lensa yg bagus apa ya............

Oleh: kenny wijaya (337)    21 tahun yang lalu

  0 

saya baru punya camera nikon f80 sekarang pake lensa quantaray AF 28-90 saya berencana mau beli lensa yg jarak nya lebih jauh lagi sekitar 80-300 mendingan beli merek nikon biar sama, atau merek lain seperti tamaron, vivitar, dan lain sebagainya. terus saya baca di manual book nya, katanya kalo pake merek lain matrix metering dan kecanggihan lain nya nggak berfungsi dg tepat/nggak kompatibel terus bisa ngerusak kamera katanya bener nggak sih. terus merek apa dong yg bagus dan gambar nya tajam tolong pendapat nya teman2.....please.....

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh:  Herman Chandra (16264)    21 tahun yang lalu

 0 

Mas Kenny, sebagai pengetahuan saja tentang aneka lensa untuk F80-nya bisa lihat di www.nikon.com.sg untuk produk lensa Nikon hingga yang terbaru. Untuk info tentang lensa Sigma bisa lihat di http://www.sigmaphoto.com/html/lenses.htm
Maaf saya sendiri, kurang berpengalaman tentang kelebihan dan kekurangan aneka lensa untuk Nikon yang ada di pasaran. Lebih baik senior-senior Fotografer yang menjelaskan. Semoga bermanfaat. :)

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh:  Akhmad Sutrisno (80477)    21 tahun yang lalu

 0 

Saya pakai Nikon F80 dan pakai Lensa SIGMA 18-35 mm 1:3.5-4.5D Aspherical, hasilnya :http://www.fotografer.net/isi/galeri/lihat.php?id=25475 dan rencananya akan membeli Lensa Merk yang sama untuk 70-200mm

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    21 tahun yang lalu

 0 

....iya...saya pernah pakai hampir semua body NIKON. Dan lensa saya sebagian besar TOKINA dan SIGMA. Bagus tuuh.....Akhir-akhir ini saya pakai NIKON d100, lensanya TOKINA, juga OK-OK saja....jangan takut pakai selain NIKON.....pedoman umum, pilih yang mereknya sudah ternama seperti TAMRON, Tokina atau SIgma.........kalau ada yang mereknya PAILUL atau PAIJO, jangan dibeli!

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh: Dolli Gunawan (704)    21 tahun yang lalu

 0 

Bung Arbain, saya pake nikon dan tokina 28-70 pro juga lumayan...
Karena sebentar lagi mau saya wariskan ke adik saya...kira2 untuk penggantinya yg lebih bagus mana ya, tokina atau sigma...? TQ

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh:  R Soeryo Adi Tjahyono (3239)    21 tahun yang lalu

 0 

Sebenarnya sih emang nggak apa2, cuma kalo dipikir2... nikon tidak akan mengobral teknologinya untuk ditiru merk lain dan dijual lebih murah dari produk dia...

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    21 tahun yang lalu

 0 

Bung Doli, sulit untuk memastikan bagus yang mana. Sebaiknya Anda buka-buka majalah-majalah foto yang mengulas tes lensa. Lensa X unggul di kontrasnya, lalu mungkin lensa Y unggul di saturasi warnanya dll dll. Saya pribadi merasa lensa SIGMA lebih bagus daripada NIKON. Ini tolok ukur berdasarkan hasil foto yang saya buat. Jadi berdasarkan selera saya pada kontras dan saturasi warnanya. Selera orang mungkin lain lagi. Keberatan saya pada SIGMA adalah sangat ringkih. Dari 4 lensa SIGMA yang pernah saya punyai, belum ada yang umurnya bisa lebih dari 2 tahun. Kebanyakan yang zoom loncer mekanisme maju mundurnya ("ogleg" kata orang Jawa). Kalau yang bukan zoom, karetnya cepat memuai ("nglokor" kata orang Jawa). NIKON memang kampiun dunia, tapi konsentrasinya terpecah banyak: bikin kamera, lensa, kacamata dan juga barang-barang digital. Saya masih lebih percaya bahwa perusahaan yang fokus pada satu produk, akan menghasilkan produk yang lebih unggul. Percaya tidak: sebelum Nikon bikin 80-200/f2,8 TAMRON udah duluan bikin ? Jadi, untuk lensa, saya sering memilih selain NIKON. Dalam waktu dekat saya mengincar Tamron 14 mm.

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh:  Heri C., Winale (5653)    21 tahun yang lalu

 0 

Gear saya sekarang Nikkor AF 50mm, Nikon 35-135 mm, Tamron 24-70mm dan Tamron 70-300mm. Yang disebut terakhir belum maksimal saya eksplorasi. Beberapa foto ada sedikit mengecewakan dan masih ingin saya temukan di mana sebabnya. Apakah faktor man behind the gun atau memang lensanya. Tiga yg disebut pertama saya puas sejauh ini.

