Oleh: Suhendro Pramono (2393) 20 tahun yang lalu
Belum genap sebulan saya pakai A80 (saya beli tgl 01/10/2004), kemarin terjadi masalah yaitu saat akan memotret tiba2 fungsi optical zoom berubah sendiri sehingga fokus menjadi kabur lalu lensa menutup sendiri, kemudian disusul dgn gelapnya LCD lalu muncul kode "E18" pd bagian kiri bawah LCD. Stlh itu sampai saat ini kamera blm bisa saya pergunakan. Saya mohon bantuan rekan2 yg pernah mengalami masalah yg sama.. terutama Bung Judhi barangkali bisa memberi pencerahan utk masalah ini, terima kasih sebelumnya! :( :( :(( :((
Oleh: Hani AE (28017) 20 tahun yang lalu
Kirim ke Datascrip aza Mas.... Dulu sy ada masalah yg berbeda, kirim ke datascrip, ganti modul. 1 mggu kemudian sy jemput, beres. Ada garansi nya kan? sejauh ini menyenangkan servis mereka.... (menurut saya)
Oleh: Robert Adolf Izaak,RAI (84103) 20 tahun yang lalu
Sekedar sharing.... Sebelumnya saya ucapkan Salam A-80....Saya prihatin juga apa yang anda alami. Kebetulan juga pengguna A-80 dan pernah mengalami seperti itu, keluar pesan E-18. Waktu kasus saya, saya pasang ring adapter LADC-52C (itu bukan pasangan untuk A-80, sementara untuk A-80 LADC-52D), berikut filternya. Kemudian saat on, ternyata mentok, keluar kode E-18, dan lensa segera nutup. Tapi untunglah gak berakibat fatal....Sampai saat ini tetap bisa digunakan.... Memang itu termasuk error yang lumayan berat....karena menyangkut zoom optik dan motor penggerak lensa....Setuju dengan saran Hani....lebih baik kontak ke Datascript. Saya ada nomor HP orang Datascript yang biasa tempat saya bertanya. Coba hubungi : Januardo no Hp : 0811813515, atau telepon kantornya : 0216544515, ext 287. Semoga membantu....
Oleh: Judhi Prasetyo. (38908) 20 tahun yang lalu
hehehe gue ketempuhan deh :D balikin aja mas mumpung masih belum sebulan.
Tadi siang saya udah telpon ke Datascrip dan dpt jawaaban kalo E18 itu trouble pd lensa biasanya karena kemasukan debu, tp kemungkinan kedua, kerusakan pada board-nya so otomatis mesti ganti lensa atau board. Mereka minta waktu +/- 2 minggu karena saya berada di Surabaya dan tadi siang baru saya kirimkan kamera tsb,... smoga pengalaman ini tdk menciutkan nyali rekan2 pemula yg laen utk memilih A80 krn saya baca di DPreview.com dari 61 user A80 terdapat 2 org yg mengalami hal seperti saya. Yg dr Amerika cuma diperbaiki tp kambuh2 terus selang bbrp wkt, sedangkan yg dr Jerman langsung diganti baru oleh pihak distributor,... smoga aja Datascrip Ind mau ganti dgn yg baru, he..he..[-o
Kalau ada orang Datascript yang baca tulisan ini, sebaiknya ganti baru saja. Servis Nikon di Indonesia terkenal bagus, masak Canon enggak bagus sih? :)
akhirnya stlh masa penantian hampir sepuluh hari, pada tgl 10 Nop kemarin, A80 saya udah beres (thanks to Datascrip team) so Lebaran bakal jadi ceria lagi nih! hi..hi..hi.. :-B =D>