Why Use Scanner????

Oleh:  Andy Thamrin (6012)    19 tahun yang lalu

  0 

Sebagai hobby di photography, saya menggunakan analog kamera dan memakai scanner Epson 3170, dengan scanner ini saya bisa scan film positve/negative dan hasil foto cetak. Warna yang dihasilkan mendekati sebenarnya walaupun terkadang saya harus setting colour dan retouch kembali dengan program dari epson. Selain itu pricing sangat mempengaruhi penyediaan peralatan photography saya hehehe ;) Bagaimana menurut teman-teman FN dengan penggunaan scanner? Adakah dari FN-ers yang pernah memakai scanner ini? kalo ada, apakah sejauh ini puas dengan penggunaannya???? :- dan masukkan merek lain yang dapat dijadikan bahan bandingannya???? :-?

Re: Why Use Scanner????

Oleh:  Judhi Prasetyo. (38908)    19 tahun yang lalu

 0 

Resolusinya bisa berapa mas? Saya sih biasanya bawa ke studio aja, scan satu roll plus burn ke CD cuma S$9 (45rb). Mesinnya Fuji Frontier 2000, 6 Megapixel.

Re: Why Use Scanner????

Oleh:  Purwanto Nugroho (41202)    19 tahun yang lalu

 0 

Scanner adalah teman setia saya yang sampe sekarang masih pake SLR film. Memang sih scanner yang saya pake tidak bisa ngescan film negative/positive. Perbedaan warna tentu terjadi, untuk itu PS menjadi sahabat saya dalam hal color correction. Keterbatasan dengan metode ini adalah grain yang mungkin diakibatkan oleh kualitas cetak dari foto, dan juga resolusi scanner yang saya pake. Berarti tambah satu lagi teman saya: noise removal plugin.... :) Di studio foto digital juga menawarkan untuk scan langsung dari film, menjadi file .jpg, 1 roll 25rebu... tapi nggak tahu brapa MP kapabilitasnya.

Re: Why Use Scanner????

Oleh:  Indi Soemardjan (7483)    19 tahun yang lalu

 0 

tanda tanya banyak sekali itu maxutnya apa?

Re: Why Use Scanner????

Oleh: Toar A. Sapada (824)    19 tahun yang lalu

 0 

saya biasanya bawa ke studio aja, disini cukup murah 20 ribu/roll, resolusinya 72 dpi, nggak tahu brp MP......

Re: Why Use Scanner????

Oleh:  Andy Thamrin (6012)    19 tahun yang lalu

 0 

Scanner selain bisa digunakan scan film juga bisa foto/dokumen. Kalo ngak salah megapixel untuk ukuran dalam digital camera, sedangkan dpi untuk ukuran dalam scanner dan printer. Betul ngak Mas Judhi? :)

Re: Why Use Scanner????

Oleh:  Judhi Prasetyo. (38908)    19 tahun yang lalu

 0 

Bisa juga sih, saya lihat dari hasil akhirnya aja yg tiga ribu sekian kali dua ribu sekian pixel, berarti sama dengan enam juta sekian pixel kan? :)

Re: Why Use Scanner????

Oleh:  Andy Thamrin (6012)    19 tahun yang lalu

 0 

Mas Judhi, sebaiknya berapa besar dpi yang baik untuk men-scan film negatif dan slide? apakah semakin besar dpi, makin tajam hasilnya?

Re: Why Use Scanner????

Oleh: Andie Tanadi (1418)    19 tahun yang lalu

 0 

Saya juga pemakai film Slide dan menggunakan scanner Canonscan 2700 dengan PC, resolusi 2700 DPI optisch (tidak di interpolasi). Scanner ini juga bisa digunakan dengan OS linux Suse 9 dan Gimp dengan scan software SANE , (Linux OS itu gratis juga GIMP-> Software seperti PHOTOSHOP untuk linux -> dan tentunya gratis) Tanpa harus melanggar hak cipta software (copy right) seperti kebanyakan pengguna Microsoft Windows OS

Re: Why Use Scanner????

Oleh: Sanny N H (514)    19 tahun yang lalu

 0 

Lihat saja foto2 saya yang pakai SLR F75 dengan Coolscan V Why ? : karena belum punya kamera digital beresolusi tinggi. Berapa DPI? max : lihat spec film masing2, Velvia bisa 3000 sampai 4000 dpi. Syaratnya exposure pas. Noise ? hilangkan/kurangi dengan Kodak GEM cari di www.asf.com Sanny

Re: Why Use Scanner????

