Masalah dengan kontak D70 dan SB-800

Oleh: Andang Nugroho (1749)    18 tahun yang lalu

  0 

sebelumnya normal, problem baru terjadi sktr 3 bulan yll dan makin sering n berasa sekarang, flash nya sendiri sudah sekitar 1,5th

selama ini disiplin utk pasang flash di body saat dua-duanya off, baru dinyalain satu persatu, saat problem si body tidak mendetect flash tsb terpasang, posisi shutter speed tidak otomatis 1/60 (misalnya tetep 1/2 sesuai metering jika no flash), tapi flash nyala jadi gambarnya ghosting, di display sb-800 sendiri simbol creative lighting nya gak nyala, cuman di ttl aja, solusinya beberapa kali justru pasang flash di body saat DUA-DUANYA NYALA, ceklik langsung posisi di ttl bl, simbol cls system nyala, n semua berfungsi normal n bagus (nikon!)

apa yg problem ya, body atau flash nya? saya cenderung di flash nya, karena lever pengunci nya jadi agak longgar, masalahnya kan gak bisa disetel kayak yg ulir model flash lama, atau bisa ya?

flash beli bm dari baru, jadi sebelum saya bawa servis dan bayar (mahal?), mau tanya di forum ini dulu, terima kasih kakak atas pointernya

Re: Masalah dengan kontak D70 dan SB-800

Oleh:  Erwin Ferdiana (20896)    18 tahun yang lalu

 0 

coba dibersihin kontaknya... kontak di flash ama kontak di kameranya...
dan satu lagi.. jangan tinggalkan batere di dalam flashnya kl ga dipake... :D

Re: Masalah dengan kontak D70 dan SB-800

Oleh:  Iwan DJunaedi (6026)    18 tahun yang lalu

 0 

Wah...sama ma gw punya nich...kadang2 ikon BL nya ada kadang2 ngga nongol dan ngga bisa syncron.....but skrg dah gw jual tuh flashnya.

Re: Masalah dengan kontak D70 dan SB-800

Oleh:  Yano (15849)    18 tahun yang lalu

 0 

sama seperti edwin...........bersihin kontaknya dulu, bersihinnya pake penghapus pensil, biasanya kontak ada residunya. setelah itu di lap pake tisue beralkohol, hanya kontaknya aja.

Re: Masalah dengan kontak D70 dan SB-800

Oleh:  Pagar Alam, IPA (29522)    18 tahun yang lalu

 0 

Saya pernah punya pengalaman ngak nyala sama sekali flash nya. Saya kira SB-800 nya rusak, ternyata kontak dlm box baterey nya kotor dan banyak karat. Utk membersihkankan nya ambil aja amplas yg halus, gosok dan bersihkan pake contact cleaner (kalau ada) tapi kalau ngak ada pake bensin (asal jgn disiramin banyak2 aja).

Memang benar kalau ngak dipakai keluarkan bateray nya.