Lensa non D bisa bekerja sama dengan 3D matrix metering II?

Oleh: Ronaldy Suhendra (3149)    18 tahun yang lalu

  0 

Frendz, seperti yang telah kita ketahui bahwa lensa D (Distance) dapat memberikan informasi jarak objek kepada kamera secara lebih akurat, terutama untuk penggunaan flash i-TTL, sedangkan untuk lensa non D memang tidak ada teknologi pengenalan jarak, sehingga tidak bisa menggunakan 3D matrix metering pada D70/D2H (3D matrix metering tidak aktif saat memakai lensa non D).
Tapi saya baru dapat info bahwa 3D matrix metering II pada D50/D2Hs/D2X tetap bisa dijalankan walau menggunakan lensa non D.
Apakah ada yang pernah coba hal ini?
Tolong dishare donk pengalamannya.
Thx

Re: Lensa non D bisa bekerja sama dengan 3D matrix metering II?

Oleh:  Herlambang, BN (8204)    18 tahun yang lalu

 0 

Bukan soal 3D Matrix Metering II nya bos. Tapi soal distance findernya ajah.

Seperti di D2H anda, kan bisa set Non CPU lens data? nah disana anda bisa set focal length, max aperture dan nanti dari situ exposure engine camera kita bisa kira2 itung gimana membuat flash matrix metering nya.

Re: Lensa non D bisa bekerja sama dengan 3D matrix metering II?

Oleh:  D. Setiadi (81319)    18 tahun yang lalu

 0 
What about 3D metering and D lenses?

You can safely ignore this if you are buying your lenses used.
D lenses help the meter a little bit in guessing what you are trying to photograph. It has very little effect.
Because impressionable people mistakenly believe that D lenses serve some wonderful purpose you can get the perfectly good non-D lenses cheap today used.
In making deliberate tests of D and non-D lenses with the same subject at the same time I have seen no differences. The only time I've seen a difference is doing the one thing for which they are good: making of flash photos straight into a mirror.