Oleh:  Palty Osfred Silalahi (44490)    19 tahun yang lalu

 0 

saya yang paling pa'it, udah baru bergabung, hasil karya masih pakai scanner, resolusi monitor ga bisa dipatok sebagai acuan di fotografer.net, yah commentnya selalu, " ADA MASALAH DENGAN SCANNER ANDA?" padahal hasil cetaknya kalau saya bilang lumayan bagus ( cetak di PAKO foto Jakarta Timur ), kalau ada forumnya, atau mas andy thamrin bisa mewadahi kami2 yang masih butuh scanner yang lumayan, mungkin? yah dihitung member dan berbagi pengalaman scan negatif, sekalian amal gitu, hehehe, ini hanya ide aja sih, kalau boleh, mas andy yang jadi motornya, soalnya kalau ke minilab suka agak lama prosesnya, dan harganya itu melewati harga cetak postcard di PAKO foto ( hitungan roll ), cetak 1 roll 3R paling mahal totalnya 22Rb sudah berikut proses, kalau ada sekalian temen2 yang lainnya untuk info harga scan dari roll ke negatif dan negatif ke CD dibawah 22 RB? thanks....

Re: Why Use Scanner????

Oleh: sumpena (532)    19 tahun yang lalu

 0 

saya juga mengalami hambatan dengan menggunakan scanner. gambar yang saya upload jadi burem. dengan keterangan diatas saya jadi sedikit mengerti... walau bagaimana bagi saya yang selalu menggunakan scaner tentu sangat perlu dan tidak bisa untuk di hindari.

Re: Why Use Scanner????

Oleh:  Andy Thamrin (6012)    19 tahun yang lalu

 0 

Mas Osfred, pengen sih aku obyek sampingan nerima scanner film, namun apa daya saya berada di Medan...Saat ini saya masih mencari alternatif scanner film lain yang dpt diunggulkan n yang pasti harganya cocok dengan dompetku :) Wah...saya ngak begitu ngerti tentang OS Linux, apakah settingan warna Adobe dgn OS Linux sama dengan Adobe di OS Win? Mas Sumpena, coba teman2 diatas, pasti punya banyak solusi kepada anda. Boleh tahu dulu merek, jenis, dan type scanner anda?

Re: Why Use Scanner????

Oleh: Joko Fajar Aryanto (28)    19 tahun yang lalu

 0 

hallo mas Palty....sekedar informasi ya di solo { SEJATI Foto } harga scan negatif per rol 15 ribu...kalo kita ambil per frame (image size 128 cm x 64 cm; 72 dpi ) 2 ribu rupiah...di kerjakan dengan frontier..murah ya..pindah ke Solo aja..hehe..

Re: Why Use Scanner????

Oleh: Anton Bahagia (3138)    18 tahun yang lalu

 0 

Lebih baik punya scanner sendiri, cost lebih murah. Terutama kalo kita sering menggunakan analog kamera. Sekarang scanner lebih murah, kok. Saya punya scanner umax, dulu saya beli baru, cuma 400.000-an. Foto-foto analog saya dirumah saya scan sendiri n save di komputer, memang tdk bisa scan negatif film. Tapi itu sudah bagus kok hasilnya (terutama kalo dana terbatas hehehe...). Pernah saya scan foto 3R untuk di cetak jadi 10R, maka dpinya saya naikkan lebih dari 300 dpi, hasilnya jadi file jpg berukuran 2 megapixel. lalu olah di PS (unsharp)jadi 4 megapixel. Cukup untuk 10 R kan? :)

Re: Why Use Scanner????

Oleh:  Andy Thamrin (6012)    18 tahun yang lalu

 0 

Apakah sudah ada yang pernah mencoba scanner bukan khusus untuk scan film/slide tapi dengan bantuan alat mini light box?
Secara Praktek aku pernah coba mencoba scan film negatif dengan scanner biasa tanpa mini light box dan hasilnya aku coba edit pake photoshop, namun masih kurang berhasil tuh...
Jika teman2 FN ada contoh hasilnya mohon agar dapat diup-load disini. Thanks....

Re: Why Use Scanner????

Oleh: Andie Tanadi (1418)    18 tahun yang lalu

 0 

Masalah diatas yang dihadapi rekan rekan (hasil scan kurang tajam, warna yang kurang saturn), pada penggunaan scanner khusus untuk film atau slide , juga saya hadapi dengan scanner saya canoscan 2700.
Problem utama dari canon scanner ini adalah software yang relativ tua, dan kurang memadai, setelah saya memakai software scanner VUESCAN, hasil scan saya menjadi lebih baik dibandingkan dengan memakai scanner software original dari canon.
Satu lagi yang menguntungkan VUESCAN termasuk salah satu scan software yang juga mempunyai versi untuk OS linux, karena biasanya saya selalu mengerjakan hasil scan dengan GIMP,