Cara Mereset Counter Printer Epson

Oleh:  Amril Nuryan, momoclax (48371)    18 tahun yang lalu

  0 

Salam fotografi,
Bagi para pemilik printer Epson, khususnya yang menggunakan tinta dengan Ink tank diluar printer kadang-kadang sering direpotkan dengan tercapainya counter printing yang ada di dalam chip printer itu. Mau tidak mau kita harus menyediakan waktu lagi untuk membawa printer tersebut ke service center epson.

Printing counter epson bermacam-macam nilainya, Epson C45 misalnya memiliki sekitar nilai sekitar 8000-an, berbeda dengan Epson seri pro seperti R210 yang memiliki nilai hingga 45.000.
Hal ini saya alami juga pada kedua jenis printer epson yang saya miliki sekarang , ketika counter mencapai nilai maksimumnya maka indikatornya adalah dua lampu pada printer akan menyala secara bergantian. dan printer tidak bisa digunakan sama sekali.

Setelah cape bolak-balik dari service center akhirnya saya mencari di internet cara mereset sendiri epson saya itu, dan menemukan satu situs yang menyediakan tools untuk resetter itu. sukur lah saya bisa menemukannya dan ini link untuk mendonlod softwarenya :

http://www.ssclg.com/download/sscserve.exe

tetapi selain software ini ada juga tindakan lain yang harus dilakukan pada printer epson anda, yaitu dengan mengeluarkan selang pembuangan tinta.
selang ini terletak di bagian belakang printer anda, biasanya ada kotak kecil yang bisa dibuka, didalamnya ada selang yang terhubung ke setumpuk absorber (penyerap tinta). Nah selang inilah yang perlu anda tarik keluar dengan tujuan agar penampungan tinta pembuangan tidak akan pernah penuh.
Setelah selang ditarik keluar, sambungkan selang tadi dengan selang akuarium ke tempat pembuangan yang lebih besar (botol misalnya)..
demikian tips untuk epson kesayangan anda, semoga bermanfaat...


Re: Cara Mereset Counter Printer Epson

Oleh:  Heru Tjandranata (11140)    18 tahun yang lalu

 0 

Kenapa selangnya mesti dikeluarin?

Re: Cara Mereset Counter Printer Epson

Oleh:  Amril Nuryan, momoclax (48371)    18 tahun yang lalu

 0 

Soalnya kalo selangnya tetap didalam, penampung tinta yang bentuk sepeti busa lama kelamaan akan penuh, dan jika itu penuh maka mau tidak mau printer tetap harus di bawa ke service center lagi untuk di ganti.
Epson akan melakukan proses pembuangan tinta setiap kali printer dinyalakan atau setiap ada maintenance head cleaning
Apalagi jika anda menggunakan tinta infus alias ink tanknya terletak di luar printer, pembuangannya akan lebih banyak (mengingat tintanya sedikit lebih encer dibanding tinta asli).
Saya juga dapet bocoran seperti ini dari teknisi di service centernya epson. soalnya kalau garansi printer udah habis kita di haruskan membayar biaya penggantian absorber ini, dan harganya lumayan mahal.

Re: Cara Mereset Counter Printer Epson

Oleh:  Erwin Heryanto (12578)    18 tahun yang lalu

 0 

Untuk yg punya printer Canon... caranya nggak perlu software
Kalo printer ngedip dua lampunya (blinking) yg harus dilakukan adalah :
1. Cabut Kabel power dari printer ke listrik
2. setelah dicabut kabel power, tekan dan tahan tombol power ON pada printer
3. Sambil menekan tombol power tugas terakhir adalah masukan kabel power (hubungkan ke listrik).
4. Selamat anda berhasil

Jangan bilang siapa-siapa loh ini juga di kasih tahu sama orang canon-nya... =))

Re: Cara Mereset Counter Printer Epson

Oleh: rm ontowiryo danurejo (1215)    18 tahun yang lalu

 0 

mas amril, kira2 tinta yang cocok untuk epson yang menggunakan Ink tank diluar printer apa ya? saya rencana akan memakai epson R210.