Problem lensa sigma lama pada Dynax 5D

Oleh:  Iwan Samuel (91200)    18 tahun yang lalu

  0 

Teman-teman, mo tanya nih seputar lensa yg baru saya dapat (dikasih saudara) lensa Sigma 90mm macro f2.8 untuk dudukan Minolta.
Ini model lama lensa macro sigma sebelum akhirnya digantikan dengan yg 105mm.
Sesampai di rumah langsung saya coba di dynax 5D, pas tekan shutter setengah..... eh ternyata AFnya jalan (meskipun lambat) dan focusnya normal... Wuiihhh lega, karena selama ini banyak yg bilang fungsi AF lensa lama suka ngaco kalo dipasang di DSLR....
Problem muncul ketika saya tekan shutternya full, muncul kejadian aneh yaitu pandangan di view finder tertutup (berarti rana terbuka ???) untuk waktu cukup lama , mungkin sekitar 1-2 detik padahal kamera disetting pada 1/125s..... ? Dan anehnya hasil foto tampak normal, tidak seperti foto dengan speed 1 - 2 detik. Ini kejadiannya pada siang hari (daylight), setelah foto saya lihat di komputer (properties) terlihat data EXIF menunjukkan speed=1/125s.... ?
Pas malam saya penasaran lagi, saya coba dengan menggunakan built in flash dan speed tetap 1/125s.... Ketika coba foto : flash menyala pada saat view finder tertutup , kemudian 1-2 detik kemudian (baru saya perhatikan) terdengar suara 'klik' halus dan flash menyala kembali ... baru kemudian view finder terbuka dan normal. Dan hasil jepretan pun tampak normal..... Kesimpulannya : pada nyala flash kedua itulah foto tercapture sesuai settingannya......Koq begini ?
Mohon masukkan dari teman-teman FN barangkali ada yg pernah mengalami hal yg sama, dan apakah bisa dikoreksi hal seperti ini, ataukah memang lensa lama ini tidak bisa berfungsi secara benar di DSLR ?....

Oh iya, saya tambahkan : saya coba di Dynax 700si (film), dan lensa ini berfungsi normal...........

Re: Problem lensa sigma lama pada Dynax 5D

Oleh:  Heru Tjandranata (11140)    18 tahun yang lalu

 0 

Mungkin setelan mirror lockup 2s nya aktif boz.
Kalok mau coba2in lensa sigma tua, gue banyak nih, ada 24mm ada 70-210.
Semua works very good di 7D saya.

Coba pasang lensa minolta baru deh, gejalanya sama gak. Trus coba burst shot, gejalanya sama nggak.

Re: Problem lensa sigma lama pada Dynax 5D

Oleh:  D. Widiatmoko, Dedeath (5304)    18 tahun yang lalu

 0 

Betul yang dibilang Heru...mirror lock-up 2 detiknya aktif kale ya ?
Believe what Heru said...Minolta banget dia mah :p

Re: Problem lensa sigma lama pada Dynax 5D

Oleh:  Iwan Samuel (91200)    18 tahun yang lalu

 0 

Mungkin juga kale ya ???? :-?

Nanti saya test lagi, cuma yg pasti dicoba dengan lensa lain (Tamron 28-200 / Minolta 28-80 / Minolta 50 dan Minolta 18-70) semuanya normal, nggak nutup buka gini.... ????

Re: Problem lensa sigma lama pada Dynax 5D

Oleh:  Heru Tjandranata (11140)    18 tahun yang lalu

 0 

Ketika coba foto : flash menyala pada saat view finder tertutup , kemudian 1-2 detik kemudian (baru saya perhatikan) terdengar suara 'klik' halus dan flash menyala kembali

Saya pastikan aja ya, kamu PASTI menyalakan mirror lockup 2s. Flash TTL emang nyala 2x, sekali untuk metering, sekali lagi untuk eksposur.
Coba tutup lensanya, pasang di tripod, set speed 5detik, matikan AF, trus pejet shutter. Perhatikan suaranya, pertama2 cerminnya jeplak naik, selang 2detik ada suara halus sentakan shutter membuka, selang 5detik suara halus sentakan shutter menutup.

Re: Problem lensa sigma lama pada Dynax 5D

Oleh:  Iwan Samuel (91200)    18 tahun yang lalu

 0 

Persis Pak Heru...... betul aja mirror lockup 2s nya ON. Secara nggak sengaja dinyalakan, pas lagi liat-liat menu (maklum mainan baru.. dan di 700si fungsi ini nggak ada...he...he....).

Pak Heru memang TOP banget deh, kalo urusan Minolta nggak ada matinya....... Thanks banget yaaa