Oleh: Sumitro,CHANDRA (578) 18 tahun yang lalu
Ya...itu adalah the lowest rating yang dapat diberikan kalau menurut kriteria nilai di fotografer.net. Kalau saya diminta kasih rating ke INTERDELTA saya akan kasih 3 thumbs down ini. 2 bulan lalu saya masukin 580EX dan 17-40L untuk diservice. Dua duanya masih garansi s/d Mei 2006. Yang 580EX, sama halnya dengan 580EX yang batch lama ngak benar kerjanya kalau dipake di cropped sensor seperti 20D dan 30D. Ini sudah bukan hal baru lagi di belahan bumi lain sudah di fix. Yang 17-40L...ya, itu lensa L nya yang kalau dipake di F4 wide open dan 17mm soft sebelah...disamping itu AF di close rangenya juga ngak consistent. Walau kalau dipake di normal range diatas 3m ngak masalah dengan AF tapi yang soft sebelah masih. karena masa garansinya sudah mau habis ya saya bawa untuk direpair saja. Tiga minggu kemudian saya telpon lagi ke Interdelta dan dijawab kalau kedua duanya sudah selesai. Langsung berangkat kesana dan dalam proses serah terima balik saya dikasih tahu kalau sesudah saya terima flash dan lensanya ngak ada garansi lagi kalau masa garansi yang tertera di kartu garansi sudah lewat. Saya tanyaain gimana dengan garansi perbaikan..katanya ngak ada untuk repair yang masih under warranty. Terus saya tanya gimana kalau perbaikannya memunculkan masalah baru atau masalah lamanya belum kelar....katanya ya ngak garansi lagi. harus di check semuanya saat itu juga. Selain itu mereka juga minta bukti perbaikan dan repair dikembalikan semua. Termasuk Copynya. Jadi saya ngak ada bukti tertulis lagi bahwa itu lensa dan Flash pernah dimasukin ke service. Melihat ada yang ngak beres saya langsung test 580EXnya....Surprise! Masalahnya masih ada dan setelah tehnisinya dipanggil turun beliau coba jelasin ngak masalah kok, 580EX yang lain juga gitu dan bla...bla...dan ngak diutak atik sama sekali. Mungkin maksudnya semua 580EX lama juga gitu dan mereka ngak mesti repair. SUCKS. Tidak terima saya marah marah disuruh tunggu 3 minggu hanya memberitahukan mereka ngak tahu masalah 580EX. saya jelasin lagi ke tehnisinya mengenai masalahnya dan flash ditinggal kembali. 17-40Lnya juga saya test disana dan sama juga, masalahnya masih ada. Terakhir dari pembicaraan dengan tehnisinya terungkap bahwa Interdelta ngak bisa repair 17-40Lnya soalnya mereka ngak punya alat yang memadai. Ya saya bilang aja bukan urusan saya. kalau disini ngak bisa ya mereka harus mencari solusi dengan mengirimkan ke Singapore atau bila perlu Jepang dan bukan mengembalikan ke saya tanpa repair. Yang paling kesal besoknya saya ditelpon oleh bung Teddy dan beliau NGOTOT kalau 580EXnya ngak masalah. Saking ngototnya beliau bilang kalau pun saya ngotot juga itu flash ngak akan direpair. Langsung saya kesana lagi dan ditemui oleh sdr Teddy dan Supervisor bagian Service kayaknya(nama lupa!...beruntung beliau akalau ngak namanya juga akan muncul disini) . Kemudian saya demonstrasikan lagi masalahnya dan mereka langsung minta maaf dan berjanji akan memberikan kabar dalam 3 hari setelah mereka komunikasi dengan regional SC. 3 hari kemudian saya diemail copy pembicaraan antara regional SC dan Interdelta mengenai 580EX ternyata Interdelta tidak diupdate mengenai masalah 580EX sama sekali. lah selama 3 minggu flash