Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Mira TJ (4738)    18 tahun yang lalu

  0 

Seperti selayaknya anggota FN yang baik *deuuuuuuu* sebelum nulis thread itu kudu surfing dulu, topik yang dicari itu sudah dibahas sebelumnya atau belum? Untuk keyword "pendekatan", cuma ada 3 ini ternyata. Surprise, surprise. Ato keyword-nya aja yg kurang sip? Lalu googling dengan keyword "portraiture approach", gw menemukan kembali artikel tentang metode portrait Elsa Dorfman & Phillip Greenspun. Bosan.

Pendekatan saya, biasanya cuma nyuruh temen saya yg ngedeketin dia. Hehehehehe. Ntar gw tinggal yg jepret-jepret. Lho... punya temen yang canggih, ngapain juga pusing-pusing? Seorang teman fotografer wanita, lebih ngotot lagi, dia bilang, untuk obyek-obyek khusus, dia bisa ngadain pendekatan selama 6 bulan sebelum akhirnya memfoto mereka. Ngga tau ngapain aja dia. Jauh ya sama metode saya yg hemat energi, hehehehehe. Whatever, bisa sharing ngga di sini, gaya pendekatan Anda kalau hendak memfoto seseorang itu seperti apa?

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Farid Maruf (4960)    18 tahun yang lalu

 0 

Bang Igor tuh kalo mo motret pendekatannya asoy banget...ampe bisa motret kayak gini

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Mhd. Luthfi, Upie (41313)    18 tahun yang lalu

 0 

Senjata saya cuma 1 ajah mbak Mira, yaitu :

SENYUM :)
Aku kira dengan senyum, semua manusia pasti berfikiran kalau kita memiliki maksud baik, semua negara semua bahasa... pasti senyum mengartikan kita ingin berteman...

Thank's for Andi Lubis for the special weapon.

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Puguh Sadadi (19371)    18 tahun yang lalu

 0 

3 artikelnya Feri latief udah oke banget tuh...khususnya buat deketin tokoh yang udah terkenal (tahu biodata dasar si tokoh dan siap dengan bahan perbincangan trus sedikit/banyak merayu untuk mau dipotret sesuai konsep kita)...nyesel jadinya dulu waktu masih suka deket-deketin tokoh-tokoh terkenal ga pernah foto, gue kebagian yg deketin buat wawancara, temen gue yang kebagian ambil fotonya kaya mbak Mira...enak yaa. Soal persiapan sampe 6 bulan oke-oke aja kalo tokohnya benar-benar kontroversial dan super sulit didekati.

kalo buat orang-orang disekeliling kita gue pernah baca, kalo ga salah Bang Igor pernah bilang ya udah deketin aja ngobrol apa kek gitu....trus nanti bilang mau foto. Soal konsep dll yang natural aja.

Tapi ga semua situasi bisa motret sembarangan lho, gue pernah disindir tajem gara-gara motret orang lagi sedih (nangis heboh) karena sedang berduka cita, sejak itu sangat jarang ambil foto-foto ekspresi orang.:(

Strategi gue sikap yang wajar dan terus terang mau ambil foto. Sebagai langkah awal biasanya diperhalus dengan pembukaan komunikasi yang kira-kira menarik perhatian sasaran (bisa riset dulu bisa juga spontan), cuma ada dua kemungkinan berhasil dan gagal...yang penting coba dulu. :)

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Rarindra Prakarsa (142597)    18 tahun yang lalu

 0 

empati

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Andri Irawan, Billitone (72159)    18 tahun yang lalu

 0 

Kalo mas AHD fotonya banyakan berjudul "Temanku....", berarti berteman dulu ya?

Kalo saya sih asal jepret aja...candid gitu deh, kadang pake senyum kadang pake asal jepret aja.

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Arie Lendra Putra, ST (20556)    18 tahun yang lalu

 0 

saya jepret dari jauh ;))... kalau objeknya sadar.. langsung pura2 arahin ke tempat lain :P hehehe

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Jessica Wuysang (28887)    18 tahun yang lalu

 0 

Arie ga sopan :|...;)) jd inget dulu diajarin bikin lensa tipuan ;))...jd klo jepret gak bakal ketauan :p

senyum -> kenalan -> ngobrol -> motret -> ngasih hasil jepretan klo udah jadi :D

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Igor F Firdauzi (185236)    18 tahun yang lalu

 0 

senyum -> kenalan -> ngobrol -> motret -> ngasih hasil jepretan klo udah jadi lalu tunangan

:-"

eh biar nggak OOT sih kalau mau motret sih minta ijin dulu, biar enak

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Bernardo Halim, jeber (19660)    18 tahun yang lalu

 0 

harus bisa membawa diri dan menempatkan diri
saya setuju senyum bisa jadi pembuka jalan :D

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Nufransa Wira Sakti , Frans (19637)    18 tahun yang lalu

 0 

Jadi inget Bli NBY dengan pdkt "mata hati"nya. Berarti hati nya yang
didekati yah. Dia njepret gak pake mata, cuma dipegang biasa seolah2
lagi ditenteng, tauk2 jeprettttt.... Jadi dah, hasilnya? Rrruuuarrr biasa
Kata beliau sih banyak diasah tuh mata hatinya, supaya jadi tajem.

