Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Riga Domenic Ponziani (13688)    18 tahun yang lalu

  0 

Temen2 FN,

Tanggal 31 October 2004, saya membeli sebuah DiMage A1 yang baru. Sebelum setahun masa garansi berakhir, tepatnya di tanggal 19 September 2005, A1 tersebut rusak. Kerusakan yang saya alami adalah gambar yang dihasilkan hanya berupa garis2 vertikal lurus, baik di LCD/EVF maupun gambar yang diambil. Mungkin yang rusak adalah sensornya :(

Berhubung masih dalam masa garansi, A1 tsb saya kirimkan ke Konica Minolta Service Center di Gunung Sahari di tanggal yg sama (19 Sept'05).

KM Gunung Sahari telah mengirimkan kamera saya tsb ke KM di Singapura utk diperbaiki disana. Pengiriman tsb mereka lalukan hanya beberapa hari setelahnya. Sampai hari ini, kamera tersebut belum selesai perbaikannya which is sudah lebih dari 3 bulan dari saat saya memasukkannya. Terus terang saya cukup surprise dgn lamanya waktu ini. Lebih surprise lagi, ketika saya coba konfirmasi, KM Gunung Sahari tidak bisa menjanjikan kapan kamera tsb akan selesai perbaikannya. Saya sudah mengirimkan e-mail ke KM SIngapura (melalui websitenya) ttg hal ini, tapi juga tidak ada respons.

Apakah diantara temen2 pernah ada mengalami kasus yang serupa? Berapa lama proses perbaikan yang pernah rekan2 alami? Mohon sharingnya & Thanks a lot sebelumnya...

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Ngakan KEBO Maesa (8755)    18 tahun yang lalu

 0 

Datengin ajah.
Langsung ke Singepore, mbak ada beberapa preman yang bisa diajak. Ada Mbak mela, ada Tante Lingling, Kang Aing, Om Andri, Ibu Zee, Mbah Willy Oey, ama yang laen.

Grebek deh tuh Serpis Center-nya di Singepor.

Oh ya jangan lupa bawa Pak Suryatmaning Hanny, dia ini mantan preman dari brigade 04 (jelas mabim 90-an bis amembentuk karakter yang kuat untuk mantan preman pulogadung ini)

hihihihihihihihihihihihi....

Riga, dirimuh udah upload foto yang kemaren belon ?
Yang di kebun teh itu ???
Aye lagi nungguin nih...
Salam hangat, broo...

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  D. Widiatmoko, Dedeath (5304)    18 tahun yang lalu

 0 

Pengalaman serupa juga terjadi di KonMin Service di Buah Batu Bandung..mengecewakan. Saya merekomendasikan 2 orang temen yang tidak mengerti fotografi apalagi kamera-2 tuk cari prosumer efisien fungsi dan harga, pilihan jatuh pada Minolta A1. Tapi apa yang terjadi?

Belum setahun masa garansi abis, satu buah A1 patah di bagian menu dial nya. Dimasukin KM Service lama sekali responnya, hanya dibilang mungkin biaya penggantian 1 jutaan..gila ! Setelah proposal tadi di-Acc tuk perbaikan, belum ada respon lagi sampe beberapa bulan bulan, baru setelah didatengin dgn sedikit marah-2...orang service nya bilang beaya cuma 350 rebu tapi nunggu satu bulan lagi tuk penggantian.
Setelah barang jadi, A1 dipake normal, masalah lain timbul...LCD dan EVF tidak bisa dipake buat liat sama sekali. Yah..masuk service lagi, tapi masa garansi dah abis, wong nunggu service pertama aja ngabisin masa garansi. Semuanya tidak ada jaminan garansi !!! Gile...beli baru, cuma dipake dalam hitungan bulan saja, sampe sekarang masih jadi bangkai tu A1 di KonMin service.

A1 yang kedua...hmmm ini juga bermasalah pada setting menu nya yang tidak bisa diakses. Dimasukin ke KonMin service pun demikian lamanya.

Jadi...ada apa dengan A1 atau Konica Minolta ? 2 buah A1 beli baru dengan garansi 1 tahun hanya sebuah omong kosong, masa garansi abis terlewat sia-sia hanya untuk menunggu kepastian tu kamera rusak apanya dan akan diservice sebagai bagian dari garansi yang bagaimana ???