saya disana kok mereka ngak tanya ke Regional???? Malah ngotot ngak masalah walau dokumentasi masalahnya juga saya kasih secara tertulis dari awal. Emang ngak bisa baca tehnisinya? Dua minggu yang lalau saya email bung Teddy tanyaain status flash dan 17-40Lnya. Jawabannya 17-40L sudah selesai tapi 580EX masih nunggu partnya. Tapi yang 17-40L belum ditest lagi. Jadi akan kabarin hari Rabu katanya. OK...tunggu lagi dan sudah dua rabu lewat belum ada kabar saya layangkan email ke Canon South East Asia Regional Service and Support. Minta intervensi. Hasilnya dua hari kemudian saya diberitahu kalau flash dan 17-40Lnya sudah selesai dan bisa diambil(Biasa...mental yang harus dicambuk dulu baru jalan). Saya kesana dan 580EX emang zoom head 580ex sudah ngak masalah tapi hasil flashnya itu ngak benar. Seperti kehilangan power. Way Underexposed. 17-40Lnya? Well, masalah lama ngak diperbaiki malah dikasih oleh oleh tambahan kalau dipake di 17mm lensanya akan report 28mm focal length? Supaya ngak soft sebelah dibuat soft kanan kiri biar even kali ya pikirnya. WHAT!!!! Dua duanya saya balikin lagi. Dan seperti biasa mereka minta maaf lagi. Baru kemarin saya email lagi Mr. Brandon, Regional Service dan Support minta flash dan 17-40Lnya ditangani Service Center yang kompetent untuk menangani. Yang penting bukan Interdelta. Mulai hari ini prosesnya juga akan saya dokumentasi di forum fotografi publik dan kemungkinan di Surat Pembaca Kompas kalau masih ngak benar juga setelah itu. Dari pengalaman ini kadang kadang saya merasa beli lensa yang garansi local malah ngak menguntungkan. Soalnya kalau ada ngak ngak benar kemungkinan mereka ngak akan bisa repair. Seperti kasus 17-40L yang saya rasa ada "lens misalignment". kalau sudah begitu kan biasanya mereka akan langsung ngelak dan terkesan diakalin aja dan bukan di fix properly. Kalau beli yang grey market kan paling tidak lensanya akan dikirim balik ke Jepang dan boleh dibilang jauh lebih bisa dipercaya dari SC local seperti Interdelta kan! Biar fair buat distributor lain seperti Datascript, memang dulunya Datascript lama servicenya tapi terakhir bagus kok. Ngak sampai seminggu kelar. Ada satu lensa yang saya beli garansi Datascript yang masalah juga. Ngak bisa direpair tapi langsung diganti baru dalam 5 hari. Ini setelah dipake lebih dari sebulan. Ada juga lensa tamron(ANA Photo) gua yang masalah..setelah coba direpair dengan mengirimkan ke Jepang dan ngak bisa juga langsung diganti baru. Yang ini lebih dari 4 minggu waktu turn aroundnya karena harus dikirim ke Jepang dulu. Tapi langsung ganti baru setelah lensa balik dan masalahnya masih ada. Yang ini setelah dipake 4 bulan(lensa yang saya beli dari FNer Surabaya). FYI, selama perbaikan saya juga dipinjamin lensa pengganti. Interdelta???? 2 Bulan dan masih belum ada kabar. Kapok deh....Ngak bakal beli yang garansi Interdelta lagi. Mohon maaf saya harus tuangkan disini, selain untuk tempat curhat mungkin pengalaman saya ini bisa jadi bahan pertimbangan buat mereka yang akan beli lensa baru. Garansi siapa? Interdelta? Datascript? atau Canon Jepang?(Grey)
Oleh: Guewin_WY ( Wiwin Yulius ) (103497) 18 tahun yang lalu
Beli di jpckemang ajah kl gitu :|
Oleh: Silvester H (3558) 18 tahun yang lalu
thanks atas infonya...
