lensa yg cocok untuk foto infra red KODAK

Oleh:  Wisnu Pati (3481)    20 tahun yang lalu

  0 

kepada rekan2 yg pernah motret pakai film infra red tolong dong bagi2 pengalamannya: pakai lensa apa saja wide ato normal , pakai yg lensa auto fokus bisa nggak ?, trus bukaan diafragmanya berapa, jam berapa, pakai asa berapa, matur nuwun

Re: lensa yg cocok untuk foto infra red KODAK

Oleh:  Danny (13075)    20 tahun yang lalu

 0 

bukaan pada 16 atau 22

Re: lensa yg cocok untuk foto infra red KODAK

Oleh: Bren W (879)    20 tahun yang lalu

 0 

Kl saya boleh memberi saran : lensa yg plg cocok untuk HIE Kodak menurut saya, lensa 85/1.4 manual lens, mengenai asa/iso terserah anda karena HIE Kodak termasuk film berspeed tinggi (High Speed Infra Red)...mungkin anda perlu mencobanya di iso 800 s/d 3200 tergantung selera anda, dengan menggunakan filter dark red..Kalo anda mo mencoba lebih baik pada saat tenagh hari (daylight) dengan bukaan kecil (8,11,16,22,64 dst) atau dg bukaan besar (4,2.8 dst dg menggeser fokus ke IR spot lensa. terima kasih.

Re: lensa yg cocok untuk foto infra red KODAK

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    19 tahun yang lalu

 0 

Cahaya infra red punya titik fokus yangt berbeda dengan cahaya biasa. Jadi, kalau di jendela bidik tampak fokus, belum tentu akan fokus di filmnya nantinya.

Itu sebabnya ada penanda khusus untuk pemotretan IR pada lensa-lensa tertentu. Kalau kita tidak punya lensa jenis ini, diafragma sekecil mungkin (22 misalnya) cukup menolong. Selain itu, lensa wide yang DOF nya panjang juga menolong.

Semua foto IR saya pakai wide angle.....