Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh:  Triadi S (22045)    18 tahun yang lalu

  0 

Lance Cpl. Blake Miller, pada tahun 2004 sempat terkenal dengan julukan "Marlboro Marine". Saat itu (November 2004) foto close up wajahnya menjadi salah satu 'iconic images of the Iraq War', dan tersebar di seratus lebih surat kabar Amerika serta stasiun2 televisi dunia.

Setelah beberapa bulan 'bungkam' dan menolak untuk diwawancarai wartawan, akhirnya pada awal bulan Januari lalu stasiun televisi CBS berhasih mewawancarainya.

Berikut ringkasan ceritanya :

Miller bergabung dg US Marine Corps pada th 2003. Setahun kemudian ia dikirim ke Iraq dan menjadi bagian dari Marine Force yg bertugas 'membersihkanpengacau2' di kota Fallujah.

Pada hari kedua di kota Fallujah, Ia bersama beberapa temannya terjebak disebuah bangunan dibawah tekanan penembak2 jitu (sniper).
Pada saat situasi yg menegangkan tsb, Luis Sinco, seorang photographer dari Los Angeles Times muncul dan menaiki tangga menuju ke tempat Miller dkk terjebak.
"We almost shot him" kata Miller, karena pada saat2 yg tidak menentu sangat mudah bagi seorang marinir menekan pelatuk senjata pada benda2 yg bergerak yg mencurigakan.

Sinco saat itu mengambil beberapa foto dari balik dinding. Pada saat Sinco jepret sana jepret sini, Miller duduk disebelahnya. Ia mengambil rokok Marlboro dan 'membakarnya'.
Dg naluri seorang photographer, Sinco langsung mengabadikan moment tsb dan mengambil foto close up Miller.

Malam harinya, Sinco mengirim foto2 yg diambilnya sepanjang hari melalui electronically transmit ke Los Angeles Times. Foto close up Miller tsb adalah foto terakhir yg ia kirim. Sinco tidak menyangka kalau pada akhirnya editornya sangat interested dg foto close up Miller.
"Somehow that portrait just resonated with everyone who saw it. It's as if all the emotions of the war converged on Blake's face at that moment : bravery, doubt, hope, fatigue, despair. It's all written on his face" , Sinco said.

Pada hari berikutnya, foto tersebut tersebar ke lebih 100 surat kabar Amerika serta stasiun2 televisi duia. Pada waktu itu koran2 menyebutnya dg istilah "Marlboro Marine".

Beberapa saat setelah wajah Miller mendunia, Ia mendapat banyak simpati dari rakyat Amerika termasuk dari Presiden Bush. Mayor Jendral Richard Natonski, komandan 1st Marine Division berkata ke Miller " You're pretty famous Marine today..your picture is all over the United States right now".
Miller menjawab, " With all due respect, sir, I don't understand what's going on". They were saying the picture would go into history book.

Miller mempunyai masalah trauma/mental setelah Ia pulang dari Iraq awal tahun lalu :-sleeplessness, nightmares, sering tidak ingat apa yg telah dia perbuat.
Pada saat Huricane Katrina beberapa waktu lalu, Miller bersama marinir lainnya dikirim untuk mengevakuasi dan 'membersihkan' mayat2 yg menjadi korban badai. Saat itu stress-nya kambuh, psychologysnya terganggu.

Tiga orang military psychiatrists yang memeriksa Miller menyatakan bahwa Miller terjangkit Post-Traumatic Stress Disorder (PTSD), penyakit psychologis yg bisa membahayakan dirinya sendiri maupun orang lain.

Karir Miller di militer pupus, dan Ia kembali menjadi Civilian pada 10 November 2005 (bertepatan dg satu tahun setelah foto dirinya menyebar ke penjuru dunia).

Kini Miller tiggal di desa Long Fork, western Pike County-Kentucky, dan menikah dg Jessica Holbrooks teman sepermainan waktu kecil.
Saat ini ia mengaku sudah baikan dan sembuh dari PTSD.

Miller mengatakan kenapa Ia mau diwawancarai :

"The biggest reason I did this interview is becouse I want people to know that PTSD is not something people come down with becouse they're crazy. It's an anxiety disorder, where you've experienced something so traumatic that you were close to death"
"A lot of Vietnam vets suffered from PTSD, but nobody took the time to understand or help them.
Now, some of those guys are living on the street. You look at their situation, and you think about what they did for their country and where they are now........that's hurts".


Photo by Luis Sinco, Los Angeles Times :

Re: Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh:  Triadi S (22045)    18 tahun yang lalu

 0 

Yang ingin buka2 file mengenai sejarah "marlboro marine" silahkan di search di google dg kata kunci "marlboro marine". Dg 2 kata kunci ini, belasan halaman akan kita jumpai di google.

Re: Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    18 tahun yang lalu

 0 

Kalau serdadu Indonesia, mungkin "Kopral Gudang Garam" kali ya....

Re: Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh:  Farid Maruf (4960)    18 tahun yang lalu

 0 

Prajurit wismilak!

Re: Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh:  Michael Brian (20189)    18 tahun yang lalu

 0 

parto djarum coklat

Re: Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh:  Andri Irawan, Billitone (72159)    18 tahun yang lalu

 0 

Kalo Jenderal....Brigjen Dji Sam Soe

Re: Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh:  Afriadi Hikmal (12144)    18 tahun yang lalu

 0 

Kretek man :D

Re: Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh:  Triadi S (22045)    18 tahun yang lalu

 0 

Ini kok malah pada promosi rokok...b-( :)) :))

Re: Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh:  Judhi Prasetyo. (38908)    18 tahun yang lalu

 0 

Oedoed doeloe....

Re: Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh:  Rony Zakaria (12972)    18 tahun yang lalu

 0 

kopral Djono....

Re: Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh:  Rochim Hadisantosa (104553)    18 tahun yang lalu

 0 

cerita dan foto yg sgt berkesan..

Re: Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh:  Ruth Elverawati (4167)    18 tahun yang lalu

 0 

great pic and nice story, too

Re: Cerita di Balik "MARLBORO MARINE"

Oleh: Andika Betha Adikrishna (2996)    18 tahun yang lalu

 0 

Wah rokok yang dipromosiin mahal 2 semua. Coba, gak ada yg nyebut Lodji, Kraton Dalem, Irian, Djitoe... :D Just Kidding!
Wah, motret perang... hmmm... cita-cita tuh! Kapan ya bisa kesampean?