Cara Burning dan Dodging?

Oleh: Christian Aditya (424)    18 tahun yang lalu

  0 

saya masih pemula nih ttg cetak bw, mo nanya ttg burning dan dodging bw kepada mas2 dan mbak2 yg tahu .
Gimana caranya nge burning dan nge dodging ? alat2nya apa aja?

Re: Cara Burning dan Dodging?

Oleh:  John Mangara Hasoloan, Simanjuntak (44723)    18 tahun yang lalu

 0 

diphotoshop khan ada tool burning dan dodging (disebelah kanan) nah tinggal diatur opacitynya (kepekatan) sesuai dengan selera dan inspirasi kita...

Re: Cara Burning dan Dodging?

Oleh:  Budiarto Gondowijoyo (14643)    18 tahun yang lalu

 0 

kalau di lab bw bisa pakai tangan ,karton dll,jarak agak jauhan dari kertas foto supaya batasnya nggak tajam dan digoyang selama burning/dodging.

Re: Cara Burning dan Dodging?

Oleh:  david hermandy (3403)    18 tahun yang lalu

 0 

Cukup selembar karton hitam ditambah pengalaman yang banyak :)

untuk latihan bisa mulai dengan mencoba membuat gradasi, selama burning/dodging kertas jangan diam, tapi sedikit digerak-gerakan. Tujuannya agar hasil burning/dodging ada gradasinya.

Re: Cara Burning dan Dodging?

Oleh:  david hermandy (3403)    18 tahun yang lalu

 0 

gunakan bukaan kecil [f/11-f/22] untuk mendapatkan waktu ekspos yang lebih lama

Re: Cara Burning dan Dodging?

Oleh:  Tri Laksmana (7503)    18 tahun yang lalu

 0 

Maksudnya Oom David yang digoyang-goyang itu kertas pen-dodgingnya lho, bukan kertas cetaknya. Kalau kertas cetaknya yang digoyang-goyang, nanti bisa rusak cetakannya hehehehehehe.... :p (tapi bisa dibuat efek cetakan yang menarik loh)

Tambahan lagi, dodging jangan terlalu lama nanti gradasinya gak wajar dan kelihatan "belang." Tongkat/kertas dodging jangan didiamkan saja nanti gak ada gradasinya, dan lamanya dodging dibiasakan untuk dihitung dalam persentase waktu penyinaran total. Misalnya: lamanya penyinaran 50 detik, bagian ini didodging 15% (7.5 detik), bagian itu didodging 30%(15 detik). Ini karena rentang 1 stop dalam kertas kurang lebih sama dengan rentang 1 stop dalam developing film. Perubahan 1 stop (naik atau turun) dalam kertas kurang lebih 30% dari waktu penyinaran normalnya, yang dimaksud dengan penyinaran normal adalah waktu yang diperlukan untuk menghasilkan 18% gray dalam negatif. Well..30% ini bukan angka baku loh, hanya rule of thumb, karena tiap merek kertas beda-beda dan harus dites secara terpisah. Saya sih selama ini banyakan pake feeling aja. Hehehehe...CMIIW

Anyway, kalo kurang yakin dengan lamanya dodging yang terbaik, cobain aja dulu beberapa kali di test print sebelum didodging di kertas penuh. Sayang juga kan kertasnya. :p

Arah gerakan dodging juga bisa menghasilkan gradasi yang berbeda. Gerakan yang horizontal di atas kertas (membentuk spiral atau digerakan ke kiri-kanan-atas-bawah) hasilnya beda dengan gerakan yang naik-turun (membesar-kecilkan bayangan dodging).

Kalau nonton War Photographer, di situ ada adegan tukang cetaknya James Nachtwey lagi nyetak foto doski pake dodging dan burning. Untuk dodging/burning, ada alatnya sendiri-sendiri (yang bisa kita bikin sendiri), sesekali pake tangan juga.

Eh, mas, punya enlarger ya? Saya boleh nebeng dong, hehehehehe....:D

Re: Cara Burning dan Dodging?

Oleh: Ignatius Ferry (756)    18 tahun yang lalu

 0 

ini tuh ngmongin tehnik kamar gelap ya...?
mendingan bikin artikle trus ake gambar.. ( atau udah ada ya...? )