CLS dengan non nikon

Oleh: Benny Pangadian (1039)    18 tahun yang lalu

  0 

mau tanya nih bang, seorang teman punya sb600 dan saya punya metz 36 C2 + trigger.

saat kami coba fitur CLS di d70 dengan menggunakan kedua flash tsb, dimana sb600 tidak berada di body D70 dan metz di pasang trigger.

namun hasilnya yg terjadi adalah pada hasil foto tidak terlihat cahaya dari metz tetapi secara kasat mata kedua flash itu menyala tapi yg terekam hanya cahaya dari sb600.

gimana caranya agar cahaya dari kedua flash itu bisa muncul? perlu aksesoris apa agar metznya bisa 'tampil'?, sebab sayang juga metz itu menganggur. Beli Sb800 dompet masih belum cukup..

trims

Re: CLS dengan non nikon

Oleh:  Erwin Ferdiana (20896)    18 tahun yang lalu

 0 

CLS hanya bisa pake sb600 ato sb800 bang...
kl pake metz berarti harus di trigger manual... ga bisa lewat mode commander... :D :D

Re: CLS dengan non nikon

Oleh:  Herlambang, BN (8204)    18 tahun yang lalu

 0 

Om Ben,

CLS itu teknologi Nikon semata. Kalau emang punya pasangan blitz non CLS, satu2nya yah pakai manual metering n beliin SU-4 buat SB-600 [ kecuali SB-600 bisa di slave ?]

Saya simulasi CLS dengan body D1H saya dengan cara ngitung / coba2 sendiri. Setupnya hari itu full manual dengan SB-80DX di hotshoe, 2 SB-800 di side n 2 SB-26 sebagai fill light dari atas n belakang. Lumayan menarik loh :)

Re: CLS dengan non nikon

Oleh:  Sueswit N April (44573)    18 tahun yang lalu

 0 

loh????
bang benny bukannya dah punya SB800 ama metz C2??

Re: CLS dengan non nikon

Oleh:  masbaz (39152)    18 tahun yang lalu

 0 

SB-600 rasanya bisa di-slave. Secara teoretis untuk trigger-nya memang Metz-nya bisa mengikuti. Tapi untuk setting-nya seperti dikatakan bang Bob kudu dihitung2 sendiri manual. Apalagi Metz-nya pasti tidak ikut metering kamera (tidak seperti SB-600nya)

Re: CLS dengan non nikon

Oleh: Sanny N H (514)    18 tahun yang lalu

 0 

CLS hanya bisa dengan SB800 dan SB600. SB600 tidak bisa jadi master. Built in flash D70 dan D70s bisa jadi master.
Wireless non CLS pun tidak bisa, selama cameranya di i-TTl atau D-TTL akan ada preflash yang membingungkan slave.

Re: CLS dengan non nikon

Oleh:  Rendra Kartadinata (19382)    18 tahun yang lalu

 0 

CLS (Creative Lighting System) Nikon merupakan sebutan yang hanya diperuntukkan untuk semua peralatan Nikon yang mendukung i-TTL.
Keunggulan CLS ini adalah memungkinkan kualitas cahaya flash yang konsisten dengan beberapa buat unit flash yang bekerja secara wireless.
Sepanjang pengetahuan saya, teknologi i-TTL Nikon ini memakai frequency radio/infra red (??? Mohon masukan dari para Nikonian di sini untuk klarifikasinya) yang mana berbeda dengan pancingan slave biasa. Di mana ada pengkodean khusus yang tidak bisa mengaktifkan flash unit lain secara bersamaan nyalanya yang tidak dalam standar i-TTL.

Kalau anda mau mengaktifkan ke duanya (SB 600 dan Metz + Trigger), mau tidak mau anda harus menggunakan cara manual yang mana SB-600 anda pasang pada hotshoe kamera (main pin saja sebagai contact, sedangkan pin lain anda selotip) dan Metz anda sebagai slavenya. Memang ndak TTL tapi mau bagaimana lagi... semoga membantu.. salam..

Re: CLS dengan non nikon

Oleh: Benny Pangadian (1039)    18 tahun yang lalu

 0 

weh...kalau demikian terpaksa metznya musti di jual buat beli SB800/600 neh...

aniwey, terima kasih atas saran dari semua abang-abang.

salam sukses!

Re: CLS dengan non nikon

Oleh: Sanny N H (514)    18 tahun yang lalu

 0 

Sudah ada pihak ketiga yang bikin i-ttl flash seperti Sigma, Quantum dan Sunpak cuman apakah CLS bisa bekerja, saya kurang tahu. At least apakah bisa jadi CLS slave seperti SB-600?

Re: CLS dengan non nikon

Oleh: Dito Sutejo (968)    18 tahun yang lalu

 0 

Setahu saya...CLS Nikon bekerja dengan komunikasi sinyal flash antar master dan slave nya ( hanya SB 800 dan 600 yg bisa ) unutk mencapai tingkat pencahayaan yg sangat optimal secara TTL tanpa perlu menghitung2 GN numbernya. Itu makanya setiap kita pake CLS sistem.. ada shutter lag yg besar dan ada beberapa kali flash dlm sedetik untuk komunikasi antar master dan slave sebelum flash utama ( yg dipakai u/ pencahayaan ) menyala. IMHO... mungkin ada info yg lain?....

Re: CLS dengan non nikon

Oleh: Bambang Priambodo (500)    18 tahun yang lalu

 0 

nyumbang pendapat nih...soalnya kalo pake CLS kan harus pake
blitz built in nya jika sb600 dijadikan slave....nah metz kena trigger ketika blitz builtin nya nembak..sedangkan sb600 beda detiknya ...
jadi metznya gak punya nilai di foto ..