Kompatibilitas lensa untuk D100 dan D70

Oleh: Agasha D Ganinda (53)    20 tahun yang lalu

  0 

Rekan-rekan sekalian,
Mohon info tentang kompatibilas lensa untuk D100 dan D70. Saya baca di specs-nya untuk D100 mounting lensanya adalah D-type/G-type AF Nikkor, D-type, IX-Nikkors cannot be used. Untuk D70 mounting lensanya adalah Nikon F-Mount compatible with Type D-AF, DX and G Nikkor lenses.

Yang ingin saya tanyakan apakah untuk tipe lensa yang lain AI; AIS yang manual masih bisa dipakai tetapi dengan beberapa fasilitas tidak bisa berfungsi. Seperti pada F4 contohnya, yang bisa befungsi hanya mode aperture priority dan manual saja untuk mode auto; program; speed priority tidak bisa berfungsi.

Terima kasih sebelumnya.

Re: Kompatibilitas lensa untuk D100 dan D70

Oleh:  D. Setiadi (81319)    20 tahun yang lalu

 0 

Lensa manual bisa aja dipasang. Tapi meteringnya musti manual.

Re: Kompatibilitas lensa untuk D100 dan D70

Oleh:  Goenadi Haryanto (69924)    20 tahun yang lalu

 0 

Lensa manual bisa digunakan, exposure mode di M, kemudian diafragma diatur melalui gelang diafragmanya, Jangan lupa mematikan sistim AF nya. Penajaman manual.
Bukaan diafragma tidak akan tampil di info LCD.
Pengukuran cahaya, off camera, karena exposure meter dalam kamera tidak akan berfungsi (bukan lensa dengan CPU). Atau dipantau melalui preview monitor., setelah memotret.

Re: Kompatibilitas lensa untuk D100 dan D70

Oleh: Agasha D Ganinda (53)    20 tahun yang lalu

 0 

Terima kasih pak Gun/pak Setiadi,

Saya masih agak bingung, apakah yang dimaksud pak Gun dengan exposure meter tidak jalan adalah tanda +/- atau bar indicator-nya tidak bisa dipakai sbg acuan?? atau bahkan sama sekali tidak berfungsi indicator tsb?? Off camera maksudnya kita harus mengukur dengan hand held light/exposure meter?? atau kita bisa pakai manual mode dengan menset speed dan aperture sampai correct exposure sesuai dengan yang kita inginkan??

Tolong pencerahannya, karena saya punya lumayan beberapa lensa manual Nikkor dan berkeinginan untuk beli kamera digital.

Terima kasih.

Re: Kompatibilitas lensa untuk D100 dan D70

Oleh:  Feri Latief (10508)    20 tahun yang lalu

 0 

Displaynya masih jalan Mas, cuman biasanya keterangan bukaan tidak ada tapi diganti tulisan FEE. Kalau speed masih jalan di display. Pokoknya tanda -/+ cueikin aja. Untuk tahu hasil yang bagus lihat aja di priviewnya. Ubah-ubah speed atau bukaan manualnya.

Dicoba2 aja dulu, yang penting AFnya dimatiin.