Tanya Input/Output pada Scanner Film

Oleh:  Rina Firdausy (3954)    20 tahun yang lalu

  0 

Saya baca di thread Kristupa tentang Scanner FIlm terbaru dari Nikon. Ada sedikit ulasan mengenai Coolscan 9000ED yang sudah menggunakan A/D converter input/output 16 bits. Kemudian saya bandingkan dengan spesifikasi dari Minolta Scan Dual IV yang juga sudah menggunakan A/D conversion 16 bits. Tapi output datanya dibilang hanya 8 bits, 16 bits (per color channel). Sementara dari www.scantips, baik scanner Nikon maupun Minolta di atas sama-sama sudah 48 bits.

Pertanyaannya, apakah data-data yang diberikan oleh kedua jenis scanner di atas sebetulnya sama karena akhirnya sama-sama menghasilkan 48 bits?

Mohon pencerahan.

Re: Tanya Input/Output pada Scanner Film

Oleh:  Valens Riyadi (22589)    20 tahun yang lalu

 0 

Rina,

COLOR SEPARATION Performed by RGB LEDs
A/D CONVERSION 16 bits per color

Berarti ada 3 channel warna, Red Green dan Blue, @ 16 bits. Total, jadi 48 bits. Jadi, sama aja, 16 bits per color dan total 48 bits.

Re: Tanya Input/Output pada Scanner Film

Oleh:  Rina Firdausy (3954)    20 tahun yang lalu

 0 

Trim Valens, tapi kalo boleh nambah dikit lagi nih nanyanya:

1. Betul gak kalo jumah bits lebih berhubungan dengan kecepatan scan? Jadi misalnya scanner minolta resolusinya sama dengan scanner nikon, dengan A/D converter sama-sama 16 bits, berarti secara teori kecepatannya sama juga?
2. Lalu maksudnya input/output itu gimana sih? ada pengaruh ke optical resolution gak?

Makasih lagi ya.

Re: Tanya Input/Output pada Scanner Film

Oleh:  Aditya Budi Pratomo (7325)    20 tahun yang lalu

 0 

Mungkin saya bisa membantu.
Walaupun sama2x 16 bits, belum tentu kecepatan scanning-nya sama, karena banyak faktor yg mempengaruhi, diantaranya resolusi. Makin tinggi resolusinya cenderung makin lama scanningnya karena data yg diproses juga makin banyak.

Re: Tanya Input/Output pada Scanner Film

Oleh:  Gunawan Wibisono (26231)    20 tahun yang lalu

 0 

Yang menentukan besar data yang ditransfer dari scanner ke komputer adalah besar gambar yang discan dan resolusi yang dipilih.
Kecepatan transfer data tergantung pada jenis koneksi yang digunakan, Paralel Port (paling lambat), USB (mendingan), SCSI (cepat), atau Firewire (cepat juga).

Lamanya waktu scan tergantung dua faktor di atas. Meski menggunakan seting sama dan koneksi sama, waktu yang diperlukan oleh dua scanner untuk scan gambar yang sama masih bisa berbeda. Nah yang ini faktor pabrik. :D