Foto courtesy

Oleh: Ferry Widjaja (165)    18 tahun yang lalu

  0 

Kita cuma mau nanya nih... bagaimana dapetin foto-foto courtesy, yang artinya boleh dipakai gratis, karena memang dana kami ngank memadai untuk ngebayarin setiap foto yang akan dimuat. Tetapi kompensasinya kita akan masukan nama fotografernya di buku tsb.. ada yang bisa bantu kagak yaah ?

Soalnya kita lagi nyusun buku tentang gunung api di Jawa, jadi perlu foto-foto tentang pemandangan gunung, flora dan fauna yang di gunung2 di Indonesia (untuk flora & fauna diutamakan yang endemik)

Re: Foto courtesy

Oleh:  Ali Ridwan (9674)    18 tahun yang lalu

 0 

Kalo fotograper sekelas saya sih mau aja ngasih gratisan... yang penting mejeng...
Tapi sayangnya poto-potonya pada nggak mutu..

Re: Foto courtesy

Oleh:  Salahudin Damar Jaya, Jaya (45223)    18 tahun yang lalu

 0 

cari di FN atau situs sejenis (denga kata kunci gunung atau apalah) lalu hubungi fotografernya dan negosiasi, saya rasa akan banyak yang dengan senang hati akan memberi fotonya. tapi pasti ada juga yang akan keberatan.

Tapi masa sih nggak ada dana barang 25-50rb untuk sedikit uang apresiasi ;), nanti bukunyakan juga dijual kecuali kalo dibagikan gratis.

Re: Foto courtesy

Oleh:  Hady Pranoto (5200)    18 tahun yang lalu

 0 

atau dapat bagian dari buku yang terjual...

Re: Foto courtesy

Oleh:  Guewin_WY ( Wiwin Yulius ) (103497)    18 tahun yang lalu

 0 

Berikan majalah tsb sebagai kompensasi,.. ngga usah kemana - mana, cari saja di FN, japri ybs :)

Setuju Ali,.. kalo foto saya ada yg berkenan, masukin ajah mas ... free :)

Re: Foto courtesy

Oleh:  Judhi Prasetyo. (38908)    18 tahun yang lalu

 0 

Mas Ferry Widjaja, Anda baru bergabung di FN dan ini memang tempat yang tepat untuk mencari foto2 hasil karya fotografer berbakat. Ada baiknya Anda mencantumkan nama perusahaan / akademi / organisasi berikut alamat atau nomor telepon. Saya yakin banyak fotografer yang berminat untuk membantu usaha Anda.

Re: Foto courtesy

Oleh: Wahyu B. Pratomo (228)    18 tahun yang lalu

 0 

Kalo saya boleh saran.

To: Ferry Widjaja
Biar bagaimana pun anda harus membayar sejumlah uang kepada sang Fotografer. Jumlah ini bisa dinegoisasikan dengan fotografer-nya. Bisa cuma Rp 25.000 atau whatever. Bagaimana pun foto adalah karya, dan sebuah karya butuh sebuah pemikiran dan usaha. Dengan memberikan sedikit uang apresiasi, anda juga mendorong rekan2 FN untuk berkarya lebih lanjut.

To: Rekan2 FNers
Kalo bisa sih, jangan memberikan hasil karya anda dengan gratis. Itu adalah hasil karya anda. Bagaimana anda mengharapkan orang lain menghargai jerih payah anda bila anda sendiri tidak menghargainya. Sedikit apa pun uangnya anda sebaiknya minta kompensasi untuk sesuatu yang anda hasilkan dengan pemikiran dan usaha. Akan membangun diri kita untuk terus maju bila karya anda dihargai bukan hanya dengan kata2.

Saya punya Cerita yg bisa utk sharing:
Saya take Tangkuban Perahu shots, saya di bayar oleh sebuah jasa travel dari Jerman. Bayarannya sekitar separuh harga D200. Setelah semua selesai, saya kirimkan ke travel agen tsb dan saya terima bayaran. Beberapa bulan kemudian saya temukan foto saya ada di web
yang bukan pembayar saya, kemudian juga di beberapa cetakan tentang pariwisata... dst dst... Walaupun saya dibayar, tetap saya sangat merasa dirugikan karena ada banyak pihak lain yg akhirnya menggunakan foto saya tanpa memberikan kompensasi apa2 bahkan tidak mencantumkan nama saya. Padahal hak cipta masih di tangan saya dan hanya hak pakai selama satu tahun saja yang saya jual. Mau nuntut sudah terlalu ribet... karena kebanyakan yang make perusahaan luar.