Pendapat2 senior di atas benar adanya. O ya, sebetulnya karena kocek aja yg nggak tahan, kalau bisa milih keinginan sih semua gear yg saya punya Nikon doang. :)

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh:  Fadil Aziz (7946)    21 tahun yang lalu

 0 

Tergantung budget anda. Kalau budget OK, just go for the Nikon pro lenses. The best value for your money. Selain tahan lama, disitu ada teknologi AFS, VR, CRC utk wide angle dan Nikon terkenal lens coating-nya. Cek produk Nikon : <a href=http://www.nikon-image.com/eng/Nikkor_Lenses/index.html>product lineup</a> (http://www.nikon-image.com/eng/Nikkor_Lenses/index.html) Cek kualitas lensa Nikon salah satunya : disini (http://kenrockwell.com/nikon/nikkor.htm)

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh:  Goenadi Haryanto (69924)    21 tahun yang lalu

 0 

Ada sebuah issue, beberapa tahun yang lalu, bahwa lensa-lensa kamera Jepang (dan beberapa kamera Jerman), dibuat oleh sekumpulan pabrik dengan merk pemesannya. Maksudnya begini; Lensa Nikon yang kita miliki, mungkin saja dibuat di pabrik Tamron, dengan spesifikasi dan quality control dari Nikon.
Contoh yang jelas adalah: Lensa2 Carl Zeiss, yang saya miliki untuk Contax gear saya, ada yang buatan Jerman dan buatan Jepang, padahal typenya sama-sama: Planar 50 mm, F=1,4.
Kamera mid format Bronica, dulu lensanya Zensanon, sekarang setelah perusahaannya diakuisisi oleh Tamron, lensanya menggunakan Tamron, padahal katanya kualitasnya sama...jadi... sama saja, bukan? Kita kayaknya terperangkap kiat2 pemasaran dan promosi para produsen lensa.
Minggu lalu, dalam salah satu acara Focus 2003, para peserta dicerahkan oleh Batere ABC, bahwa sejumlah besar batere di dunia, dibuat di pabrik mereka, di Jakarta, cuma lain negara, lain merk dagangnya.
Kenyataan bahwa performa satu lensa dengan lensa lain berbeda, itu pasti (karena konstruksi dan bahan dasar belingnya), dan setiap merk punya lensa unggulannya. Selain itu, seperti dipaparkan oleh Bung Arbain dan Bung Ahmad Sutrisno, selera pribadi juga memainkan peranan penting dalam menentukan pilihan.
Namun, yang terpenting adalah menghasilkan foto yang bagus, apapun photo gear kita.

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh:  Feri Latief (10508)    21 tahun yang lalu

 0 

Setuju! Dalam Industri itu sangat mungkin apa yang dikatakan Pak Goen. Di Perancis katanya ada pabrik yang khusus membuat mesin-mesin untuk BMW, Mercy, Pegeot dsb. Di Indonesia setahu saya pabrik Mie Salami di Jawa Timur memproduk mie untuk CNI dan Indo Food memproduksi beberapa merk mie terkenal. Yang pentingkan produk buatan mereka sesuai dengan TOR yang diajukan pemilik merk dengan standar mutu tertentu.

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh:  Hasbi Azhar (1832)    21 tahun yang lalu

 0 

hmmm.... :-?

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh: kenny wijaya (337)    21 tahun yang lalu

 0 

thanks banget jawaban dari senior2 emang sangat memuaskan, saya dapat site ini dari majalah foto media beli mahal2 hampir 30rb tapi informasinya cetek banget mendingan login geratis di sini dan dapatin lebih banyak.heeee..... setujuuuuu....????????

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh: Ronny DM (74)    21 tahun yang lalu

 0 

liat majalah foto aja mas...banyak tes-nya...trus sekalian tentuin buat motret apa lensanya....setuju ama mas arbain merk paimin juga jangan dibeli....:)

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh:  Andrian Purnama T.S. (10973)    21 tahun yang lalu

 0 

Tamron 70-300 bagus dan gak mahal-mahal banget

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh:  Andreas Darmosaputro (18715)    21 tahun yang lalu

 0 

Saya pakai Sigma 70-300 APO Super Macro - hasilnya bagus untuk Canon EOS5 saya, tapi dipakai di EOS10D hasilnya soft. Ada teman pakai Nikon F80 dengan lensa yang sama versi Nikon, hasilnya bagus juga. Waktu saya beli harganya sekitar 1.7 juta - oke kok, makronya bisa 1:2.

Re: lensa yg bagus apa ya............

Oleh: M Riza Hidayat (424)    21 tahun yang lalu

 0 

untuk foto s/d 4R....semua lensa bisa jadi bagus.tapi untuk diatas 12R....hehehe, ntar dulu...kalo emang rata2 foto2 anda dicetak sebesar ini,mending pake lensa Nikkor 80-200/2,8 AF-S ED;Nikkor 70-200 AF-S VR;or yang rada murah meriah AF-D Nikkor 70-210/4-5,6....AF Nikkor 70-300/4-5,6D ED ?hehe,setelah 3 bulan pake, saya berhasil menjualnya A.S.A.P...distorsinya itu lhooo...merk lain? SIGMA 70-200/2,8 EX HSM or 100-300/4 EX HSM juga sippp...kalo anda bisa nemuin yg jual :D (ada yg bisa bantu/or tau DEALER SigMA di sini?)