Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Denny Hermanu (5182)    20 tahun yang lalu

  0 

Permasalahan yg sering saya hadapi dan mungkin sebagian teman-teman yang masih menggunakan kamera analog dan scanner yg kurang begitu canggih adalah hasil scan yg kurang tajam, seolah-olah foto kurang fokus, sehingga saya sering memperoleh komentar "kurang fokus". Membeli scanner yg lebih bagus atau sekalian membeli kamera digital itu merupakan penyelesaian akhir bagi yg mempunyai uang lebih, sementara saya ingin mengetahui apakah ada tips dan trik khusus untuk mengolah hasil scan sebersih mungkin.

Saya kurang tahu apakah topik semacam ini pernah muncul atau tidak, tapi ada baiknya kita coba bahas kembali, mungkin diantara rekan-rekan ada yg mempunyai ilmu, tips dan trik yg sudi membagi pengetahuannya kepada kita semua untuk menjadikan hasil scan foto analog seperti foto aslinya.

Terima kasih atas tanggapannya.

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Bambang Indrayoto (2642)    20 tahun yang lalu

 0 

Denny, scanner biasanya sudah bisa autofocus sendiri ke filmnya. Namun saya malah punya pertanyaan (seuhubungan dengan topik ini):

Kalau film dicuci, kan biasanya digulung. Kalau mau discan, biasanya suka nggak flat karena melengkung akibat digulung. Ada cara untuk bikin film jadi flat sebelum scanning ? Mungkin ini salah satu sebab nggak focus, kecuali scannernya bisa autofocus untuk tiap titik permukaan yang akan di-scan.

Terima kasih untuk Denny untuk topiknya. Mudah-mudahan pertanyaan saya melengkapi.

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Anjas I Gunawan (9597)    20 tahun yang lalu

 0 

saya juga punya problem yang sama... biasanya saya cuma mengeditnya lagi di PS dgn "sharpen" filter... hasilnya memang belum bisa seperti aslinya dan menurut saya masih belum maximum.
kalo ada teman2 yang bisa beri tips2-nya yang lain, thanx sekali...
sepertinya topik ini lebih pas kalo dipindah ke "Diskusi - Fotografi Umum"

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Mahatma Pandu Utomo (6467)    20 tahun yang lalu

 0 

setelah scan selalu pake Unsharp Mask (potoshop).. tapi ngeset amount+radius nyah jgn kebanyakan entar pecah potonyah.. ;)

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Dahono Fitrianto (7655)    20 tahun yang lalu

 0 

Itu juga merupakan masalah utama yang saya hadapi. Saya pakai CanoScan D660U. Selalu saja fotonya jadi soft..

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Denny Hermanu (5182)    20 tahun yang lalu

 0 

sepi ya ternyata gak ada tips dan trik yg bisa di sharing ke kita, atau kita yg kuno masih menggunakan analog.. hihihi [-0< berharap mudah-mudahan ada yg rela membagi ilmunya..

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Gerry Soetanto (1352)    20 tahun yang lalu

 0 

scan foto atau scan film, mas? bisa lebih spesifik?
secara global, scanner model ccd biasanya lebih aman karena dof- nya lebih dalam. yang lebih berbahaya adalah model led, karena materialnya melengkung dikit langsung deh hasilnya blur.

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Felix Kuntoro (6616)    20 tahun yang lalu

 0 

Menurut pengalaman saya, kalau fotonya di cetak, jangan pake kertas yang dof, tapi cetak di atas kertas mengkilat. scannya dengan resolusi tertinggi yang scannernya bisa, lalu di kecilin dan di tambah kontras dan sharp (unsharp mask) nya dengan program (misalnya Photoshop). Ohya, hasil fotonya juga harus optimal sekali. Kalau bisa jangan scan dari film kalau scannernya yang biasanya untuk scan kertas (seperti dalam pertanyaan: scanner yang kurang begitu canggih).