MOral dari cerita ini adalah:
Karya seni itu mahal harganya, ada hak cipta-nya dan ada aturannya.
Kalo anda berikan gratis, gimana kalo gambar anda di scan oleh orang lain lalu dipake seenaknya. Saya yg dibayar aja dongkol, gimana anda yg gratis...???
Awalnya sih senang2 aja dan bangga... lama2 muangkeeeeellll :( .
Percaya deh..

Re: Foto courtesy

Oleh:  Ali Ridwan (9674)    18 tahun yang lalu

 0 

Bener juga tuh apa kata mas Wahyu..
Tapi mas Wahyu kan mainnya udah jauh...
Kita orang sih belum nyampe ke kelas yang sono..
Kalo udah nyampe ke kelas pro... na... laen cerita...
Sekarang.. yang penting namanya dulu deh bisa dipajang...
Kalo udah banyak yang suka ... baru pasang harga :) :)
Itung-itung promosi ...

Re: Foto courtesy

Oleh:  Aditya Budi Pratomo (7325)    18 tahun yang lalu

 0 

Ali, mendingan kasih diskon dulu, misalnya 95%. Nah, trus semakin lama nama anda dikenal, diskonnya dikurangi jadi 90%, trus 80%, 70%, 60%... sampe akhirnya 0%. Dgn cara ini anda sudah membangun harga yg pantas buat anda sendiri dari awal.

Re: Foto courtesy

Oleh: Wahyu B. Pratomo (228)    18 tahun yang lalu

 0 

Maaf, saya mampir lagi nih...

Jangan lupa rekan2! Kamera, filter, flash dll milik anda juga ada depresiasi nilai-nya. Penyusutan nilai equpitment anda karena termakan waktu dan penggunaan juga merupakan biaya yg patut jd pertimbangan sebelum anda berikan karya anda dengan cuma2.

Dulu sebelum bisa bikin duit dari motret, saya pun sudah minta bayaran. Dan seringkali itu cuma makan siang di warteg pinggir kali... tapi tetep dibayar. Lha wong kita kerja kok.. :) :) :D
Saya setuju dengan rekan Aditya :)

Re: Foto courtesy

Oleh: Eleena Oktavian (1448)    18 tahun yang lalu

 0 

Sebaiknya Pak Fery menjelaskan buku yang akan diterbitkan itu untuk keperluan apa? Akan dijual dengan harga berapa, dan uang hasil penjualan tersebut akan dikemanakan? Biar rekan2 di fn bisa mempertimbangan apakah kasih gratis atau bayar.

Jika ternyata itu untuk keperluan komersil sudah sewajarnya hasil foto rekan2 tersebut harus dihargai. Idem ditto Mas Wahyu. Selamat tahun baru :D.
Re: Foto courtesy

Oleh:  Fadil Aziz (7946)    18 tahun yang lalu

 0 

Kalau kita bisa bilang sama pompa bensin, sama penginapan, sama warung tempat kita makan minta gratis karena kita motret cuma hobi aja, mungkin make sense kalau foto kita kasih gratis. Sekalipun hobi, nyatanya kita juga mesti keluar uang. Bisa nggak kita dapat gratisan utk biaya hunting kita? Tetap mesti bayar kan sama juga dgn org lain, sama juga dgn yg pro.

Nah kalau begitu, apalagi kalau foto kita mau dipakai utk sesuatu yg komersil. Buku dijual, tdk dibagikan gratis. Penulisnya dapat untung, penerbitnya dapat untung, percetakannya dapat untung. Fotografernya tinggal manyun. Apa iya?


Saya juga tidak setuju bila foto dihargai 25.000, nyaris gratis. Sebab dgn demikian malah menjatuhkan pasaran harga foto. Ingat saja persepsi. Sekali kita menghargai sangat murah, maka harga akan jatuh. "Impian" suatu waktu kita dpt menjual lebih baik tinggal impian. Percaya deh. Ini sudah terjadi dibidang yg lain. "Kalau saya pernah beli satu foto 50ribu, utk apa saya beli 1,5 juta? Mending saya cari fotografer lain". Demikianlah yg akan terjadi. Buktinya? Buktinya Mas Ferry aja nyari yg gratisan, pasti karena sudah pernah dengar sebelumnya kan? Nah jangan sampai deh FN menjadi pusat foto gratisan.

