Minta pertimbangan pake Wacom

Oleh: Kifli Andalo (7)    18 tahun yang lalu

  0 

Salam kenal untuk semua...
Mau tanya nih buat mas-mas, bapak-bapak, pemakai Wacom atau Pen Tablet merek lain. Apa bener pemakaian device ini lebih mempermudah kerja2 grafis di compy? Katanya juga bisa berfungsi sebagai mouse, apa gak kesulitan tuh makenya?
Mungkin kalo bisa dilanjutin, ada yang bisa sharing pengalaman pertama pake Wacom-nya?
Sekarang telapak tangan saya gak bisa tahan lama lagi megang mouse. Sering terasa kesemutan dan panas di bagian pergelangannya. Akibatnya kegiatan editing pake sotosop agak terganggu. Apa mungkin salah posisi pegang mouse?
(ini nanya Wacom apa forum kesehatan ya... :) )
oh iya, tablet yang enak dipake yang gede ato yang kecil?
makasih sebelumnya....

Re: Minta pertimbangan pake Wacom

Oleh:  Arief Setiawan (74146)    18 tahun yang lalu

 0 

Secara garis besar, Wacom itu ada yang jenis Graphire dan Intuos. Graphire badan pen nya kecil dan tidak dilapisi apapun. Intuos, pen nya lebih besar, ergonomis dan sangat nyaman karena dilapisi oleh karet pelindung. Anto tidak tau, apa karena salah pegang mouse dapat menyebabkan kesemutan, tapi logika nya kalo kita terlalu lama menekuk pergelangan tangan, otomotis aliran darah akan terhambat.

Pengalaman pertama memakai Wacom sangat aneh. Karena posisi kita memegang pen tapi tidak boleh menyentuh permukaan Pen Area (base) nya. Gerakan menyentuh atau menyentuh dan menarik sama dengan klik atau klik dan drag. Tingkat kemiringan dan tingkat kekerasan kita menyentuh base juga mengindikasikan intensitas tool brush di photoshop. Diusahakan pada saat awal belajar, Pen Area dipilih yang paling kecil, sekitar 4x5 in, supaya tangan dan jari2 kita tidak capek "bergerilya" di bidang yang luas. Pengalaman aneh ini berlangsung kurang lebih antara 3 hari s/d 1 minggu. Sehabis itu kita dipastikan udah lancar kok. Setelah lancar, biasanya kita akan sedikit kagok ketika menggunakan mouse lagi.

Semoga berguna and CMIIW. Salam.

Re: Minta pertimbangan pake Wacom

Oleh:  Salahudin Damar Jaya, Jaya (45223)    18 tahun yang lalu

 0 

kalo saya pakai mouse dan pen tablet (merek wacom yang 4x5 inchi), pemakaian tergantung apa yang sedang dipakai, kalo hanya sekedar pointer/penunjuk (seperti klik dan drag) saja saya lebih enak pake mouse, sedangkan kalo memerlukan gerakan yang presisi seperti menggambar (di corel atau PS) dan yang memerlukan tekanan untuk tebal tipis garis (juga besar kecil transparansi) sama gunakan pen tablet.

Memang memerlukan kebiasaan untuk dapat leleuasa menggunakan pen tablet, awalnya memnag canggung, malah bisa lebih capek pergelangan tangan dan telunjuk kita, tapi lama-lama malah lebih enak, bisa mempercepat (sampai 2-3 kali lipat) gambar/arsiran pada pemakaian PS.

Besar kecilnya bidang tablet bergantung kebutuhan, kalo hanya kegunaan umum yang 4x5 sudah lebih dari cukup, tapi untuk seniman gambar yang memerlukan persisi tinggi untuk menggambar perlu lebih besar, tapi akibatnya tangan lebih capek karena gerak tangan harus lebih banyak (selain pergelangan tangan, siku lengan juga harus bergerak)
Saya juga mengalami seperti anda rasakan selain kesemutan juga kapalan di telapak daerah lengan, sering perih karena terlalu lama memakai mouse.
Semoga berguna

Re: Minta pertimbangan pake Wacom

Oleh:  Kenrick (4739)    18 tahun yang lalu

 0 

beli yang intuos 3 ukuran a5 udah cukup kok(kecuali anda artist pro).
saya merekomendasikannya karena saya sudah pake lama dan gak rewel alias gak pernah rusak. kalo pake disandingkan dengan mac lebih enak lagi, tinggal masukkin cdnya udah beres gak usah kalibrasi dan semacamnya, tidak seribet di pc.

lebih enak buat masking di photoshop.
cuma emang wacom saat ini hanya digunakan oleh digital artist aja..
semoga berguna..
salam..

Re: Minta pertimbangan pake Wacom

Oleh:  Yadi Yasin (116383)    18 tahun yang lalu

 0 

Setuju dgn kak Anto... persis pengalaman saya dulu dan terulang lagi sebulan yg lalu.

Saya punya Wacom ArtPad II, beli thn 97-98an, buat gaya-gayaan doang waktu itu ;)
Krn nggak pernah edit serious (seleksi/masking, burning ataupun dodging) di foto2 landscape saya, akhirnya Wacom itu pensiun, disimpen aja selama beberapa tahun belakangan .... trus mulai sebulan lalu, gara foto2 IR yg butuh seleksi macem2, akhirnya Wacom itu saya pakai lagi, dan merasa lebih enak untuk edit gambar2 IR terutama utk seleksi/masking layer2nya ..... :)

Kalau untuk pointing device... saya lebih prefer tetap memakai mouse

Re: Minta pertimbangan pake Wacom

Oleh:  Irwansyah S (52460)    18 tahun yang lalu

 0 

Kalau dibandingkan dengan memakai tablet PC semacam Toshiba Portege M200, enakan mana ya?.

Re: Minta pertimbangan pake Wacom

Oleh: Kifli Andalo (7)    18 tahun yang lalu

 0 

pa Arief sendiri pake wacom apa?
saya perlunya kayak pak yadi, retouch, masking, masih di bidang image aja. jadi kayaknya 4x5 udah cukupan ya? pengennya sih bisa illustrate sesuatu, tapi jadinya ya gunung dengan matahari di tengah2 nya :">
ga bakat nggambar...
abis browsing intuos memang lebih powerful, tapi graphire kayaknya lebih pas di kantong orang kos2an. :) .
pak salahudin dulu beli berapa rupiah pak? -- kalo bisa beli yang Toshiba Portege M200 itu =P~ , kayaknya lebih enak ya, bisa sambil jalan-jalan cari inspirasi, ciee...--

Re: Minta pertimbangan pake Wacom

Oleh:  Irwansyah S (52460)    18 tahun yang lalu

 0 

Masalahnya kalau tablet katanya cuma punya resolusi tablet sensor 256-an lpi, sementara kalau intious3 1024 dan graphire 512.

Makanya saya tanyakan, karena enakan punya laptop yang sekalian bisa jadi tablet, tapi apakah sensitifitas yang hanya 256 itu ngaruh nggak ya?.