Oleh: Rendra Kartadinata (19382) 18 tahun yang lalu
Kalau bukan major defect (Mati total ato focusing), biasanya mereka tidak 'aware' akan defect yang lain. Makanya jangan heran kalau defect yang demikian bukan masalah gede.. :( Ini masukan bagus buat Canon Singapore untuk segera membuka service Centre resmi Canon Camera di Jakarta. :)
Oleh: Dian Agung Nugroho (23376) 18 tahun yang lalu
gmana lagi ya, perlindungan konsumen disini masih lemah hanya bisa bantu doa, semoga masalahnya cepet terselesaikan dengan baik langsung aja disampaikan di surat pembaca koran nasional Pak, biar ada perhatian lebih
Oleh: Damai Pascarino, denmas Dano (6257) 18 tahun yang lalu
Thanks buat infonya, berguna untuk mempertimbangkan membeli canon atau merk lain...
Oleh: Teddy Hernadi, TeDonKz (63988) 18 tahun yang lalu
Wah DS udah cepet yah servisnyah.... kesana ahhh... Thanks for sharing om...
Oleh: Kupluk Merah (10549) 18 tahun yang lalu
sepertinya DS meningkatnya kinerja pelayanan servicenya... mungkin karena sdh ada ikatan kerjasama dengan SG (waktu launching 30D lalu) :D good lah
sepertinya DS meningkatnya kinerja pelayanan servicenya... mungkin karena sdh ada ikatan kerjasama dengan SG (waktu launching 30D lalu) Dengan tidak dikembangkannya kamera analog Canon tidak ada alasan mempertahankan Interdelta. Sambil menunggu langkah Canon selanjutnya ada baiknya menghindari beli lensa yang garansi Interdelta. Walau saya yakin kalau hal terburuk terjadi, Interdelta ditendang dari Canon, garansinya akan transferable ke DS. Statusnya Interdelta sampai sekarang masih sebagai distributor dan Service Center resmi KAMERA ANALOG saja. Tinggal tunggu saja kan kapan sales dan service channel kamera analognya Canon ditiadakan.
Oleh: Fendi ahmad (18561) 18 tahun yang lalu
Makasih infonya Bang sumitro..... Jd kuatirr nih cos lensa baru beli dengan garansi Inter delta......:-SS:-SS Moga2 gak ada masalah buatku....aminnn....[-O
Oleh: Ady Agustian (4516) 18 tahun yang lalu
coba deh ganti nikon... :)
Oleh: Albert Gunawan (24400) 18 tahun yang lalu
turut prihatin sama situasi mas sumitro, pasti frustasi. cuma saya ada pengalaman yg cukup berbeda sama service center nya interdelta. kejadian kira" awal tahun 2005, saya lagi motret wedding pakai 20D dan 580ex saya. 580ex saya sedang di kantongin dan terjatuh, al hasil rusak tidak mau nyala. jadi minggu depannya saya kirim ke interdelta (saya beli dr ek-gadget). 2-3 minggu kemudian sudah di repair, working perfectly fine. dan ada tanda terima kalau masuk repair di interdelta. ya moga" bisa beres deh urusannya mas, saya cuma mau kasih pengalaman saya saja. jangan terlalu negatif ke interdelta, i'm sure mereka trying their hardest skrg dan saya rasa DS jg ada masalah di servisnya dan mungkin tidak ada yg di publikasikan saja.
