Mungkinkah Infrared Photography dengan Digicam ?

Oleh:  Yoni Tan (13785)    20 tahun yang lalu

  0 

Saya ingin bertanya lebih banyak tentang fotografi infrared ini karena gambar - gambar yang dihasilkan tampaknya cukup menarik tetapi saya sendiri tidak tahu apakah gambar-gambar tersebut itu karena pemakaian filter R72 saja ataukah karena benar2 termasuk kategori infrared fotografi.

Saya merujuk pada URL berikut ini Infrared (IR) basics for digital photographers—capturing the unseen

Mungkin rekan-rekan yang sudah sering mencoba IR fotografi bisa memberikan pendapatnya lebih lanjut atas artikel URL diatas, sekalian juga memberi pencerahan. Makasih sebelumnya.

Re: Mungkinkah Infrared Photography dengan Digicam ?

Oleh:  Ucok P. Harahap (40158)    20 tahun yang lalu

 0 

Coba pake Opaque Filter dan liat hasilnya.....

Re: Mungkinkah Infrared Photography dengan Digicam ?

Oleh:  Cahya T. Jatmiko (9126)    20 tahun yang lalu

 0 

Mungkin sekali. Saya termasuk relatif baru mencoba IR photography digicam. >>apakah gambar-gambar tersebut itu karena pemakaian filter R72 saja >>ataukah karena benar2 termasuk kategori infrared fotografi dua-duanya benar, utk menghasilkan fotografi IR dg digicam dibutuhkan filter IR macam Hoya R72 itu (untuk melewatkan CUMA cahaya IR saja yg sampai ke ccd). Kalau dg kamera filem biasa, ya kudu pakai film yg peka IR. Prinsipnya adalah 'membakar' film atau ccd (kalau digital) dg cahaya infrared SAJA. Namun utk kamera digital umumnya mesti diperhatikan juga apakah ccd sensornya peka IR atau enggak. Konon kamera digital dengan 2-3 megapixel paling cocok utk IR photo, karena ccd nya masih peka banget dg IR. Sedangkan kamera2 keluaran baru 5-6 megapixel biasanya dilengkapi dg 'hot mirror' atau pemantul panas, maksudnya ya supaya cahaya IR tidak mengenai ccd nya (biar gambarnya lebih bagus kali). saya lupa URL nya, ada kok org yg bela2in mbongkar kamera digitalnya buat mencopot hot mirror ini, supaya bisa ber IR photography ria. Cara gampang ngetes ccd kamera anda peka atau tidak: nyalain kameranya terus di depan lensanya arahkan sinyal infrared dari remote TV atau remote control IR lainnya...kalau peka di layar LCD akan tampak spot2 putih dai LED IR remote. Saya sendiri pakai Heliopan IR filter (89B), ndak tau apa maksutnya 89B (kemungkinan berhubungan dg rentang panjang gelombang yg difilter) Foto ini saya ambil di semacam rumah kaca di kebun binatang. Saya pikir karena tempatnya panas pasti IR sekali nih...hehhehe. Btw, URL di atas sudah luengkap puoll kok. Salam.

Re: Mungkinkah Infrared Photography dengan Digicam ?

Oleh:  Edgar Manik (625)    20 tahun yang lalu

 0 

Mendingan di coba langsung sih mas yoni. Tuh di thread hunting carita, gue upload contoh foto D100 + filter Ilford SFX 200 (very deep red, mirip filter kodak wratten #89, kalau gak salah nomer :) ). Setahu gue, gak semua camdig sukses untuk IR photography.

Re: Mungkinkah Infrared Photography dengan Digicam ?

Oleh:  Yoni Tan (13785)    20 tahun yang lalu

 0 

Mas Edgar, itu yang gambar Sunset khan ??? Lha saya pingin tahu bedanya jikalau tidak pakai IR bagaimana. Selama ini saya liat dari URL rujukan diatas itu seolah-olah hanya permainan warna dan tidak tampak sesuatu yang baru krn tampaknya IR difoto.

Mas Cahya, saya sudah mencoba sampai tahap remote test itu dan memang tampak kok.

Selama ini saya melihat hanya gambar IR dengan film tapi tanpa suatu perbandingan dengan yang tanpa IR.

Re: Mungkinkah Infrared Photography dengan Digicam ?

Oleh:  Edgar Manik (625)    20 tahun yang lalu

 0 

Sebenarnya, warna IR itu enggak ada. Lah, orang IR kan invisible light, kagak bisa dilihat dengan mata, jadi bisa tahu gimana warnanya? Kalau gak salah, di digital, bisa terjadi adalah false color, warna yg lari. Kalau di film IR sendiri, yang BW, tergantung dari respons pantulan cahaya IR-nya. Kalau pantulan cahaya-nya kuat, seperti daun hijau, akan kelihatan putih. Langit biru biasanya ke blok ama filter IR jadinya berwarna hitam.

BTW, foto yang saya upload adalah di hunting carita, thread-nya si Barry Kusuma, bagian bawah ada gue upload foto daun2 hitam putih, dimana daunnya kelihatan jadi putih.

Re: Mungkinkah Infrared Photography dengan Digicam ?

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    19 tahun yang lalu

 0 

.......kan sudah banyak foto IR dari kamera digital di FN ?

Re: Mungkinkah Infrared Photography dengan Digicam ?

Oleh:  Arbain Rambey (103716)    19 tahun yang lalu

 0 

...night shot itu IR juga...pada beberapa jenis kamera, sang kamera sendiri memancarkan sinar IR yang lalu dipantulkan objek dan diterima sensornya sendiri...

Was: Mungkinkah Infrared Photography dengan Digicam ?

Oleh:  Bowo W. Suhardjo, BOWO (13491)    19 tahun yang lalu

 0 

Maaf agak nyimpang dikit nih..... Apakah mungkin 300d dengan lensa bawaannya bisa dipakai untuk IR Tks