POI dan Bagaimana Cara Menikmati Sebuah Foto

Oleh:  Patar Ronnie Hatigoran (22128)    10 tahun yang lalu

  0 

Selamat siang, selamat hari minggu semuanya.

 

Semalam saya membaca komentar di salah satu foto saya yang isinya komentarnya adalah "nice but plain". Saya pribadi punya pandangan berbeda, untuk itu saya buat tulisan ini sebagai bahan belajar dan bertukar pikiran tentang kapan foto itu dianggap "plain".

 

Dalam fotografi kita mengenal yang namanya POI dan itu adalah mutlak. POI adalah inti dan bagian paling menarik dalam sebuah foto dimana POI akan dikomposisikan sedemikian rupa sehingga foto tersebut tampil sempurna. Tapi bagaimana jika POI merupakan keseluruhan foto itu sendiri...??? Setidaknya ini teori yang saya ajukan untuk kita perbincangkan.

Buat saya, POI tidak harus mencolok, POI bisa saja merupakan semua elemen dalam sebuah foto jika kita memandang foto tersebut sebagai sesuatu yang utuh, bukan terpisah2 menjadi bagian2.

 

Saya menyadari tidak semua orang bisa menerima teori saya dan saya sendiri belum menemukan referensi yang mampu mendukung apa yang saya kemukakan, tapi saya merasa kita bisa melihat sesuatu yang lain jika kita keluar dari mainset kita sendiri.

 

Mod, kalo salah kamar silahkan dipindah.

 

Terima kasih.

Belum ada komentar