Shutter count di kamdig 2nd

Oleh:  Eka Rachmat, Meneer (88294)    19 tahun yang lalu

  0 

Temans, saya mau nanya nieh, but sebetulnya topik ini lebih tepat klo di tulis di forum->bahas peralatan->kamera digital, karena asesnya dibatasi makanya saya tulis disini aja, mudah2 an berkenan.

Saya mengamati beberapa kometar di bursa kamera (2nd), sering kita temui kata2 'SHUTTER COUNTNYA SUDAH BERAPA", yang ingin saya tanyakan, apakah kamdig mempunyai max shutter?, sampai seberapa parahkan kerusakan yang ada di kamdig jika shutternya sudah ribuan/puluhan ribu/dst.

Kebetulan teman saya mempunyai kamera Fuji S2PRO yang sudah lama dipakai dan shutter countnya juga sudah ratusan atau mungkin lebih dari 1jt , kebetulan di last tripnya kamera tersebut matot alias mati total, kemudian dibawa ke Fuji service center di Jakarta (ga perlu disebutkan dimana tempatnya), trus mendapat jawaban "KALAU KAMDIG TERSEBUT (S2PRO) AKAN MATI BILA SHUTTER COUNTNYA SUDAH MENCAPAI 2 JUTA", dan ketika ditanya biaya untuk memperbaikinya...Rp. 8 Jt, mmmm fantastis. Alhasil now kameranya di buat ganjel pintu ajah. Nah apakah pernyataan yang merupakan jawaban dari service center tersebut bisa di pertanggung jawabkan kebenarannya? kalau pernyataan tersebut benar tentu kita harus sedini mungkin menghemat shutter count donk. Dan apakah hal tersebut juga terjadi pada merk lain?

Mohon kepada rekan2 dan senior untuk menanggapi masalah tersebut, mudah2an inputnya bisa berguna bagi kita semua.
Thank's

Re: Shutter count di kamdig 2nd

Oleh:  Alfian, bpp (29380)    19 tahun yang lalu

 0 

Wah...saya juga baru dengar nih yg kayak ginian, mudahan kakak2 maestro bisa menjelaskan secara detail dan bagaimana kita bisa tahu jumlah angka pasti shutter pada suatu camera digital.

Re: Shutter count di kamdig 2nd

Oleh: Fendy Siamala (2691)    19 tahun yang lalu

 0 

Saya juga nggak tahu hal beginian.
Ayo cepet dijawab nih...

Re: Shutter count di kamdig 2nd

Oleh:  Gerry Soetanto (1352)    19 tahun yang lalu

 0 

sensor kamera memang ada umurnya, tapi kalau dikatakan kamera tewas pada angka shutter count tertentu, rasanya gak masuk akal.
yang adalah umur sensor berdasarkan approximate shutter count tertentu, sekedar mengetahui perkiraan umur kamera sebelum membeli. perhatikan istilah approximate yang berarti hanya merupakan perkiraan; kenyataannya tergantung atmosphere tipikal dan kualitas (bukan kuantitas) penggunaan.

pada prakteknya misalnya s2pro memang umurnya sekitar 2 juta shot, maka kalau beli unit bekas berumur 2 tahun yang sudah digunakan untuk 1,5 juta shot, harganya akan lebih rendah daripada unit bekas sejenis yang berumur 5 tahun, tapi baru digunakan untuk 300 shot.

tapi sekali lagi, kalau vonis kamera tewas pada angka shutter count tertentu, rasanya gak masuk akal banget.
jawaban yang aneh.

Re: Shutter count di kamdig 2nd

Oleh:  Adimodel (2128)    19 tahun yang lalu

 0 

Nggak aneh kok. Hal ini dialami oleh DSLR. Berhubungan dengan komponen mekaniknya (shutter curtain). Setiap komponen mekanik punya MTBF (mean time before failure).

Apabila Anda punya DSLR dan sering baca2, ini sudah sering diposting. Bagi yang pernah mengalami silahkan dishare.

Yg saya ingin tanya, apakah ada cara atau program yg bisa baca berapa jumlah shutter count sebuah kamera?

CMIIW. Regards,

Re: Shutter count di kamdig 2nd

Oleh:  Mustakim Irsan, ICHAN (55541)    19 tahun yang lalu

 0 

Sejauh ini yg saya tahu untuk Nikon D70 ada kok programnya. Coba cari di forum Nikon dengan keywords 'shutter count' pasti ketemu.
Kalo saya sih yg masih penasaran, rata-rata berapa biaya perbaikan shutter ini ?