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Riga Domenic Ponziani (13688)    18 tahun yang lalu

 0 

@Bli Kebo:
Udah Bli, udah ku-upload...

@Dedeath:
Saya juga khawatir sekali dgn ketidakkepastian ini, Dit... Apakah ini imbas dari penggabungan Konica Minolta? Soalnya, saya sempat baca di salah satu thread di FN bhw pasca merger, flow service mereka malah jadi ngga jelas.

Secara pribadi, saya seneng bgt ama kamera ini, tapi layanan purna jualnya itu bikin sedih :(

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Guewin_WY ( Wiwin Yulius ) (103497)    18 tahun yang lalu

 0 

Iya :) .....

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Riga Domenic Ponziani (13688)    18 tahun yang lalu

 0 

-- deleted, double post --

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Riga Domenic Ponziani (13688)    18 tahun yang lalu

 0 

Kalo kak Wiwin punya pengalaman lain?
Atau ada informasi/advice yg bisa di-share ngga? please let us know dong :)

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Mustakim Irsan, ICHAN (55541)    18 tahun yang lalu

 0 

Riga, 3 bulan itu termasuk waktu yg masih 'pendek' :D
Temen saya A1-nya udah masuk service sejak 2 Juni 2005. Artinya, sampai detik ini sudah 7 bulan lebih belum selesai juga. Kasusnya sama persis, LCD error garis-garis.
Pihak KoMin sendiri hanya bisa janji..janji..janji..dan janji. Mereka juga menawarkan tukar-tambah dgn tipe lain, itupun yg spec maupun fiturnya dibawah Minolta A1. Kalo mau ditukar dgn yg spesifikasinya mendekati A1 (blum sampe menyamai lho..) harus nambah duit. Kasian temen gue.
Well, buat temen2 yg mau beli kamdig prosumer Konika Minolta atau Olympus (2 merek ini di Indonesia berada dalam satu atap) saya kira mending pikir-pikir lagi deh. Bukan karena mereknya jelek, kualitas KoMin dan Oly saya kira cukup OK. Sayang banget ini 'ternodai' oleh tidak becusnya layanan purna jual mereka kepada customer.

Salam,

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Riga Domenic Ponziani (13688)    18 tahun yang lalu

 0 

Hwalah1

Chan, gue boleh dikenalin ama temen loe itu ngga? Kasih gue no kontaknya juga ngga papa, kali kita bisa sharing atau diskusi ttg masalah ini. Via e-mail aja. Alamat gue masih sama kok....

btw, A1 loe sendiri gimana kabarnya, Chan?

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Mustakim Irsan, ICHAN (55541)    18 tahun yang lalu

 0 

Rig, luw udah diemail ama temen gw tuh..
Check ur inbox.

Anyway, ada yg saranin masukin Surat Pembaca aja. Gimana ?

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Riga Domenic Ponziani (13688)    18 tahun yang lalu

 0 

oh iye, e-mailnya udah gue terima :) Thx Bro...

Ide bagus tuh, masukin surat pembaca aja... kira2 diterbitinnya lama ngga ya? Untuk yg ini, gue juga blum pernah pengalaman, hehehe...

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Kurnia Wijaya (22855)    18 tahun yang lalu

 0 

yup service nya KM dan oly sucks
mereka satu atap
walau beda lantai
oly udah bisa service disini yg ringan2, walau kanibal
KM belon bisa sama sekali

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Guewin_WY ( Wiwin Yulius ) (103497)    18 tahun yang lalu

 0 

Radix, " si Merk lain " pernah mengadukan Oly ke Surat pembaca kalau ngga salah .... iya, maksud saya, Memang mungkin bagus, tapi After salesnya nih ... paye

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Riga Domenic Ponziani (13688)    18 tahun yang lalu

 0 

Mudah2an kak Radix bisa share pengalamannya disini. Pengen tau juga, seberapa efeknya kalo udah sampe masuk Surat Pembaca...

Ntar kujapri kak Radix deh...

