Share: Dibalik 'magic' ............

Oleh:  Alim Sutisno (9571)    20 tahun yang lalu

  0 

Ini adalah penjelasan foto magic. Kata magic digunakan seperti layaknya pesulap, ingin menampilkan foto yg membuat penasaran cara membuatnya, jadi maap bila sengaja tidak ada data teknis pada foto.

Ini adalah keterangan sekilas cara membuatnya:

  • look who's jumpin'?, saya susun beberapa klipper diatas kaca, saat capture saya gerakan setumpukan buku di BG untuk efek panning.
  • Where the G goes?, saya susun beberapa maenan anak diatas kaca, untuk membentuk kesan barang2 tersebut mengambang tanpa gravitasi.
  • Liquid Coin, beberapa koin diatas kaca, saat capture saya gerakan sehingga seakan mencair.

Semua foto saya rangkum dalam folder

Semua proses di atas adalah tidak menggunakan PS untuk efek, dan 'magic' sesungguhnya tidak menggunakan kamera untuk meng-capture gambar, tetapi sebuah SCANNER yaitu HP Scanjet 5p.
PS saya gunakan untuk koreksi karena kaca scanner kotor, cropping, rotate, dan BW.
Dalam percobaan menggunakan Scanner untuk membuat foto, dimasukkan ide/konsep yg sesuai (judul) untuk menghindari kesan hanya meng-copy. Efek2 yg dihasilkan berasal dari scanner, sengaja dihindarkan dari kesan hasil olah PS, setidaknya rumit bila menggunakan PS. seperti pada look who's jumpin'? sengaja diberi efek panning bervariasi.

Percobaan juga dilakukan untuk foto2 Makro, dengan kemampuan scanner menangkap detil dengan jarak fokusnya yg sangat dekat dan zoom nya yg besar (5p mampu 12x), hasil foto sangat memuaskan dengan detil obyek yg tajam dan BG yg hitam atau gradasi.

Demikian yg bisa saya jelaskan, bagaimanapun Scanner dan Kamera punya kemampuan yg berbeda, karenanya bila membuat foto dengan kamera haruslah hasil fotonya tidak mungkin dicapai oleh scanner, tetapi bila hasil yg diinginkan cuma detil dalam makro misalnya pakai scanner aja, mudah!

Semoga memberi alternatif dan manfaat, selamat mencoba!!

buat sonnie: Thx yaa.., obrolan kita soal DPI scanner jadi ide tapi gak nyangka kan ini hasilnya?
Re: Share: Dibalik 'magic' ............

Oleh:  Rochim Hadisantosa (104553)    20 tahun yang lalu

 0 

keterangan: Topik ini dimuat ulang krn yg sebelumnya salah masuk folder bincang bebas, sekarang sudah di fotografi umum. thx.

Re: Share: Dibalik 'magic' ............

Oleh:  D. Setiadi (81319)    20 tahun yang lalu

 0 

Rerun, replay...:D

Re: Share: Dibalik 'magic' ............

Oleh:  Herman Sam Martino (3473)    20 tahun yang lalu

 0 

idenya boleh juga ...
salam kenal :)
D. Setiadi udah gosok gigi belum kok senyumnya gini >> :D <<