Flash SB 28 Dx ... Tolonggg....

Oleh:  iqbal abidin (5804)    20 tahun yang lalu

  0 

Teman-teman.. saya sedang bermasalah nih dengan Flash nikon SB 28 Dx. O ya.. saya pakai kamera nikon F601 AF. Masalahnya fungsi TTL ngak pernah jalan sesuai dengan semestinya. Misalnya kalo titik api lensa kita panjang pendekan, tidak ada respon dari Flash, terus dalam manual nya bilang apabila cahayanya terlalu redup SB 28 Dx akan mengeluarkan cahaya untuk membantu kamera memfokus objek. Tapi kenyataan tidak... Dan sering banget photo saya jadi over pake SB 28 Dx.. Teman-teman tolong saya, Desperate banget nih...

Re: Flash SB 28 Dx ... Tolonggg....

Oleh:  Irwansyah S (52460)    20 tahun yang lalu

 0 

Iqbal,

Kalau di Canon, ada body tertentu yang tidak mau pakai AF assist light dari flash, sebaliknya tetap memakai assist light bawaan body. Ada body tertentu pula yang bisa kita pilih mau pakai AF assist atau tidak, artinya AF assist bisa di ON/OFF kan.

Kalau sering over ada beberapa kemungkinan misal: flashnya dalam setting manual, pengukuran cahaya yang salah berhubung BG banyak hitamnya (dalam hal ini pakailah Flash Compensation atau Flash Exposure Lock)

Yang saya ceritakan semua adalah untuk kamera Canon dan saya rasa cara kerjanya tidak beda jauh.

Yang "beragama" Nikon mohon bantuan dong.

Cheers,
Irwan

Re: Flash SB 28 Dx ... Tolonggg....

Oleh:  D. Setiadi (81319)    20 tahun yang lalu

 0 

Penggemar CANON,
SB 28DX itu memang ada!
Orang si Iqbal tanya NIKON kok dijawabnya CANON..... ;)

Re: Flash SB 28 Dx ... Tolonggg....

Oleh:  Heri C., Winale (5653)    20 tahun yang lalu

 0 

"Agama" kita sama mas Iqbal, kebetulan kamera kita juga sama, yg beda cuma "Dx"-nya! :) saya punya SB-28 doang. Kalau belum melihat manual SB-28 Dx, wah maaf sekali ya mas, saya tidak bisa kasih koment. Barangkali mas Mustafa Kamalullah bisa kasih saran, soalnya dia main2 terus dengan SB-28 Dx!

O ya, coba apa sudah pernah membandingkan penggunaan SB-28 Dx dalam TTL, Auto dan Manual? Untuk melacak sebab-sebab itu, catat semua kondisi setting camera dan flash. Saya yakin dari situ nanti akan ketahuan.

Re: Flash SB 28 Dx ... Tolonggg....

Oleh:  Eka Alam Sari (9096)    20 tahun yang lalu

 0 

sudah lihat manual book-nya?

Re: Flash SB 28 Dx ... Tolonggg....

Oleh: Ali Lutfi (2099)    20 tahun yang lalu

 0 

mas SB 28 DX itu didesain untuk kamera-kamera nikon seri digital. keluarnya bareng dengan nikon seri D1. jadi ya mau gimana lagi kalo pengen maksimal SB 28 DX nya ya harus pake kamera digital SLR. Tapi kalo program selain TTL masih bisa kok dipake untuk kamera analog. saya pake SB 80DX seri terbaru dari flash nikon n kameranya D-100.

Re: Flash SB 28 Dx ... Tolonggg....

Oleh:  Yoni Tan (13785)    20 tahun yang lalu

 0 

Ada temen yang nitip pesan nih :
Nikon F-601 tidak bisa mengirimkan data mm lensa ke flash sehingga semua flash yang memiliki fasilitas zoom head tidak akan berfungsi dengan Nikon F-601. Khusus untuk zooming flash itu harus memakai manual. Utk meteringnya tetap bisa jalan asal diset ke TTL. AF Assist light itu sebetulnya tidak ada masalah tetapi yang nyala itu yang merah kalau di F601. AF assist light di SB28DX itu juga cancellable.
Mungkin bisa dicoba dulu deh n nanti hasilnya disampaikan diforum.

Re: Flash SB 28 Dx ... Tolonggg....

Oleh:  iqbal abidin (5804)    20 tahun yang lalu

 0 

Terima kasih kawan-kawan atas sarannya, aku mau coba-coba dulu deh..