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Robby Ikhtiardi (1997)    20 tahun yang lalu

 0 

Eh iya, lebih maksimum mana scan dr slide/negatif langsung atau dari foto yang udah jadi???

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh: bambang wijanarko (2655)    20 tahun yang lalu

 0 

Jadi, gimana nih tip yang jitu untuk scan dari Slide ? saya juga perlu tahu nih. Trim sebelumnya. Mungkin Pak Goenadi Harjanto bisa urun rembuk disini ??

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh: P L Wisnoe Marmanto (600)    20 tahun yang lalu

 0 

Saya sudah ikutin saran pake kertas glossy, discan dengan 300 dpi (malah kadang lebih) dan di unsharp di PS, tapi kok ya tetep aja kritikannya "kurang tajam". Saya pake UMAX 2200. Tolong dong!!!

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Gerry Soetanto (1352)    20 tahun yang lalu

 0 

umax 2200 kalau gak salah termasuk low end, tapi bisa 600dpi. berdasarkan saran bung felix, kalau targetnya 300dpi, scan pada 600dpi, lalu resample ke 300dpi (simply put: resize ke 50%), baru unsharp mask.

lebih maksimum scan film atau foto, tergantung kebutuhan. kirim pasfoto buat avatar saja sih cukup scan dari foto 300 dpi, lalu resample ke 72 dpi. tapi globally, imo lebih baik scan film karena lebih bisa dikontrol. kalau sudah merupakan hasil cetak, data tiap pixel sudah fixed, tidak bisa dirubah banyak tanpa mengurangi/ merusak kualitas data masing2 pixel.

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Nugroho Adhi, FGPLE (778)    20 tahun yang lalu

 0 

Calo paling gampang: sebelum dicuci, filmnya dibawa aja ke lab, terus minta di film-scan. Saya pakai cara ini, selain menghemat biaya cuci cetak (cuma 30 ribu, sudah termasuk cuci film, cd dan indeks print)juga menghemat waktu (nggak perlu nge-scan satu per satu).
Itu harga di Jonasphoto jl. Banda, Bandung, untuk film negatif, kalau positif, 50 ribu per roll. Nggak tahu kalau di lab yang lain.

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh: Racky Budianto,Nda (672)    19 tahun yang lalu

 0 

25 ribu/roll negative di adorama.

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Christina Desitrivianti, Nina (49997)    19 tahun yang lalu

 0 

ooo pantesan aja foto2 sy sering dibilang nggak fokus...

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh: Febrian Ariyanto (1234)    19 tahun yang lalu

 0 

Adorama alamatnya di mana ya...?

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh: Mohammad yusufhaqqim (393)    18 tahun yang lalu

 0 

Iya Mas Racky adorama alamatnya dimana ?

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh: Jonathan Manullang (1376)    18 tahun yang lalu

 0 

Wuaduh,.. klo scanan saya problemnya lain lagi.. Grainnya jelas banget..
cuma klo pake vuescan grainnya ilang tp warnanya ga tepat (kaya auto balance gitu) pake silverfast bawaan scanner warnanya sih ok tapi grainnya itu loh ga tahan.. :( .. apa masalah di pilemnya ya ?? aku pake fuji superia x-tra 400.. dan denger2 klo pilem ini punya masalah ama grain.. ga ngerti juga gw... ada yang punya problem sama ? ato tau tip dan trik buat masalah gw,, PLIZ...

nb.
Gw pake scanner plustek opticplus 7200.. "katanya" bisa nyampe 7200 dpi beli kemaren CAD$220 skitar 2jt lah klo diconversi..

Re: Tips dan Trik Scanning

Oleh:  Ismurtyanto TN (16103)    18 tahun yang lalu

 0 

Saya mau scan negatif untuk dicetak di penerbitan, bagusnya resolusi berapa ya? Saya pakai Canoscan 8400F. ada yang punya trik dan tips?
Mau scan di Adorama, menteng terlalu jauh, karena saya tinggal di pulau Belitung hehehe.... padahal di situ bagus banget hasil scan negatifnya