Nikon MB-16 modifikasi untuk Fuji S2 Pro

Oleh:  Ilias Irawan (57864)    20 tahun yang lalu

  0 

Mungkin sebagian rekan2 FN pernah tahu hal ini.
Saya coba arahkan ke link ini: Modifikasi Nikon MB-16

Di site itu memberikan gambaran bagi pengguna Fuji S2 pro untuk memanfaatkan battery pack Nikon MB-16 sebagai power source AF dan flash dimana aslinya menggunakan 2 jenis battery CR123A dan AA yg dianggap merepotkan.

Siapa tahu berguna.Gimana?

Re: Nikon MB-16 modifikasi untuk Fuji S2 Pro

Oleh:  Felix Kuntoro (6616)    20 tahun yang lalu

 0 

Thanks buat linknya mas.
Menurut pengalaman saya, hal untuk modifikasi ini dulu memang sempat rame waktu Fuji S2 baru muncul dan orang2 pada bingung karena harga bateri CR123 mahal. Tapi setelah Fuji membuat statement, bahwa bateri itu cuma dibutuhkan untuk Flash aja, dan setelah kebanyakan orang punya flash tambahan, jadi masalah bateri ini nggak jadi masalah lagi. Fuji S2 bisa berfungsi dengan baik TANPA bateri CR123 ini. Juga pengalaman saya walau bateri ini di pasang, nggak ada pengaruhnya apa2 dengan kecepatan fokus dsb. Malah walau flash di kamera nggak di pakai bateri ini lama2 bisa habis juga. Dan kalau habis, suka jengkelin, karena tahu2 di kameranya ERR semua (walau bateri yang AAnya masih kuat). Waktu itu saya sempat bingung, kok tahu2 ERR...setelah bateri ini saya keluarin, dan cuma pake AA (4x) biasa aja, jalan seperti biasa lagi. Jadi kalau pake bateri pack MB16, dan yang di bateri packnya itu habis tenaganya, bisa tahu2 ERR (di display, semua terkunci). Keuntungan CR123 cuma kalau lagi motret di siang hari dan butuh fill-in flash aja, nggak perlu bawa flash gede2 (meringankan beban). saya selalu bawa CR123 buat cadangan di tas, jarang di pake. Ini saya bagi pengalaman aja, ya....

Re: Nikon MB-16 modifikasi untuk Fuji S2 Pro

Oleh:  Ilias Irawan (57864)    20 tahun yang lalu

 0 

Sangat berharga sekali informasinya. Terima kasih atas input pak Felix.

Re: Nikon MB-16 modifikasi untuk Fuji S2 Pro

Oleh:  Kristupa W Saragih (176444)    20 tahun yang lalu

 0 

Menarik juga.
Bagi saya, MB-16 untuk Fuji S2 Pro adalah informasi baru.<br
Kalau benar MB-16 bisa untuk Fuji S2 Pro berarti bisa ada vertical grip dengan shutter release khusus dong. Di Nikon D100, ada option vertical grip MB-D100 yang punya shutter release button untuk posisi vertikal. Dan, setahu saya, untuk S2 Pro tidak ada opsi seperti ini.