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  D. Risanti (56932)    18 tahun yang lalu

 0 

setuju sama kangmas Igor ;))

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Riga Domenic Ponziani (13688)    18 tahun yang lalu

 0 

Bisa macem2. Yang pernah saya lakukan (sejujurnya):
1. sembunyi2, baik dari dekat ataupun dari jauh.
2. terang2an motret dengan ngajak ngobrol dari hati ke hati (alah!) sambil pasang senyum dan minta izin motret.
3. Pernah juga belagak kayak fotografer pro (dengan kamera amatir) trus motret sambil pasang muka tebal tapi sok akrab.
4. Ngasih duit trus motret (ini dilakukan kalo udah kepepet karena objeknya defensif + objek fotonya unik/fotogenic + ada keinginan buat minta si objek berpose)
:D

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Pagar Alam, IPA (29522)    18 tahun yang lalu

 0 

Doty, kamu udah dimana sekarang. Ngak ada kabar berita.

Adakan penedekatan, dg senyum terus ngobrol dulu kalo objek suka ngerokok kasih rokok dulu...terus jepret.

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Dian Rosita (2450)    18 tahun yang lalu

 0 

ajak ngobrol, tanya nama, daily activity dll. Selain utnuk membuat subyek jd lebih santai juga dengan ngobrol kita bs lebih paham karakteristik si subyek. Kan katanya portarit yg baik adalah portarit yg menampilkan karakter subyek. Kl dirasa kontrol sudah ditangan kita, tinggal motret deh. Kl untuk portraiture Yousuf Karsh is the legend, fotonya orang2 ngetop mulai dari Albert Einstein sampe Winston Churchill

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh: Fajar Setyawan (2534)    18 tahun yang lalu

 0 

hmm biasanya saya selalu menekan attitude dari fotografer, saya so far belum pernah menemukan masalah dalam memotret orang yang tak dikenal alias completely stranger. Kalau sang fotografer at least looks like he knows what he's doing biasanya sih dicuekin aja.
Mungkin diawal2 anda akan diliatin dengan aneh tapi lama2 mereka akan terbiasa dengan kehadiran anda and life goes on as usual. Kalau anda bakal berada lama di lingkungan yang anda akan liput usahakan mengenal orang2 yang berada di sekitarnya.
Have a little chat, smile alot and it's always handy to have an ice breaker, biasanya kamera digital saya sudah cukup menjadi ice breaker (maklum saya banyak motret di pelosok yang belum pernah liat digital camera dengan LCD review nya) atau kadang2 saya bawa fuji mini instax (polaroid versi fuji) yang hasil foto2 nya bisa dibagikan :)
Ice beraker sendiri tidak harus berarti sebuah objek, kadang saya pelajari bahasa dialek lokal atau pengetahuan lokal setempat. It either amuses your subject or impress them either way it's good for you.

Tapi tentu saja seperti saya bilang, semua diatas tidak bisa dilakukan tanpa attitude anda yang tepat, relax, if you know what you're doing It'll show.

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Tundra Laksamana (24075)    18 tahun yang lalu

 0 

Kalo untuk tokoh memang kita harus ada bahan sepetri biografinya terlebih dahulu. Pokonya kita harus ada bahan dulu sebelum mendekati si tokoh.
Nah, kalo untuk pendekatan dengan masyarakat sekitar beda lagi. Harus bisa membaca situasi, saat akan mendekati subyek, pastikan dulu situasinya, apakah dia lagi enak hati ato ndak. Kalo pas lagi deketin lagi ndak mood nah ....itu tuhh...bisa berabe, bisa-bisa kita kena getahnya.

Pertama yang saya lakukan adalah tersenyum, dan langsung melihat kontak matanya. Lalu mulai lah pembicaraan, menanyakan yang biasa aja dulu, Misal, Apa khabar ?, Gimana Pak /buk lancar dagangannya. Kalo dia jawab kurang, lalu mulailah selau menjadi pendengar dan iyakan saja apa pendapat subyek. Jadikan kita sebagai teman curhat atawa sahabat karib subyek kalo bisa....anggap aja dia itu orang paling benar sedunia deh, walu nantinya kita sisipkan sedikit masukan dan nasehat "ingat" jangan sampai mengguruinya.

