileran') maka sudah tidak bisa dibersihkan.
Klo lensa dengna dua kasus fogging (seperti yang mas ari bilang), maka bisa di bersihkan.
Kunci mengetahui letak lensa (element atau grup yang fogging) dapat dilihat saat lensa berada di bawah lampu neon. Cari tahu dahulu (berapa element dan berapa grup), Trus hitung berapa bayangn lampu neon di lensa
Misal: lensa dengan 5 elemen, 5 grup maka total bayangannya menjadi 10 buah. Saya ada hitungan (lebih tepat catetan) waktu diajarin oleh Almarhum Chaing. Mudah2 bisa ketemu (soalnya lupa taruh dimana)