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Mustakim Irsan, ICHAN (55541)    18 tahun yang lalu

 0 

Sekalian mau nanya deh...
Mungkin ada temen2 FN yg berkecimpung di dunia hukum (lawyer) bisa memberi pencerahan. Untuk kasus seperti ini, bisa nggak sih kita sebagai konsumen menuntut pihak Dealer/Service Center ? Bayangkan aja, kalo itu kamera dipake buat nyari nafkah, dalam kurun waktu 7 bulan (seperti kasus temen saya) sudah berapa kerugian yg diterima.

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh: Ananta Sujatmiko (1467)    18 tahun yang lalu

 0 

Wah, jadi ngeri juga nih. Kalo Nikon kira2 bagaimana ya ? Soalnya 3 minggu kemarin kamera Coolpix 4100-ku rusak, gak bisa on sama sekali. Untung masih garansi, saya kirim ke Sevice Centre-nya katanya sekitar 1 bulan. Mungkin ada teman-teman yang pernah mangalami.
Trim's.

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh: Radix R (2382)    18 tahun yang lalu

 0 

kak Wiwin masih inget aja :D
iya, setaun lalu saya pernah ngalamin di sensornya oly c-750 ada garis vertikal gitu, saya bawa ke service center oly/KM di Buah Batu, mereka bilang harus dikirim ke jkt, dan mereka ga bisa kasih kepastian waktu service-nya berapa lama. Hampir tiap minggu saya telponi terus, masih juga ga bisa kasih kepastian. Setelah 1 bulan, terpaksa deh saya tulis surat pembaca, ke PR dan Kompas. Yg PR cepet keluar, 2-3 hari. Hari itu juga toko (ini tokonya loh, bukan service centernya, tapi mereka otorized shop) tempat saya beli langsung nelpon dan menawarkan kamera pinjeman selama kamera saya di service. 2-3 hari kemudian saya ditelp service center kalo kamera saya udah beres. whew. yg di Kompas baru muncul agak lama, beberapa minggu kemudian.

yg jelas, rasanya kalau saya baca kok hampir semua distributor kamera disini service-nya tidak memuaskan. Mungkin memang perlu komplain ke YLKI atau lembaga lain yg berkepentingan. Rasanya kok tidak layak ya menjadi distributor kalau mereka tidak bisa kasih kepastian berapa lama waktu service jika terjadi gangguan pada produknya. Mungkin ini malah akan merusak nama prinsipal-nya. Mudah-mudahan dengan meluasnya pengaruh FN, hal-hal macam begini bisa jadi perhatian mereka. Atau FN bisa bikin acara membahas soal kaya beginian. Kalau perlu langsung komplen ke prinsipal-nya kali ya.

hope this helps.

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Riga Domenic Ponziani (13688)    18 tahun yang lalu

 0 

Thanks kak Radix utk sharingnya :)

Usulannya juga menarik. Tentunya sebagai sebuah 'kartel' pembeli, FN akan memiliki pengaruh luas dgn keanggotaan yg tersebar di Indonesia. However, it will be subject to Admin/Moderator approval though...

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Mustakim Irsan, ICHAN (55541)    18 tahun yang lalu

 0 

Too bad for Konika Minolta dan Olympus Indonesia. :(
What a pity......

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  D. Widiatmoko, Dedeath (5304)    18 tahun yang lalu

 0 

Yup kak Radix...pengalamanku juga dgn Service Point KM di Buah Batu. Yah...hobbynya lempar Batu sembunyi tangan dan tubuh sekalian deh ih :p Hebat ih kamu berani kirim surat pembaca, aku juga dah mau kirim tapi ditahan ama 2 orang temen pemakai A1.
Sampai sekarang akhirnya 2 kamera A1 itu gak ada juntrungannya. Pun akhirnya mereka pindah ke Kanon sajah :p
Yang kena apes ya aku..malunya ketemu mereka...kenapa dulu merekomendasikan Minolta A1 untuk pilihan prosumer yang hebat (fitur vs harga)...taunya :((
Even website resmi KonMin menyatakan bahwa ada error pada LCD beberapa kamera (salah satu nya A1), ya gak ngaruh wong orang-service point Bandung malah gak ngerti...lagh..ngapain aja tuh orang-orang kerja. Semuanya berlindung di balik kebesaran nama KonMin Sing-Ngapur...(sekalian aja jual nama Sing-Ngecet lah kalo kata orang Tegal mah :p)

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Ario Perdana (13433)    18 tahun yang lalu

 0 

Wah bro, mudah2an cepet klaar masalahnya... saya setuju banget kalo yang punya kamera KM dan Oly bermasalah (dalam masa garansi) menulis di surat pembaca, mengenai keluhan waktu perbaikan, lokasi perbaikan, lost of opportunities, sampai kualitas produk. Kalau bisa ngumpulin sampai 10 orang kan efeknya dahsyat tuh.

