[SHARING AJA] 1001 Gereja @ manado.studioalvasondakh.com

Oleh:  Alva F.P. Sondakh (9358)    14 tahun yang lalu

  0 

Halo semua,

Lama tak jumpa.
Saya mau sharing dikit, tentang beberapa jepretan saya.

1001 Gereja @ manado.studioalvasondakh.com

Ini sebenarnya bagian kecil dari sebuah riset kecil-kecilan tentang kondisi urban dari kota Manado. Foto - foto ini diambil pada akhir tahun lalu (2009), di sela - sela kesibukan saya melakukan hal yang lain.

Seperti yang mungkin sudah diketahui, mayoritas penduduk kota Manado adalah Kristen. Anda mungkin membayangkan bahwa jika Kristen adalah mayoritas, maka gereja di Manado mungkin hanya 5 - 10 unit, karena setiap orang pasti masuk di gereja yang sama.
Anda salah! Gereja di Manado ada lebih dari 150-an unit. Mana mungkin!? Ya, itu karena di Manado, Kristen tidak hanya ada satu, tapi ada berbagai macam, dan berbagai macam itu memiliki gedung gerejanya masing - masing. Hal ini memang perlu dijelaskan lebih lanjut, tapi saya tidak akan ke situ.

Saya akan ke sini aja.
Secara arsitektural, keanekaragaman itu membahagiakan, karena anda bisa melihat begitu banyak kreativitas yang muncul dari berbagai kelompok orang, untuk mendirikan tempat bagi mereka untuk menyembah Tuhan-nya.
Nah, itu tentu saja berimbas pada fotografi, karena akan ada begitu banyak gambar2 yang bisa dihasilkan dari keanekaragaman ini.

Foto - foto di koleksi 1001 Gereja ini baru menangkap sebagian kecil saja (30-an unit), dan seluruhnya dibuat dalam format panorama untuk sekalian juga merekam konteks dari gereja - gereja ini. Pilihan untuk membuatnya dalam Hitam Putih semata - mata hanya ingin merekam keunikan Shape and Form dari masing2 gereja. Format panorama yang digunakan memberikan sebuah distorsi yang unik dan menarik.
Dan karena keterbatasan waktu, bagian dalam dari gereja2 ini belum sempat direkam.

Semua foto - foto ini dipotret pake Pentax MZ-3, pake lensa Tokina 20-35, Pentax smc-M 28mm, pake film Fuji Proplus 100, diproses di lab, terus di scan dan di stitch panorama pake software, dan diolah jadi BW.


Koleksi ini akan terus berkembang, jika saya bisa menemukan waktu lowong untuk memotret
O ya, moderators, maaf ya, saya ga sempat upload foto2 ini ke galeri saya. Untuk foto2 selebar ini, tidak akan akan begitu menarik jika ditaruh di galeri.
For now, ini dulu yah...Enjoy

Regards,
Alva

Belum ada komentar