Efek Infra Red Pada Kamera Film

Oleh:  Marsetyono, Mino (3397)    20 tahun yang lalu

  0 

Saya ingin bertanya, bagaimana membuat efek Infrared pada kamera film SLR tanpa memakai filem IR?
Bisakah memakai filter-filter khusus yang dipakai di kamera digital spt yang sering dipakai Mas Sandy Syafiek (filter Hoya InfraRed R 72) dan Mas Kristupa (filter Ilford SFX)?
Terimakasih sebelumnya...

Re: Efek Infra Red Pada Kamera Film

Oleh:  Kristupa W Saragih (176444)    20 tahun yang lalu

 0 

Memotret IR memang harus pada awalnya menggunakan kamera film. Dan, memang harus film infra red, seperti:
Kodak HIE
Konica 750IR
Ilford SFX

Satu-satunya sebab adalah karena film yang biasa kita pakai adalah film yang merekam gelombang sinar tampak (pankromatik) dengan panjang gelombang sekitar 250-670 nm (nanometer). Sedangkan panjang gelombang sinar indra red adalah 700-1200 nm. Jadi adalah tidak mungkin merekam sinar infra merah menggunakan film biasa meskipun memakai filter IR karena film biasa (pankromatik) tidak bisa merekam sinar infra merah. Saya mencoba memakai filter IR di Nikon D100 ternyata sensornya mampu merekam sinar IR.

Berikut ini saya attach skema dari Spearmint's Guide to Infrared Photography. Semoga berguna.

Re: Efek Infra Red Pada Kamera Film

Oleh:  Fajar Widharta (7360)    20 tahun yang lalu

 0 

maaf nyelonong mas marsetyono, saya mempunyai cara mudah untuk memperolah hasil IR tapi saya pun belum banyak ber-eksperiment dengan methoda ini, jadi mohon maaf jika ada kesalahan. caranya: menggunakan film slide warna yang di cross processing (dijadikan negative), saya mendapat kontras yang lebih, lalu saya scan hasil tersebut dan saya olah di PS sebagai berikut: desaturate untuk menjadikan Black and White, lalu ambil channel merah-nya saja (atau kalo tidak bisa, hapus semua channel kecuali biru, dan kemudian ambil magenta, karena itu yang paling dekat dengan merah). hasil foto saya waktu itu ada disini: surreal autumn . moga moga berkenan, dan mohon saran dan kritik dari member lain. salam =)

Re: Efek Infra Red Pada Kamera Film

Oleh:  david hermandy (3403)    20 tahun yang lalu

 0 

Penggunaan film IR tidak bisa diganti dengan cara apapun. Banyak orang beranggapan IR cuma sekedar efek, padahal IR film memiliki kelebihan panjang spektrum yang tidak dimiliki film biasa.
Salah satunya adalah kemampuan menembus haze/kabut. Pernah saya memotret dengan teman, dari sudut pengambilan yang hampir sama, setelah diproses filh Kodak HIE yang saya pakai terlihat awan dilangit, sedangkan teman saya yang menggunakan Neopan 400 dengan Distagon 50mm tidak terlihat gambar awan pada negatifnya.
Menggunakan film IR memang sangat merepotkan, tapi kita bisa memperoleh hasil yang sama sekali tidak terduga, sering saya memperoleh gambar awan yang pada waktu difoto tidak terlihat.

Re: Efek Infra Red Pada Kamera Film

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    19 tahun yang lalu

 0 

...kalau pakai film biasa bisa, ngapain film IR dibuat ? .....