Khusus buat KM mungkin juga Riga dan kawan2 bisa koordinasi dengan rekan2 FN di Jepang untuk menyampaikan keluhan mengenai sales dan distribution KM di Indonesia dan dampaknya terhadap image dan willingness penghobi foto di Indonesia untuk membeli produk KM melalui media yang terbaik menurut rekan-rekan FN Jepang (kalo e-mail via website mungkin agak kurang efektif walaupun dulu saat thesis saya pernah mencoba menggunakan jalur ini ke sebuah pabrikan truk di Swedia dan memperoleh respon yang baik).

Oke deh, cuma sumbang saran aja... good luck ya.... o ya, Riga ini baru menikah looooo, kok gak ada yang ngasih selamaaattt dan do'a? hehehe...

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Riga Domenic Ponziani (13688)    18 tahun yang lalu

 0 

hehehe... thx Bro...

tapi emang harus kolektif sih. sementara anggota FN yg pernah jadi korban harus dikumpulin dulu.

Btw, kalo kak Kurnia Wijaya pernah punya pengalaman serupa ngga?

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Adam Rozelly (15321)    18 tahun yang lalu

 0 

Saya kebetulan salah satu "korban", Dimage A1 kesayangan saya "katanya" rusak CCD sensor-nya dan mesti diperbaiki dengan biaya mencapai hampir 2,5 juta rupiah. Sudah mahal begitu, mereka tidak bisa pastikan apakah kamera tersebut bisa diservis dalam waktu 1 bulan atau lebih dari 3 bulan. Karena kamera itu benar2 kamera kesayangan dan saya sudah terlanjur jatuh cinta, meskipun harus puasa 1 tahun tidak jajan dan makan siang diluar kantor buat servis, nggak apa2 asalkan saya jangan terlalu lama terpisah sama kamera itu. Banyak momen penting yang akhirnya hilang begitu saja tanpa bisa saya nikmati bersama kamera saya. Saya betul2 kecewa dengan after sales service dari konika minolta setelah mrk merger. 3 bulan merupakan waktu yang sangat lama, (apalagi menurut mrk bisa lebih dari itu) 2,5 juta juga merupakan harga yang sangat mahal.
Sampai saat ini saya belum putuskan apakah akan saya perbaiki, atau lebih baik kirim ke service centre mrk di Singapore langsung utk dibetulin disana ? Yang jelas saya tidak tega utk membiarkan minolta A1 kesayangan saya "lumpuh" dan tergeletak tanpa daya. (utk beli kamera lain tidak sanggup.........) Mohon petunjuak dan pencerahan rekan2 sekalian. Terima kasih sebelumnya

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Syaefullah Kamal (36528)    18 tahun yang lalu

 0 

justru saya ngalami hal begini di datascript ..... waktu masukin 300d ngomongnya cuma 3 minggu tapi ini udah bulan ke 2 belum beres2 walau pun sudah di pinjamkan kamera pengganti powershoot s60 :(( .
sepertinya kita musti sama2 ke YLKI. hal kayak gini bisa digugat dengan cara class action.. penggugat lebih dari 1 dijamin menang deh

Re: Servis Konica Minolta DiMage A1 (Lama Sekali)

Oleh:  Riga Domenic Ponziani (13688)    18 tahun yang lalu

 0 

@Adam:
sepertinya kerusakannya mirip dgn yang saya alami dan dialami temennya kak Ichan. Respon yang mereka berikan pun persis sama, yaitu menawarkan pengiriman langsung ke S'Pore... mungkin bedanya, mungkin kamera saya masih ada garansinya ya... btw, itu kamera udah dipake berapa lama, kak?

@kamal:
wah, saya surprise juga Canon bisa kayak gini. omong2, kalo via YLKI, itu caranya gimana ya? saya belum punya pengalaman soalnya...