Battery Nikon D50, EL3a

Oleh:  Otto Tambunan (22857)    18 tahun yang lalu

  0 

Dear All,

Saya mau nanya neh...
Kalau baterry Nikon D50, boleh gak ya di charge setiap saat, artinya, walaupun indicator battery nya masih ada satu, tapi kita charge?
Ada kemungkinan batterynya cepat rusak gak ya?

Thanks,

Re: Battery Nikon D50, EL3a

Oleh:  Friedrich V. Himawan, Victor (34066)    18 tahun yang lalu

 0 

Batere D50 adalah batere jenis Lithium. Setahu saya, batere jenis ini memiliki sifat yg berbeda dengan batere rechargeable jenis2 pendahulunya, yaitu NiCD (Nickel Cadmium) dan NiMH (Nickel Metal Hydrid).

Batere jenis NiCD memang sangat disarankan utk di recharge dalam kondisi benar2 kosong, karena memiliki kelemahan yg biasa dikenal sebagai "Memory Effect". Batere jenis NiMH konon katanya tidak mengalami Memory Effect itu, sementara Lithium dipastikan tidak memiliki kelemahan itu.

Dari beberapa referensi yg pernah saya baca, batere jenis NiCD akan makin pendek umurnya dan makin rendah kapasitasnya bila sering di recharge dalam keadaan belum benar2 kosong.

Bahkan menurut batteryuniversity.com, batere jenis Lithium lebih baik di recharge sebelum benar2 kosong. Keunggulan dari batere jenis Lithium adalah memang sangat ringan bila dibanding pendahulu2nya. Kesimpulannya adalah kembali kepada karakter pemakai, saya sendiri apabila akan membutuhkan kamera dalam pemakaian yg lama, saya selalu me recharge batere D50 saya walaupun belum habis.

Utk lebih jelas, silakan baca2 di disini.

Semoga bermanfaat.

Re: Battery Nikon D50, EL3a

Oleh:  Herry Muliana Tjandra Widjaja (13123)    18 tahun yang lalu

 0 

emang sih batere Lithium Ion seperti bateri HP jaman sekarang, boleh di charge kapan aja, gak perlu sampe kosong. Seingat saya kalo beli batere baru utk HP jenis Lithium, harus di cycle 3x, wkt masih baru, trus diisi penuh, dan dihabiskan sampai habis, baru di isi (lakukan ini sampai 3x) baru kemudian boleh dicharge kapan aja..
BTW, sayasering charge batere, sampe ketiduran, bisa lebih dari 6 jam...ada yg tau gak chargernya punya rangkaian supaya gak overload? bisa bikin rusak batere gak ya?

salam nikon D50

Re: Battery Nikon D50, EL3a

Oleh: Riadoh Iskandariyah (327)    18 tahun yang lalu

 0 

yang saya tahu di dalam rangakaian elektronika terdapat semiconductor yang apabila telah sesuai batas maka kontaknya akan terputus....sama sepertia baterai itu.... jadi sepertinya ga apa-apa...
maaf bila terdapat kesalahan