Apa itu bracketing?

Oleh: Derry Santoso (1633)    20 tahun yang lalu

  0 

Mau numpang tanya kepada para suhu/pakar disini. Apa sih maksud dari bracketing? Kenapa ada fasilitas bracketingnya. Dan biasanya bracket dipakai utk moment spt apa? Thx utk sharing ilmunya.

Re: Apa itu bracketing?

Oleh:  Henry Samudera (39620)    20 tahun yang lalu

 0 

Oh bracketing itu adalah asuransi. Jadi auto bracketing adalah fitur dimana si kamera mengambil gambar 3 kali saat kita memencet tombol shutter, yaitu 1 kali adalah exposure yg di set (oleh kamera secara auto atau oleh kita secara manual atau semi manual) misalnya 1/60 sec @ f 8. nah kamera akan secara otomatis mengambil lagi foto dgn exposure 1/2-1 stop dibawah dan diatas exposure yg pertama. Jadi gambar kedua 1/45 sec @ f8 dan gamabar ketiga 1/125 sec @ f 8. Gunanya yah supaya kita punya tiga hasil dgn exposure yg berbeda, sebab kadang exposure yg kita set belum tentu yg terbaik, spt keadaan lighting yg sulit, banyak putihnya, atau banyak hitam/gelapnya. Jadi spt diatas, bracketing adalah asuransi. Sayang film memang , kalo digital sih nggak terlalu masalah. Semoga membantu.

Re: Apa itu bracketing?

Oleh:  Gunawan Wibisono (26231)    20 tahun yang lalu

 0 

umumnya yang dimaksud dengan bracketing adalah bracketing exposure. Selain itu juga ada bracketing white balance (untuk kamdig), bracketing fokus, bracketing DOF, dll. Prinsipnya mengambil satu momen/tema dengan berbagai 'setelan' yang berbeda.
Kalo kameranya nggak bisa bracketing ostosmastis, pake manual bisa juga kok, jepret beberapa kali dengan berbagai setelan....
HTH CMIIW, wibi.

Re: Apa itu bracketing?

Oleh:  Judhi Prasetyo. (38908)    20 tahun yang lalu

 0 

terimakasih :)

Re: Apa itu bracketing?

Oleh: Derry Santoso (1633)    20 tahun yang lalu

 0 

Kak Henry, terima kasih banyak atas masukannya. Saya memang sudah duga setelah saya baca manualnya. Supaya lebih makanya saya tanya kepada para suhu disini. :-)
Kak Gunawan, yg saya maxud memang bracketing exposure. Karena di D100 saya cuma ada bracketing exposure, whitebalance sama fokus. DOF kayanya ngga ada deh?
btw, apakah ada semacam 'metering' bawaan SLR utk mengukur bracketing agar hasilnya maksimal? THx banget utk penjelasannya.

Re: Apa itu bracketing?

Oleh:  David Dewantoro (22969)    20 tahun yang lalu

 0 

Cara mengukur sinar / lightmeter dikamera itu biasanya ada 3 setelan, Center , Spot dan Average jadi nggak ada bacaan metering untuk bracketing...................kalau nggak salah :-?
Bracketing exposure itu ditentukan sendiri oleh pemegang kamera menurut pengalaman dan intuisinya mau 1 stop under/over atau 2 stop sekalian