Lalu jika subyek udah mulai merasa nyaman dengan keberadaan kita disampingnya, mulailah melihat kamera kita, utak-atik apa aja kek di bodi kamera kita. lalu mulai deh nanya "boleh dipoto ndak mbak/mas/pak/dek/buk/ ?"
Saat memotret tetap saja lontarkan guyonan-guyonan segar biar tambah akrabp gitu....

Gitu deh kalo trik dari saya, udah pernah saya praktekkan di lapangan bahkan setiap hari, karena saya adalah seorang pewarta foto. Semoga bermanfaat

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Mira TJ (4738)    18 tahun yang lalu

 0 

Mas RDP, empati... saya tertarik. Care to elaborate?

OK, sebagian besar rekan-rekan di sini adalah membicarakan bagaimana meng-approach orang di jalan, street photography ya? Hihihihi, saya pribadi ngga berani ngerjain street photography, karena ngga berani aja ngedeketin orang di jalan, nawarin moto. Not in my nature.

Bagaimana dengan portraiture secara indoor? Bagaimana membuka seseorang supaya kepribadiannya terpampang jelas di ekspresi dan gestures-nya.

Ada fotografer yang menata sampai ke detil2 ekspresi dan gestures sesosok model/obyek portraiture-nya. Angkat topi deh kalo sama yang kayak gini, gw ngga bisa soale. Ada fotografer (liat di filmnya Julia Roberts jadi fotografer, lupa judul filmnya) yang ngajak ngobrol sambil pejet2 kamera. Ada yang pakai remote control.

Ada yang bilang juga, fotografer itu kudu punya chemistry sama yang difoto. Kalo chemistry-nya ngga nyambung, walaaaa... ya kayak pas poto aja kali ya hasilnya? Dooo, jangan sembarangan bikin pas poto, gw aja bikin pas poto diri gw sendiri kagak berhasil2 gitu. Selalu aja ngga memuaskan.

So, what do you think?

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh: Fajar Setyawan (2534)    18 tahun yang lalu

 0 

hmm street photography is pretty easy, ngga susah2 banget koq, technical side try to use wide angle lens and then get close, closer the better, lalu click you're all done :) hehehe

Seriously, provided anda cuek bebek. kelihatan kompeten, tidak stand out, no problem, saya sering melakukan street photography di daerah, di jakarta, di negara lain belum pernah ada masalah, malah sering masalahnya dimintain difoto bukan menolak difoto.

Memang keliatannya menakutkan, approach total stranger, show them your big camera (mine is pretty small though) lalu jepret foto.

Beberapa kali teman saya yang katanya mau belajar street photography mengikuti saya motret, lumayan ketakutan meliat cara saya motret street photography but trust me it works and it sure beats of using your tele lens snapping pictures without your subject's knowledge (let alone consent)
sorry guys no offense but if you do that it's anything but street photography (paparazzi ain't street photographers right?)

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Farid Maruf (4960)    18 tahun yang lalu

 0 

None taken!

[sambil nyembunyiin 70-200...] :">

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Jessica Wuysang (28887)    18 tahun yang lalu

 0 

motret indoor :-? ? tetep aja musti ngajak ngobrol dulu kali yah? kadang saya terkagum2 ama fotografer yang sambil motret bisa membuat 'model/objek' tertawa2 trus diajak ngobrol...sampe dipuji2 yang 'kadang' agak over, tapi ada juga sih yang ngga :). jadi kayaknya emang bener yah :D, intinya musti menjalin komunikasi antar fotografer dengan model :)

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Arief Azrul Amar, Riefa (28515)    18 tahun yang lalu

 0 

Seperti ini

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Heru Lesmana Syafei,togol (3184)    18 tahun yang lalu

 0 

ooo, jadi fotografer itu harus murah senyum yah?
ic ic.
:)

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh: Fajar Setyawan (2534)    18 tahun yang lalu

 0 

Harus sering banget mas kalau anda banyak motret diluar :)

Re: Gaya pendekatan Anda seperti apa?

Oleh:  Indraharto (4982)    18 tahun yang lalu

 0 

gaya pendekatan SKSD.. :D
trus bergaya ala reporter majalah kriminil :D :D
atau straight to the point
senyum-kenalan-ngobrol-iming2 duit---baru motret!!
=)) =)) =))