Oleh karenanya saya juga menghimbau teman-teman utk tidak memberikan fotonya almost for nothing. Terlalu sayang bila hanya ditukar dgn pencantuman nama saja. Harga foto kita jauh dari yg teman-teman bayangkan sebagaimana Mas Wahyu share diatas

Re: Foto courtesy

Oleh:  Fadil Aziz (7946)    18 tahun yang lalu

 0 


Utk teman-teman, saya punya hitungan kasar biaya hunting kita sekitar 500.000/hari . Saya yakin biaya teman-teman juga tdk akan jauh berbeda. Coba hitung biaya bensin, makan, penginapan, peralatan (depresiasi dan keharusan kita reinvestasi peralatan baru), sewa mobil/motor, guide, porter, tiket, dlsb.

Re: Foto courtesy

Oleh:  Fadil Aziz (7946)    18 tahun yang lalu

 0 

Untuk Mas Ferry, Anda mencetak buku tsb kepada percetakan dan penerbit kan harus bayar, mengapa ke fotografer tdk menyediakan anggaran? Padahal foto tsb juga penting, memiliki fungsi, ya kan? Disamping kejelasan proyeknya, saya juga saran utk menekan biaya, sewalah (bukan membeli) dalam jumlah yg banyak dari 1 orang. Misal 15 foto atau 25 foto shg bisa dapat diskon. Saya juga bersedia membantu dan rasanya memiliki foto-foto yg diperlukan Mas Ferry dan dapat menyiapkannya. Namun tentu dgn harga yg pantas.

Jangan malu menjelaskan pada penerbit, atau pengarang atau siapalah bahwa foto ada harganya. Sebab, foto yg baik, saya yakin akan meningkatkan penjualan buku tsb . Foto yg jelek akan membuat buku tidak menarik. Dizaman yg persaingannya tinggi seperti sekarang mungkin hal ini bisa dipertimbangkan. Maaf tak bermaksud menggurui, hanya berdiskusi. Trims. Kita tunggu ya kelanjutannya dari Mas Ferry.

Re: Foto courtesy

Oleh:  Adhi Perwira (14707)    18 tahun yang lalu

 0 

setuju harus bayar kalau buku itu bersifat komersial

Re: Foto courtesy

Oleh: Seto Ery Pradhana (1568)    18 tahun yang lalu

 0 

hehe, seru juga nih.
kalo menurut saya sih terserah orang yang dipake fotonya. gw sih setuju sama ali kalo level orang tuh beda2.
ada orang yg levelnya foto bisa dipake oleh majalah ato bulu dll aja udah seneng. kalo udah lebih pro, ada yg ngerasa harus dibayar juga.
sama aja kaya masuk tv, kalo orang awam pasti ngga akan minta bayaranlah untuk nongol di TV, bayar mungkin malah. tapi kalo artis, pasti minta bayaran dong kalo ditongolin di tv.
to fadil:
saya yakin ngga semua orang ngerasa rugi bayaran fotonya cuma pencantuman nama aja. kalo foto saya bisa masuk ke majalah international yang ngetop dan cuma dicantumin nama doang saya sih, mao bgt!! abis nama saya masuk majalah itu baru minta bayaran tinggi kali ya,hehe

jadi kesimpulannya, tergantung orangnyalah mao dibayar apa ngga.
tapi masa ngga mau uang sih ? hehe

Re: Foto courtesy

Oleh: Wahyu B. Pratomo (228)    18 tahun yang lalu

 0 

BIAR TAMBAH RAME..... Oke ini saya kasih contoh. Shot yg saya upload ini adalah satu dari 10 shots yg saya jual seharga separuh D200. Simpel, secara teknis ga sulit2 banget dan saya yakin rekan2 FN bisa bikin yg jauh lebih bagus dengan mudah... Gambar kaya gini aja bisa kejual dengan harga "lumayan"... bahkan gilanya... ada rekan saya yg bisa jual satu shot dari POcket digital sampai seharga US$1000,-. Dia titip jualkan sama salah satu agency foto sbg stock foto di NY (Kirim lewat email) ... Nha lho... Trus kenapa rekan2 ga coba marketing foto anda, kenapa harus kasih gratis...???
Saya ga ngerti :O:O:O