G3 + 420 EX .. apakah "layak" untuk foto liputan dalam gedung ??

Oleh:  Uchin Mahazaki (21728)    20 tahun yang lalu

  0 

misal untuk pemotretan dalam suasana seminar ataupun acara pernikahan, apakah G3+420EX cukup layak untuk mendapatkan hasil yang baik ???
Kalaupun bisa, bagaimana pengaturan kamera dan flashnya

Salam,..

Re: G3 + 420 EX .. apakah "layak" untuk foto liputan dalam gedung ??

Oleh:  Yoni Tan (13785)    20 tahun yang lalu

 0 

Saya pernah memakai G2+420EX/550EX itu masih cukup kok kalau untuk dokumentasi event2 tetapi kalau untuk acara pernikahan, selama bukan untuk foto keluarga yang memerlukan detail tinggi, maka okay2 aja kok.

  • Untuk pengaturan flash-nya biasanya saya selalu direct langsung hadapkan dengan flash-nya tetapi biar tidak terlalu harsh memakai FEC -1.
  • Kalau memungkinkan lho dimana langit2 ruangan tdk sebegitu tinggi kira-kira 2-3 meter, selalu gunakan bouncing ke atas untuk tidak terlalu harsh. Jikalau memakai 550EX selain bounce ke atas, keluarkan saja flash diffuser tetapi dlm keadaan berdiri/menggantung dan tidak menutupi flash head-nya.
  • Sebisa mungkin hindari pemotretan dari sudut miring dimana obyek yang difoto tersebar tidak pada jarak yang sama karena flash-nya Canon hanya akan mencahayai bagian yg terdepan saja. (Dengar2 flash Nikon systemnya 3D Matrix itu artinya bisa mencahayai semua obyek pada jarak yang berbeda-beda secara rata, benar tidak yah ?)
  • G2 biasanya akan memakai kecepatan antara 1/60-1/250 untuk synch-speed-nya (mode P/A)dengan flash 420EX/550EX jadi jikalau dirasa ambient light bagian belakang masih kurang tertangkap, maka gunakan saja manual mode dengan set speed lebih rendah.
Semoga berguna.
Re: G3 + 420 EX .. apakah "layak" untuk foto liputan dalam gedung ??

Oleh:  Rendra Kartadinata (19382)    20 tahun yang lalu

 0 

Ya ! G3 plus 420EX sudah oke untuk mengover dokumentasi ASALKAN tidak memerlukan detil tinggi seperti yang bung Y.Tan tulis. Yang penting adalah jangan sampai hasil fotonya under saja sehingga pada saat diperbesar nanti tidak akan jelek hasilnya.
Memang pengoperasian flash Canon cukup membingungkan kalau tidak biasa memakainya. Saya sendiri punya pengalaman yang sama karena workflownya beda dibanding Nikon/Minolta.

Re: G3 + 420 EX .. apakah "layak" untuk foto liputan dalam gedung ??

Oleh:  Irwansyah S (52460)    20 tahun yang lalu

 0 

:).

Re: G3 + 420 EX .. apakah "layak" untuk foto liputan dalam gedung ??

Oleh:  Imelda Mandolang (6170)    20 tahun yang lalu

 0 

mas uchin, saya pernah motret wedding event pake g3, oke2 aja tuh. saya motret di kapel sore hari dan di gedung resepsi malem hari. bener kata pak tan, asal gak perlu detil yg tinggi. salam :)