Oleh: Wellington Kuswanto (37404) 18 tahun yang lalu
beli barang di singapur... garansi lokal singapur... kalo ada apa2 titip teman kesini... rasanya so far garansi sini ok2 aja kalo menurut cerita teman2... saya pribadi blon perna kesono kecuali main2... tapi mungkin awal bulan depan mo bersih2 sensor dan viewfinder soalnya udah setaon dekil banget ( frekuensi ganti lensa sering gara2 fix lens ) dan mo dibawa travel ^___^
Oleh: Erwin (1270) 18 tahun yang lalu
Waduh, segitunyakah pelayanan interdelta.. Saya hampir beli lensa L disana, untung ga jadi. Karena salesnya pas saya telpon, salesnya bilang lagi di jalan. Nanti sampai kantor, ditelpon balik.. Nyatanya.. sampai saat ini (udah lebih dari 1 bulan) ga ditelpon2 dan saya udah beli lensanya di tempat lain garansi DS
Oleh: D. Setiadi (81319) 18 tahun yang lalu
Sumitro sepertinya trauma banget sama Canon semejak kasus ini :D --> Canon "Screw-Up" banyak hal belakangan ini - UPDATE EF 70-300 IS USM
itu 70-300 adalah lensa yang saya incar, compact, IS, hasil bagus, ngak begitu mahal. Gak bisa bayangin kalau saya punya lensa ini juga. Capek. Anyway, beberapa jam setelah saya buka kasusnya(kayak kasus kriminal aja), saya sudah ditelpon Interdelta. Janjinya hari ini akan diselesaikan. Jadi hari ini saya akan berkunjung kesana untuk yang KELIMA kalinya. Tentu saja akan saya update lagi nanti hasilnya.
Barusan balik dari Interdelta dan masalahnya sudah selesai. 580EX dan 17-40L saya yang lama dicoba lagi dan dibandingkan dengan yang baru. Memang yang lama masih bermasalah. Jadi solusinya saya ditawarin exchange yang baru saja. Selain itu sisa garansi 4 minggu untuk 17-40Lnya dan 3 minggu untuk flashnya seperti pada saat saya masukin kesana pertama kali ditransfer ke yang baru ini. Mudah mudahan sisa garansi ini tidak pernah saya gunakan lagi. Terima kasih kepada pak Harri yang sudah mengambil tindakan super cepat. Cuman ya sayangnya kenapa ngak dari kemarin waktu kesana kan saya ngak usah buka buka disini. Tapi bagaimanapun juga kalau masalahnya sudah disolve ya kita harus terima kasih juga. Terima kasih juga kepada yang merasa simpati tapi percaya deh, dua bulan itu sangat panjang dan sangat menguji yang namanya kesabaran.
Bagi yang pingin tahu kenapa saya berjuang keras untuk yang 17-40L coba lihat perbandingannya. Yang berikut ini 17-40L saya yang lama setelah dua bulan diutak atik disana. Cropping 100% antara center dan edge sebelah kiri(bukan benar benar di edge loh, kalau di edge lebih soft lagi)
Yang berikutnya dari 17-40L yang baru tempat cropping juga sama sebelah kiri antara center dan edge. Setting sama 17mm F4.0 ISO 400. Sebelah kanan yang lama ngak masalah. Sekilas AF di close range juga lebih kena dengan yang baru.
Oleh: Victor Nicholas Sitorus (21195) 18 tahun yang lalu
wah, kacau juga kalau begini, beberapa hari yang lalu saya juga baru beli lensa garansi interdelta, tadinya minta yang datascript, karena beberapa hari sebelumnya pernah service dan hasil memuaskan (imho lho), dan dulu juga pernah beli lensa 28-135is garansi interdelta,sampai rumah langsung rusak, untung beli ditempat langganan, langsung dituker dengan yang baru dengan garansi datascript. dan sampai sekarang gak ada masalah. Pernah saya berbicara dengan beberapa toko, dan mereka bilang barang2nya interdelta sering lebih murah daripada datascript, mungkin bisa lebih murah karena kualitasnya juga bukan yang baik kali ya.kemarin itu juga beli lensa garansi interdelta karena kepepet, barang lagi kosong, tau dong lensa 50mm 1,8 lagi susah makanya gue ambil aja, dan lagi karena beli ditempat langganan, jadi kalau ada masalah sudah gampang lah, dan untungnya sampai sekarang juga belum ada masalah. ngeri juga jadinya nih. memang benar kata pepatah, diatas langit masih ada langit. sayangnya yang ini negatif artinya :D
Oleh: Hasbi Azhar (1832) 18 tahun yang lalu
Di Indonesia... apa sih yang beres??? :(