hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  Wieryono M Linggadihardja (6515)    18 tahun yang lalu

  0 

sebelumnya saya ud ngeliat dari topik sebelumnya.. tapi blom ada yang jawab pake infusan... soalnya kalo pake infusan 1 botol mesti ganti beberapa kali cartrige... (estimasi) dirumah...

kalo pake sistem infus... hm... kira2 aja yah...
empat warna (botolan) cmy ama black sekirar 150.000
ditambah... cartrige nya sekitar 250.000...
total... hm..... 400.000
blom kertas..... 1 lembar A4 kira2 5000 deh... kotornya yah....
ini ngak tau bisa cetak berapa banyak foto untuk ukuran 4R....

kalo di lab.. yang paling murah dengan kualitas bagus glossy 4R.. kira2 2000 perak (fuji citraland) tau deh yang lain.. mungkin ada yang lebih murah lagi??? dengan kulitas terjamin??? hehehe...
kalo 400.000 perak dibagi 2000.. dapet 200 lembar....
ini bloem parkir, biaya bensin.. kira2 dari rumah ke citraland hm... makan 4 liter kali yah... blom haus.. en laper di citraland... wkakakakak... canda deh... (yang makan ama haus jangan dimasukin cost)

yang saya mau tanya neh.... mana yang lebih efisien???? ada yang sistem infus dirumah??? bagi2 pengalaman donk... memang dirumah ngak bisa menandingi kualitas lab... cukup menyamai aja... gt loeh.... bagi yang pake sistem infus ganti satu set botol (4 warna) kira2 dapet brapa lembar foto ukuran 4R?? ud gt saya ada rencana buat ganti sistem infus... (printer HP 3650) bukan nokia loeh... :)biaya pembuatan sistem infus berapa yah??? ada yang tau... hehehe... yang lain juga bagi donk itung2an nya... itung2an nya yang jelas yah.... dari kertas yang dipakai, tinta yang dipakai.. sampai problemnya... sampai kualitasnya...

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  Sandjaja Kosasih, SanKo (29705)    18 tahun yang lalu

 0 

Kalau cetak 3R, 4R, 5R, 10R masih murah di lab cetak dibanding pakai sistem infus. Tapi kalau sudah cetak ukuran A3 baru lebih murah pakai infus. Tapi kalau mau bener-bener yang kualitas bagus jangan yang pakai 4 tinta, pakai printer yang pakai 7-8 warna tinta (C, M, Y, K, LC, LM, LK). Juga jangan pakai tinta infus yang murahan, pakai yang agak bagus dikit.

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  Ilias Irawan (57864)    18 tahun yang lalu

 0 

System infus untuk printer HP rada rumit dibandingkan dengan Canon atau Epson yang tinggal tancep dan pakai.

Untuk HP, cartridge asli anda akan di modifikasi dulu baru bisa pakai system infus. Dan prakiraan biaya nya, termasuk kit infusnya (tanpa tinta), berkisar Rp.400ribu-Rp.500ribu loh untuk type 4 color. Memang lebih mahal dari yang Canon dan Epson.

Salam...

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  Erwin Ferdiana (20896)    18 tahun yang lalu

 0 

saya biasa cetak 4R Rp1250, kl pake printer lebih mahal jatohnya... jadi ya mending cetak di lab... :D

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  Barry Kusuma (61780)    18 tahun yang lalu

 0 

hmm..kalo dibandingin sebenarnya jauh untung cetak dilab kemana mana, saya bisa dapet cetakan 4R Rp 1200. temen ada yang pakai tinta infus, pertama kualitas cetakan banyak yang engga kejaga. dan banyak trial error, dari segi waktu jelas sangat tidak efisien. Not recomended banget buat fotografer komersial spt wedding misalkan..nah yang terakhir tinta infus gampang luntur dan berubah warnanya kalo dah lama.. kalo buat iseng dan coba2 mah ga masalah, tp kalo dari segi waktu dan duit...ya jauh cetakan lab, kalo ada cetakan jelek bisa diulang hehehe..

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  Amril Nuryan, momoclax (48371)    18 tahun yang lalu

 0 

Sekarang udah ada printer yang pake 8 tinta..... brrrrrrr, banyak amat nyak !... kualitasnya udah bisa nyamain cetak lab...
mungkin untuk saat ini biaya produksi dengan 8 tinta masih lebih mahal, tapi teknologi kan turun terus harganya, jadi tunggu aja kalo emang mo nyetak sendiri dirumah

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  david hermandy (3403)    18 tahun yang lalu

 0 

paling murah ngeprint di kantor :-"

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  FNU Brawijaya (4664)    18 tahun yang lalu

 0 

Kok belum ada yg bicara mutu kertas (dan tinta).... Sampai setengah tahun lalu, mutu kertas untuk ink jet printer masih 10 tahun. Ada yg garansi 30 tahun, tapi siapa yg bisa percaya. Kalau nge-print seperti foto film biasa secara teori bisa 100 tahun.... teorinya....

