BG dari kain

Oleh: Simon Pamuji (311)    17 tahun yang lalu

  0 

Minta saran dari temen2 ,
saya lagi cari back groud dari jenis kain
kira2 jenis apa yg paling cocok ya?
Salam.

Re: BG dari kain

Oleh:  Ucok P. Harahap (40158)    17 tahun yang lalu

 0 

Jenis Background :
1. Kertas
2. Kanvas (kain, keras dan kaku)
3. Muslin (kain, lebih tipis dari kanvas)

Selain itu sekarang juga banyak yang "membangun" background 3 dimensi (set dekorasi) dengan macam2 bahan dan peralatan, yang dulunya hanya digunakan oleh industri film

Re: BG dari kain

Oleh: Simon Pamuji (311)    17 tahun yang lalu

 0 

Saya tertarik dengan back ground 3 dimensi (set dekorasi) yg disebutkan diatas..
Kira2 bisa minta sedikit gambaran ,buat inspirasi pembuatannya,
oya , studio saya kecil 2,7 X 4,5 m .
Salam

Re: BG dari kain

Oleh:  Ucok P. Harahap (40158)    17 tahun yang lalu

 0 

Mas Simon : intinya BG 3 dimensi menggunakan alat-alat (properti) yang sebenarnya. Untuk studio dengan ukuran yang luas, bisa dibuat beberapa set. Misal 1 sisi dengan background kanvas / kertas, dan keempat pojok ruangan dibuat set dekorasi yang berbeda. Misal dibuat set dapur, kamar mandi, cafe, gudang, dll.

Saya pernah melihat fotografer Anton Ismael menyiapkan set dekorasi. Beberapa hari sebelum pemotretan dinding studio dicat ulang dan dibentuk, kemudian properti diset sesuai konsep pemotretan. Anton mempunyai koleksi properti yang dikumpulkan dari tempat penjualan barang bekas.

Untuk studio kecil tidak perlu secanggih itu. Set dekorasi bisa memanfaatkan barang-barang bekas tidak terpakai disekitar kita. Misal : papan bekas peti, drum, ban bekas, styrofoam, dll sebagai properti. Jika tidak mau mengecat langsung di dinding, bisa dialasi tripleks sebelum dicat, atau bisa menggunakan kanvas / kertas

Oh iya.... ada 1 lagi jenis background dengan menggunakan slide / foto yang diproyeksikan ke screen khusus / dinding ruangan. Untuk mengganti background tinggal mengganti slide / fotonya saja. Studio besar banyak menggunakan background jenis ini.

Re: BG dari kain

Oleh: Simon Pamuji (311)    17 tahun yang lalu

 0 

Wah ..
Boleh juga ya ,BG 3 dimensi .Nti pasti pelan2 saya coba.
Tp rasanya untuk ukuran studio saya yang super kecil ini ga memungkinkan utk setting ruangan.Paling kemungkinan yg bisa pake ,aksesoris yg seperti mas katakan(peti,ban dll)
Tadi sore saya mencoba back ground dari kain spoon bond (akhir2 ini sering dipake buat bahan tas dll),kata penjualnya sih kadang2 org studio jg pake.
Tapi koq hasilnya ga memuaskan ya ..
Apa mungkin gara2 ada bekas lipatan jadi back groundnya jadi jelek ?
Atau mungkin kesalahan teknis or kesalah pencahayaan ya..
Saya agak bingung mikirin back ground ini
Salam.