Re: Shutter count di kamdig 2nd

Oleh:  Bayu Hendradjaya (4147)    19 tahun yang lalu

 0 

Kalau gak salah MTBF juga masih angka perkiraan. Jadi agak aneh kalau di 'pasti' khan 2 juta akan mati.
300D saya mati secondary shutter nya di 37ribuan, tapi ada yg punya 300D lain sudah mati di bawah 20 ribu, walau ada yg sudah 100ribu baru aus.
Dulu Coolpix 880 saya juga mati di 35ribuan.
Cara ngitungnya? liat aja dari numbering fotonya, kebetulan saya gak pernah riset numberingnya. Walau cara ini tentunya gak pasti akurat, tapi kurang lebihnya harusnya gak lebih dari 1000an lah.. :)

Re: Shutter count di kamdig 2nd

Oleh: Gunantyo Suci (1656)    19 tahun yang lalu

 0 

knp gak ngambil positifnya aja..dengan dua juta shutter pastinya dah dpt sesuatu donk..entah uang atopun ilmu..nah klo hemat2 shutter kpn dptnya..

Re: Shutter count di kamdig 2nd

Oleh:  Rio Martin (4209)    19 tahun yang lalu

 0 

Kalau yang sudah master kayaknya gak boros mencet shutter deh. Cukup single shot sudah jadi FPE :D

Re: Shutter count di kamdig 2nd

Oleh:  Eka Rachmat, Meneer (88294)    19 tahun yang lalu

 0 

gerry soetanto: pada prakteknya misalnya s2pro memang umurnya sekitar 2 juta shot, maka kalau beli unit bekas berumur 2 tahun yang sudah digunakan untuk 1,5 juta shot, harganya akan lebih rendah daripada unit bekas sejenis yang berumur 5 tahun, tapi baru digunakan untuk 300 shot.
--> Bagaimana caranya kita tau kamera itu dah dipakai berapa shot, padahal hampir setiap kamera punya reset count nya

Bayu Hendradjaya: Jadi agak aneh kalau di 'pasti' khan 2 juta akan mati. 300D saya mati secondary shutter nya di 37ribuan, tapi ada yg punya 300D lain sudah mati di bawah 20 ribu, walau ada yg sudah 100ribu baru aus. Dulu Coolpix 880 saya juga mati di 35ribuan.
--> Bisa jadi kamera baru mati juga donk, malah lebih bagus ada garansi sampe 2 juta shoot baru mati, drpd br 19rb dah mati hehehehe

gunantyo suci: knp gak ngambil positifnya aja..dengan dua juta shutter pastinya dah dpt sesuatu donk..entah uang atopun ilmu..nah klo hemat2 shutter kpn dptnya..
--> segi positif yang anda kemukakan memang bagus tapi hanya untuk kalangan yang bekerja dengan kamera (uang) dan kalangan pelajar (ilmu), sedang hobbiers?, memang kita sama2 tau hobbi mahal harganya but ga ada salahnya kan bila bisa ngirit, hehehe, maklum hobbiers but mepet ya gini dech jadinya

So mungkin sampe saat ini belum ada kepastian antara kamera baru dan 2nd akan awet yang mana, menilik dari komen bung Bayu Hendradjaya, coz bisa jadi kamera 2nd mati di count 200rb sedang yg baru mati di 20rb...ko ga ada semacam perlindungan konsumen yach. Belum lagi masalah BAD COPY, pusinggggg. Mungkin masih ada yang mau tanggapi, sekali lagi ini untuk kepentingan bersama. Thank's

Re: Shutter count di kamdig 2nd

Oleh: Fendy Siamala (2691)    19 tahun yang lalu

 0 

Wah kalau dihitung- hitung ada angka pasti begitu lebih enak dong.
Bayangin aja kalau misalnya masih kurang 1/2 juta shot, kan lumayan.
Anggap aja perhari kita memotret sebanyak 100 foto, berarti dalam setahun aja cuma kira- kira 36500 shot.
Hitung aja jadinya berapa tahun kalau 500000 shot :)

Re: Shutter count di kamdig 2nd

Oleh:  Bayu Hendradjaya (4147)    19 tahun yang lalu

 0 

Nambahin dikit, setuju sih kalau memang gak ada kepastian soal kamera baru dan 2nd awet yg mana. Mungkin kayak analoginya barang elektronik lain. Saya pernah beli pocket radio second, sampai sekarang masih jalan, trus pernah beli barang yg mirip, bukan beli sih tepatnya, tapi dapat bonus baru, eeh..baru beberapa lama pake udah error...

Tapi yg jelas garansi untuk barang baru buat saya penting sih. karena memang gak ada kepastian barang yg bener2 baru akan awet dalam jangka waktu tak terhingga....minimal dalam jangka waktu tertentu barang kita aman, dan uang yg kita keluarkan sebanding dengan 'jaminan' waktu yg ditawarkan.

Re: Shutter count di kamdig 2nd

Oleh: Muhammad Fajri Ramadhana S (1659)    19 tahun yang lalu

 0 

saya pernah baca di forum fuji dslr nya DPreview..
1. bahwa buat fuji s2pro yg ccd nya mati bisa mengirimkan email ke fuji pusat (di jepang kali??) berisikan no registrasi dll...
2. nanti diberi garansi ato disuruh mengirimkan kameranya...(kemana yaa saya lupa!!)
3. klo ngga salah sih gratis! (walaupun garansi udah abis)

saya juga lupa2 inget tentang isi threadnya tp coba aja search di forumnya!!!
semoga membantu :D