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  Hans T Winata (62931)    18 tahun yang lalu

 0 

kalo printer 4 warna mendingan cetak di lab lebih tajam jauh ,
kalo printer 6 atau 8 warna baru kualitasnya mirip dgn hasil lab , cetak kecil maupun cetak besar enaknya adalah konsistensi akurasi warnanya krn kita bisa adjust dan kalibrasi sendiri sesuai tampilan monitor , kalo itungan efisiensi tetap aja lbh efisien di lab, coba itung depresiasi dan nilai printernya ,kertas dan maintenance nya .

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  Sandjaja Kosasih, SanKo (29705)    18 tahun yang lalu

 0 

Satu lagi keuntungan cetak sendiri adalah kerahasiaan foto. Untuk yang urusan ini biar cetak 4R ya lebih baik cetak sendiri. Kedua adalah kecepatan. Saat ini sudah ada tukang foto keliling yang cetak pakai inkjet printer.

Mengenai mutu kertas, sepertinya sudah makin baik karena produsen seperti Kodak juga sudah mengeluarkan kertas untuk cetak inkjet. Memang mengenai jaminan ketahanan gambar masih kalah lama dibanding yang diproses secara kimiawi.

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  Deria Lexon Aritonang, Derry (11757)    18 tahun yang lalu

 0 

Mas Wieryono, variable cost utk transport, makan/minum, parkir, tetap harus dihitung jika ingin membandingkan tingkat efisiensi keduanya.

Untuk cetak di printer juga harus dilihat kertas yang digunakan.
Sebagai ilustrasi (saya menggunakan Epson Stylus PHOTO 1290):
- Jika menggunakan kertas Premium Photo Paper Epson (original) sekitar Rp. 500.000/20 lbr, 1 lbr = Rp. 25.000,-
- Jika menggunakan kertas Photo merek lain buatan China sekitar Rp. 40.000/20 lbr, 1 lbr = Rp. 2.000,-

Tapi kualitas hasil yang digunakan (baik menggunakan tinta original maupun infus) jauuuuuh lebih bagus dgn kertas Epson.

Kenapa harus diperhitungkan cost transport dll?
Untuk cetak 1 atau 2 lembar misalnya kenapa harus datang ke lab, kecuali labnya disebelah rumah. Tapi jika harus mencetak puluhan lbr, tentu lebih efisien cetak di Lab donk. Silahkan hitung sendiri ya Mas...!

Untuk instalasi tinta infus dng 8 warna sekitar Rp. 600.000,- dan perbandingan penggunaannya sekitar 1:5

Semoga bermanfaat.

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  David (5752)    18 tahun yang lalu

 0 

Saya pakai epson R210 dengan sistem infus....dengan 6 warna. Untuk sistem infusnya termasuk bagus dan tidak mahal...saya sudah pakai sekitar 4 bulanan (hampir tiap hari ngeprint) dan untuk warna ngak terlalu jauh dengan hasil cetak digital tempat lain.

Untuk kertas saya pakai mitsubishi glossy photo paper, lumayanlah A4 bisa buat cetak 4 foto sekaligus.

Tapi paling sip kalo ada mesin laminasi (yang pakai tangan bukan pakai pemanas) untuk bikin foto lebih awet lagi....sekitar 1 jutaan deh kalo ngak salah yang kualitas lumayan.

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh:  Wieryono M Linggadihardja (6515)    18 tahun yang lalu

 0 

Dery: wah makasih banyak neh infonya... mungkin cetak di lab aja kali yah... hehehe

david: R210 nya untuk pergantian 4 botl kira2 dapet brapa foto yah mas????

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh: Fajar Surya YP (175)    18 tahun yang lalu

 0 

Wah kita punya pengalaman seru (naas) soal itung2xan ngeprint ndiri ato ke percetakan... kemaren ada order buku jumlahnya 110 exemplar, size A4, 55 lembar 116 halaman bolak-balik... tanya-tanya percetakan ongkosnya +/- 4,5jt-5jt'an.... mo hemat akhirnya kita beli ambil printer laser, itung2xan diaatas kertas sih bisa saving 2jt'an, selai itu jg untuk invest ke depan...

Prakteknya kita isi ulang toner sampe 8 kali plus beli satu cartridge original baru... udah capek mondar-mandir, plus hasilnya ternyata kurang memuaskan.. so guys kadang itungan di atas kertas bisa meleset nggak sesuai kondisi di lapangan

Re: hitung2an ngeprint dirumah ato di lab...

Oleh: Mirza Ichwanuddin (573)    18 tahun yang lalu

 0 

Saya Sabtu (10/12) iseng2 jalan2 ke Depok Town Square. Ada yg jualan printer dgn sistem infus. Systemnya klo ga salah merk speed. Juga nyediain tinta dan kertas dgn merk yg sama katanya sih buatan China. Aku dikasih gratis pake sebanyak 3 lembar, krn baru coba2 2 gagal dan 1 lumayan bagus meski noise dipinggiran yg warna gelap agak keliatan. So Far sih dgn harga Rp 1.2 juta u epson c 65 udah lumayan tuh apalagi kertasnya Rp 30 rb buat 20 lembar. Emang sih sistem yg 6 catridge jauh lebih bagus. Aku rasa ga ada salahnya dicoba. Andai sedikit berhitung, kergtas Rp 1.500 trus tinta anggap aja RP 1.000 udah Rp 2.500 modal awal tanpa printer, PC dan listrik. Hasil fotonya ga luntur tuh.